banner 728x90
Selebrasi pemain Timnas Indonesia Thom Haye usai mencetak gol pembuka ke gawang Filipina di laga terkahir Grup F babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, di Stadion GBK, Selasa (11/6/2024) malam. F- ist

Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Tiga Tiket Tersisa

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Timnas Indonesia memastikan diri lolos ke putaran ketiga atau 18 besar babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, setelah mengalahkan Filipina, Selasa (11/6/2024) malam WIB. Pada laga terakhir Grup F ini, Timnas Indonesia vs Filipina berakhir, dengan skor 2-0.

Timnas Indonesia versus Filipina pada pertandingan terakhir Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ini disaksikan Presiden RI Jokowi dan Ketua PSSI Erick Thohir dan puluhan ribu penonton di Stadion Gelora Bung Karno (GBK).

Babak pertama, Timnas Indonesia unggul 1-0 atas Filipina lewat tendangan keras Thom Haye dari luar kotak penalti, di menit ke-32. Kemudian, Timnas Indonesia menambah keunggulan menjadi 2-0 lewat sundulan Rizky Ridho usai menerima umpan lambung dari tendangan bebas, pada menit ke-56. Sampai pertandingan tuntas, Timnas Indonesia menang 2-0 atas Filipina.

Dari hasil pertandingan tersebut, Timnas Indonesia berada di posisi runner-up Grup F, dengan nilai 10 poin. Sedangkan Irak berada di puncak klasemen Grup F, dengan mengoleksi 15 poin, meski menyisakan sekali pertandingan melawan Vietnam (6 poin), Rabu dini hari WIB nanti.

Baca Juga :  Universitas Rhode Island Menawarkan Kerja Sama Peningkatan SDM ASN Pemprov Kepri, Begini Jawaban Adi Prihantara

Dengan demikian, Timnas Indonesia memastikan diri lolos ke putaran ketiga atau 18 besar babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, sebagai runner-up Grup F. Timnas Indonesia melaju ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2025 zona Asia, bersama Irak sebagai juara Grup F.

Pada pertandingan lain, Thailand di Grup C berakhir dramatis. Thailand menang 3-1 saat menghadapi Singapura. Dengan demikian, Thailand sama-sama mengoleksi nilai 8 poin dengan China. Bahkan, selisih gol Thailand dengan China di Grup C ini juga sama. Namun, China lolos ke putaran ketiga sebagai runner-up mendampingi Korea Selatan sebagai juara Grup C.

Asnawi Mangkualam kapten Timnas Indonesia bersalaman dengan kapten Filipina sebelum bertanding di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. F- dok/suaraserumpun.com

Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026
Putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia diikuti 36 negara, yang dibagi menjadi sembilan grup. Juara dan runner-up masing-masing grup lolos ke putaran ketiga.

Baca Juga :  Mau Sunatan Massal Gratis saat Liburan Sekolah? Segera Daftar ke BKMT Kepri

Putaran ketiga akan diikuti 18 negara, yang dibagi menjadi tiga grup. Nantinya, dua tim yang finis di posisi teratas klasemen putaran ketiga akan lolos ke fase grup Piala Dunia 2026.

Hingga, Selasa (11/6/2024) malam ini, sudah ada 15 negara yang lolos ke putaran ketiga atau 18 besar babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Termasuk Timnas Indonesia, usai mengalahkan Filipina.

Berikut 15 negara yang sudah memastikan lolos ke putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia:

Qatar (Juara Grup A)
Jepang (Juara Grup B)
Korea Selatan (Juara Grup C)
China (Runner-up Grup C)
Oman (Juara Grup D)
Iran (Juara Grup E)
Uzbekistan (Runner-up Grup E)
Irak (Juara Grup F)
Indonesia (Runner-up Grup F)
Saudi Arabia (Juara Grup H)
Jordania (Runner-up Grup H)
United Arab Emirates (Juara Grup H)
Bahrain (Runner-up Grup H)
Australia (Juara Grup I), dan
Palestina (Runner-up Grup I)

Pemain Timnas Indonesia melakukan tendangan bebas sebelum terjadi gol kedua ke gawang Timnas Filipina. F- dok/suaraserumpun.com

Tiga tiket tersisa ke putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia diperebutkan oleh India dan Afganistan di Grup A. Serta antara Syria dengan Korea Utara di Grup B. Dan Kyrgyzstan bersama Malaysia untuk merebut posisi runner-up Grup D. Saat ini, Kyrgyzstan dan Malaysia sama-sama mengoleksi nilai 10 poin. Kyrgyzstan unggul selisih gol (6) dibandingkan Malaysia (0).

Baca Juga :  Mulai Senin Ini, Lion Air Melayani Penerbangan Ibadah Umrah Langsung dari Bandara Hang Nadim Batam

Selain itu, Kyrgyzstan menyisakan sekali pertandingan melawan Oman. Kyrgyzstan lolos ke babak putaran ketiga hanya mencari hasil seri. Meski kalah, tidak lebih dari 6 gol saat melawan Oman.

Mari dukung Timnas Indonesia besutan pelatihan Shin Tae-yong untuk menuju Piala Dunia 2026. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *