banner 728x90
Peserta dialog dan diskusi Gembira Beragama guna mencekal teroris di Batam, Rabu (12/6/2024). F- ist

Cekal Terorisme dengan Bangga dan Gembira Beragama

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – Saatnya mencekal teroris dengan bangga dan gembira beragama. Upaya memberikan pemahaman kepada umat tersebut disyiarkan BNPT dan FKPT melalui dialog dan diskusi.

Meskipun sempat diguyur rintik hujan, ratusan peserta dari berbagai lintas agama antusias ikuti kegiatan Bangga dan Gembira Beragama yang digelar Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Kepulauan Riau di Aula Ibnu Sina Batam, Rabu (12/6/2024).

Kepala Bidang Agama, Sosial, Ekonomi dan Budaya FKPT Kepri Candra Wesnedi SAg MAP kepada media mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya mencegah dan menangkal (Cekal) radikalisme dan terorisme di Provinsi Kepri.

Baca Juga :  Kapolres Bintan Menyosialisasikan Aplikasi Polri Super APP di Jumat Curhat, Warga Mengeluhkan Rambu Lalu Lintas

“Kepri ini salah satu daerah perbatasan yang berhadapan langsung dengan banyak negara. Upaya antisipasi pengaruh radikalisme dan terorisme itu sangat penting,” kata Candra.

Untuk melakukan pencegahan secara dini, katanya, perlu melibatkan seluruh stakeholder sebagai bentuk tanggung jawab bersama. Karena itu kegiatan Gembira Beragama melibatkan banyak elemen masyarakat termasuk para tokoh agama.

“Kenapa acara ini dihadiri oleh berbagai lintas agama karena acara ini judulnya Bangga dan Gembira Beragama, dan FKPT Kepri harus sanggup mensosialisasikan kepada seluruh umat beragama, karena gerakan radikal terorisme tidak mengenal agama, jadi semua agama memiliki potensi yang sama,” ungkapnya.

Baca Juga :  Dewi Kumalasari Mengajak Bunda Asuh Mewujudkan Generasi Tangguh Lewat Gema Cegah Stunting

Antusiasme peserta sangat tinggi mengingat acara yang digelar FKPT Kepri ini jarang dilakukan oleh Ormas keagamaan di Kepulauan Riau. “Mereka sangat respek dengan kegiatan FKPT Kepri,” jelasnya.

Ketua FKPT Kepri, Pauzi PhD, dalam kesempatan yang sama mengatakan
Ikhtiar mengangkat tema Gembira Beragama ini merupakan usulan yang cukup bagus dan stretegis dalam ikhtiar untuk mewujudkan hidup damai, rukun ditengah keberagaman yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia terkhusus di Kepulauan Riau.

“Apa yang dilakukan oleh FKPT Kepri merupakan bagian dalam usaha mewujudkan beragama dengan damai di tengah keberagaman. Dan kedamaian itu juga salah satu kunci bagaimana memerangi yang namanya radikalisme dan terorism,” kata Pauzi.

Baca Juga :  Polres Bintan Menyantuni 29 Lansia Penghuni Panti Jompo

Pauzi mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memperkuat tali persatuan agar ancaman radikalisme dan terorisme tidak mengancam Kepulauan Riau.

“Kewaspadaan itu penting. Untuk itu mari kita bersatu untuk Indonesia yang hebat,” pungkasnya.

Kegiatan ini menghadirkan Nara sumber dari BNPT pusat, FKPT Kepri, Kesbangpol Pemprov Kepri dan Kementerian Agama Kota Batam. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *