banner 728x90
Timnas Indonesia masuk daftar 18 negara lolos ke putaran ketiga babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. F- lobbola

Daftar 18 Negara dan Skema Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia telah selesai. Berikut daftar 18 negara yang akan bersaing di putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Serta skema putaran ketiga hingga putaran kelima kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Tiga negara mendapatkan tiket terakhir lolos ke putaran ketiga atau 18 besar babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Rabu (12/6/2024) dini hari WIB. Sebelumnya, Timnas Indonesia bersama 14 negara lainnya sudah memastikan diri melaju ke putaran ketiga.

Timnas Indonesia memastikan diri lolos ke putaran ketiga atau 18 besar babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, setelah mengalahkan Filipina, Selasa (11/6/2024) malam WIB. Pada laga terakhir Grup F ini, Timnas Indonesia vs Filipina berakhir, dengan skor 2-0.

Timnas Indonesia versus Filipina pada pertandingan terakhir Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ini disaksikan Presiden RI Jokowi dan Ketua PSSI Erick Thohir dan puluhan ribu penonton di Stadion Gelora Bung Karno (GBK).

Babak pertama, Timnas Indonesia unggul 1-0 atas Filipina lewat tendangan keras Thom Haye dari luar kotak penalti, di menit ke-32. Kemudian, Timnas Indonesia menambah keunggulan menjadi 2-0 lewat sundulan Rizky Ridho usai menerima umpan lambung dari tendangan bebas, pada menit ke-56. Sampai pertandingan tuntas, Timnas Indonesia menang 2-0 atas Filipina.

Baca Juga :  Telat Dua Jam, Gubernur Kepri Menyambut Kepulangan 363 Jemaah Haji Kloter Pertama

Dari hasil pertandingan tersebut, Timnas Indonesia berada di posisi runner-up Grup F, dengan nilai 10 poin. Sedangkan Irak berada di puncak klasemen Grup F, dengan mengoleksi 18 poin, setelah menang 3-1 atas Vietnam, Rabu (12/6/2024) dini hari WIB tadi. Timnas Indonesia mendampingi Iraq (Irak) ke putaran ketiga atau 18 besar babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Pada pertandingan lain, Qatar menang 2-1 saat melawan India. Sedangkan Kuwait menang 1-0 atas Afghanistan. Dengan hasil ini, Qatar dan Kuwait lolos ke putaran ketiga dari Grup A. Korea Utara juga memastikan diri lolos ke putaran ketiga dari Grup B, setelah menang 4-1 atas Myanmar. Jepang yang sudah memastikan diri juara grup B pun menutup laga di putaran kedua ini dengan skor menang telak 5-0 atas Syria.

Pada perebutan satu tiket tersisa di Grup D, Malaysia harus tersingkir. Sebab, Oman versus Kyrgyzstan berakhir imbang, dengan skor 1-1. Oman lolos sebagai juara Grup D. Sedangkan Kyrgyzstan lolos sebagai runner-up dengan nilai 11 poin, unggul 1 poin dibandingkan Malaysia dengan 10 poin di posisi ketiga Grup D.

Baca Juga :  Cerpen: DI TEPI HARI RAYA

Berikut daftar 18 negara yang lolos ke putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia:

Qatar (Juara Grup A)
Kuwait (Runner-up Grup A)
Jepang (Juara Grup B)
Korea Utara (Runner-up Grup B)
Korea Selatan (Juara Grup C)
China (Runner-up Grup C)
Oman (Juara Grup D)
Kyrgyzstan (Runner-up Grup D)
Iran (Juara Grup E)
Uzbekistan (Runner-up Grup E)
Irak (Juara Grup F)
Indonesia (Runner-up Grup F)
Jordania (Juara Grup H)
Saudi Arabia (Runner-up Grup H)
United Arab Emirates/Uni Emira Arab (Juara Grup H)
Bahrain (Runner-up Grup H)
Australia (Juara Grup I), dan
Palestina (Runner-up Grup I)

Selanjutnya, untuk skema putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, 18 negara peserta dibagi ke dalam tiga grup. Masing-masing grup terdiri dari enam tim (negara). Juara dan runner-up grup lolos ke Piala Dunia 2026. Sedangkan peringkat 3 dan 4 akan bertanding di putaran keempat.

Pada putaran keempat ini, enam negara (tim) dibagi ke dalam dua grup. Masing-masing grup terdiri dari tiga tim. Juara grup akan lolos ke Piala Dunia 2026. Runner-up grup akan melanjutkan di putaran kelima. Dua runner-up tersebut saling bertemu di playoff Asia. Pemenang playoff Asia ini, main di playoff antarkonfederasi.

Baca Juga :  Lamidi Pensiun, Ansar Ahmad Melantik Eko Sumbaryadi sebagai Pj Sekda Provinsi Kepri

Nah, untuk putaran ketiga akan dilakukan drawing atau pengundian pada tanggal 27 Juni 2024, pekan mendatang di Markas AFC, Kuala Lumpur, Malaysia. Pengundian bakal dibagi ke dalam 6 pot. Masing-masing pot terdiri dari tiga negara (tim/peserta), berdasarkan ranking FIFA.

Berikut prediksi pembagian pot undian putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2025 zona Asia berdasarkan ranking FIFA:

Pot 1
Jepang (18)
Iran (20)
Korea Selatan (23)

Pot 2
Australia (24)
Qatar (34)
Arab Saudi (Saudi Arabia) (53)

Pot 3
Irak//Iraq (58)
Uzbekistan (64)
Uni Emira Arab (67)

Pot 4
Jordania (71)
Oman (77)
Bahrain (80)

Pot 5
China (88)
Palestina (93)
Kirgistan/Kyrgyzstan (100)

Pot 6
Korea Utara (118)
Indonesia (134)
Kuwait (139)

Prediksi pembagian pot drawing putaran ketiga babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. F- lobbola

Dari prediksi pembagian pot tersebut, Timnas Indonesia besutan pelatih Shin Tae-yong tidak menutup kemungkinan akan segrup dengan Korea Selatan. Atau Jepang atau Iran. Tetap kita dukung Timnas Indonesia untuk melaju hingga mendapatkan tiket Piala Dunia 2026 Amerika Serikat. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *