banner 728x90
Bupati Bintan Roby Kurniawan bersama 34 kepala desa yang mendapat perpanjangan masa jabatan 2 tahun usai pengukuhan, Selasa (25/6/2024). F- diskominfo bintan

Masa Jabatan 34 Kades Diperpanjangan 2 Tahun, Begini Pesan Bupati Bintan

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Masa jabatan 34 kepala desa (Kades) dikukuhkan Bupati Bintan Roby Kurniawan, Selasa (25/6/2024) siang, untuk perpanjangan masa jabatan selama 2 tahun dari masing-masing periode. 34 Kades yang dikukuhkan di Aula Kantor Bupati Bintan tersebut, terdiri dari periode 2019-2024, periode 2021-2027 dan periode 2022-2028. Begini pesan Bupati Bintan kepada 34 Kades tersebut.

Pengukuhan tersebut menandai dimulainya masa jabatan Kepala Desa yang kini diperpanjang dari sebelumnya 6 tahun, menjadi 8 tahun. Presiden Joko Widodo telah menandatangi Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang Desa. Satu di antaranya yang tercantum di dalam undang undang tersebut, mengenai masa jabatan Kepala Desa menjadi 8 tahun dengan maksimal dua periode masa jabatan.

Baca Juga :  Bupati Bintan: Berpuasa Bukan Alasan untuk Tidak Melayani Masyarakat

Pasal 39 ayat 1 menjelaskan Kepala Desa memegang jabatan selama delapan tahun terhitung sejak tanggal pelantikan. Kemudian Pasal 39 ayat 2 mengatur bahwa masing-masing Kepala Desa dapat menjabat maksimal dua kali masa jabatan secara berturut-turut, maupun tidak secara berturut-turut. Sehingga total seorang kepala desa dapat menjabat maksimal 16 tahun.

Pada kesempatan tersebut Bupati Bintan Roby Kurniawan mengucapkan selamat kepada para kepala desa yang telah menerima SK perpanjangan masa jabatan. Bupati Bintan Roby Kurniawan berpesan agar semua kepala desa yang dilantik dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, melayani masyarakat dengan prima dan sepenuh hati.

Baca Juga :  Pebalap Kepri Lolos ke One Prix, Pekan Ini Race di Sentul

“Laksanakan amanah ini dengan sebaik mungkin. Layani masyarakat dengan profesional dan harus dari hati. Bangun desa yang saudara pimpin dengan mengutamakan kesejahteraan masyarakat,” tegas Roby Kurniawan Bupati Bintan.

Setelah menerima SK perpanjangan, 34 kepala desa diharapkan segera bekerja menuntaskan tugas-tugas yang ada, serta mendukung sepenuhnya program-program pokok kepala daerah.

Bupati Bintan menyampaikan, perpanjangan masa jabatan juga diharapkan dapat memberikan kesempatan yang lebih luas bagi kepala desa, untuk merealisasikan berbagai program pembangunan di desa masing-masing.

Menurutnya, satu capaian terbaik tahun 2024 berkat kinerja kepala desa di Kabupaten Bintan bisa meningkatkan capaian Indeks Desa Membangun (IDM) dengan 12 Desa Mandiri, 17 Desa Maju dan 7 Desa Berkembang, dengan capaian IDM 0,7930 kriteria Desa Maju.

Baca Juga :  Pesan Dewi Kumalasari Ansar Saat Melantik Sepri Dwiani sebagai Bunda PAUD

Dibandingkan dengan capaian tahun 2023 Kabupaten Bintan hanya mencapai 2 Desa Mandiri, 19 Desa Maju dan 15 Desa Berkembang dengan capaian IDM 0,6966 termasuk kategori Desa Berkembang. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *