banner 728x90
Personel Polres Bintan menghadang amukan massa pendukung pasangan calon di Pilkada 2024 pada saat simulasi latihan Dalmas di Mapolres Bintan, Kamis (20/6/2024). F- dok/suaraserumpun.com

Personel Polres Bintan Diamuk Massa Pendukung Pasangan Calon di Pilkada 2024

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Personel Polres Bintan diamuk massa pendukung satu pasangan calon di Pilkada 2024. Namun, amukan massa bisa diantisipasi. Penyelenggaraan Pilkada pun lancar.

Kejadian personel Polres Bintan diamuk massa tersebut terjadi pada rekayasa (simulasi) latihan Pengendalian Massa (Dalmas) yang dilaksanakan di lapangan Bhayangkara Polres Bintan, Kamis (20/6/2024) pagi tadi. Latihan Pengendalian Massa (Dalmas) tersebut dipimpin oleh Kabagops Polres Bintan AKP Monang P Silalahi SH, Plh Kasat Samapta Polres Bintan AKP Edy Supandi SH. Dan diikuti oleh personel Polres Bintan yang tergabung dalam pasukan Dalmas.

Latihan Dalmas ini bertujuan untuk mengulang dan memperkuat dasar-dasar teori dan praktik cara pengendadilaan massa, jika terjadi gangguan Kamtibmas disaat Pilkada nanti. Serta penggunaan tameng Dalmas. Latihan ini penting untuk memastikan kesiapan personel dalam menghadapi berbagai potensi gangguan keamanan dan ketertiban, selama proses Pilkada 2024 berlangsung.

Baca Juga :  Percepat Pembangunan Musala SD Negeri 011 Tebing, PT Timah Tbk Serahkan Bantuan

Mewakili Kapolres Bintan, AKBP Riky Iswoyo SIK MM, Kasi Humas Polres Bintan Iptu Missyamsu Alson menyatakan, latihan Dalmas ini merupakan bagian dari persiapan Polres Bintan dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama Pilkada. Serta cara pengendalian massa.

“Kita asah dan kita latihan secara rutin untuk memastikan kesiapan personel dalam pengendalian massa. Guna mengantisipasi dan menangani situasi yang berpotensi mengganggu kelancaran Pilkada 2024 nanti,” jelas Kasi Humas Polres Bintan.

“Kami juga ingin memastikan bahwa setiap personel memahami dan mampu menerapkan teknik-teknik Dalmas dengan benar, dalam satu kesatuan pasukan,” sambungnya.

Baca Juga :  Harga Beras Naik, Disdagin Tanjungpinang Menjamin Ketersediaan Bahan Pokok Menjelang Ramadan

Latihan ini meliputi berbagai aspek, mulai dari formasi pengendalian massa, penggunaan tameng, hingga simulasi situasi yang mungkin terjadi selama Pilkada. Personel dilatih untuk bekerja sama dalam tim, merespon dengan cepat, dan mengambil tindakan yang tepat dalam situasi yang dinamis.

“Kami latihan Dalmas terus untuk memastikan personel telah siap menghadapi segala ancaman yang menggangu jalannya proses Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada). Kita mengasah keterampilan mereka dan meningkatkan koordinasi antaranggota. Kami pastikan bahwa setiap anggota siap menghadapi situasi apapun dengan profesional dan sesuai prosedur,” jelas Iptu Alson.

Baca Juga :  UMRAH Tanjungpinang Punya Delapan Program Strategis Menuju Indonesia Emas 2045

Polres Bintan berkomitmen untuk terus melakukan berbagai persiapan dan latihan, dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya. Terutama menjelang dan selama pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024 ini.

“Dengan latihan yang rutin dan intensif, diharapkan semua personel yang tergabung dalam pasukan Dalmas mampu menjalankan tugas dengan baik dan profesional,” demikian Iptu Missyamsu Alson. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *