banner 728x90
Imran dan Edi Sutikno bersama atlet renang Lumba-lumba Swimming Club (L2SC) Tanjungpinang sang juara Kepri Navy OWS Competition 2024m Sabtu (8/6/2024). F- yen/suaraserumpun.com

Atlet Renang L2SC Tanjungpinang Juara Kepri Navy OWS Competition 2024

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Lima orang atlet renang Lumba-lumba Swimming Club (L2SC) Tanjungpinang berhasil meraih juara di ajang Kepri Navy Open Water Swimming (OWS) Competition 2024, Sabtu (8/6/2024). Dari lima atlet tersebut, dua orang sebagai juara pertama di nomor berbeda.

L2SC Tanjungpinang menurunkan 16 orang atlet pelajar pada lomba renang, dalam ajang Kepri Navy Open Water Swimming (OWS) Competition 2024. Dari 16 orang atlet L2SC Tanjungpinang yang turun di Kepri Navy OWS Competition tersebut, 2 orang meraih medali emas atau juara pertama. Serta tiga orang meraih perunggu atau juara ketiga.

Untuk medali emas yaitu Lakisha Deanera pada nomor 3.000 meter putri umum, dan Gadieza Mulfelia Saputra pada nomor 1.500 meter putri pelajar. Sedangkan tiga medali perunggu diraih oleh Barry Jonathan pada nomor 3.000 meter putra umum, M Faturrahman pada nomor 1.500 meter putra pelajar. Serta Ratu Roarta pada nomor 1.500 meter putri pelajar. Selain itu, Azzalfa Ufaira Fannisa berusia 9 tahun 10 bulan mendapat piagam penghargaan sebagai atlet termuda pada ajang ini.

“Alhamdulillah, atlet kami memberikan hasil yang terbaik,” kata Imran pelatih L2SC Tanjungpinang saat mendampingi atletnya.

Pembukaan Kepri Navy OWS Competition
Event Kepri Navy Open Water Swimming Competition 2024 secara resmi dibuka oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali didampingi Gubernur Kepri Ansar Ahmad, di pelataran Tugu Sirih, Tepi Laut, Kota Tanjungpinang, Sabtu (8/6/2024) pagi.

Baca Juga :  Kapolres Bintan Tinjau Arus Balik Guna Mengantisipasi Moda Over Load

Dalam event ini ada sejumlah cabang perlombaan yang dipertandingkan, yakni, open water swimming renang tanpa alat dengan jarak 3.000 meter untuk TNI/Polri dan umum, kejuaraan terbuka open water swimming jarak 1.500 meter untuk pemula usia 13-16 tahun, dan lomba dayung perahu karet jarak 1.500 meter untuk siswa SMA sederajat dimana dalam setiap timnya terdiri dari 9 atlet, 8 pendayung, dan 1 jurumudi.

Kegiatan ini mengangkat tema “Melalui penyelenggaran olahraga air, kita tingkatkan kecintaan kepada laut guna membangun kejayaan maritim dalam rangka terciptanya ruang alat kondisi juang yang tangguh bagi kepentingan pertahanan Negara”.

Acara juga dirangkai dengan berbagai kegiatan lainnya diantaranya pemberian 1.000 paket sembako untuk masyarakat dan nelayan, kemudian pelaksanaan bakti sosial kesehatan bagi masyarakat Kota Tanjungpinang dan sekitarnya yang meliputi pemeriksaan gigi kepada 350 orang pasien, khitanan masal kepada 50 orang masyarakat Kepri serta pelaksanaan donor darah.

KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali dalam sambutan pembukaannya mengungkapkan penyelenggaraan Kepri Navy Open Water Swimming Competition 2024 merupakan bentuk kepedulian TNI AL dalam upaya menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap budaya maritim Nusantara atau budaya bahari, serta bentuk dan upaya untuk mengkampanyekan budaya laut bersih.

Baca Juga :  Hasan dan Forkopimda Mendiskusikan Persoalan Antrean dan Pelangsir BBM Menjelang Pemilu 2024

“Disamping itu perlombaan ini juga adalah langkah nyata dari TNI Angkatan Laut untuk memasyarakatkan olahraga air atau open water swimming dan dayung perahu karet dan diharapkan dari perlombaan ini akan didapatkan atlet-atlet yang berprestasi yang siap untuk mengikuti perlombaan di tingkat nasional maupun internasional,” ucapnya.

Menurut KSAL, perlombaan ini akan sangat bermanfaat untuk mewujudkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya laut bagi kesejahteraan rakyat serta diharapkan akan berdampak kepada meningkatnya tujuan wisata khususnya wisata bahari di provinsi Kepulauan Riau.

“Saya berharap seluruh peserta lomba dapat senantiasa menjaga semangat berlomba yang fair dengan menjunjung tinggi kejujuran dan sportivitas.Sekali lagi selamat bertanding kepada segala peserta lomba jadikan juga kegiatan ini untuk ajang saling bersilaturahmi serta bersantai menikmati keindahan alam di sekitar perairan Kepulauan Riau dengan penuh kegembiraan,” ujarnya.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengapresiasi dan penghargaan atas digelarnya Kepri Navy Open Water Swimming Competition 2024 dan tentunya agenda ini semakin memperkaya berbagai atraksi pariwisata di Kepulauan Riau ini.

“Harapan kita event ini akan kita jadikan sebagai kalender tahunan pariwisata di Kepri. Dan nanti setiap tahun InsyaAllah akan kita dukung dengan APBD Kepri. Nanti bersama TNI AL mungkin akan kita lakukan rapat evaluasi bersama untuk peningkatan skala event yang kita selanggarakan di tahun depan. Agar event ini bisa kita perluas dengan tidak hanya skalanya daerah atau nasional, tapi akan kita kemas menjadi event internasional,” harap Ansar Ahmad.

Baca Juga :  Diusulkan Pemprov Kepri, Pembangunan Jalan Lintas Barat Lanjutan Masuk Pembahasan Musrenbangnas 2022

Gubernur Kepri Ansar Ahmad berharap event ini akan membangun semangat masyarakat untuk mencintai laut, karena laut juga bagian kehidupan penting bagi kita, apalagi Kepri ini 96% wilayahnya adalah hutan.

KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali bersama Gubernur Kepri Ansar Ahmad menuju pelataran Tugu Sirih saat ingin melepas peserta lomba Open Water Swimming (OWS) Competition 2024. F- diskominfo kepri

“Kita yakin TNI AL tidak hanya menjaga kedautan laut NKRI termasuk di Kepri, tapi juga dapat memperluas aktivitasnya bersama pemerintah daerah guna mengembangkan event-event yang berkaitan dengan laut. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih dan selamat, semoga angkatan laut tetap jaya dan angkatan laut tetap mendapatkan tempat di hati masyarakat,” tutup Gubernur Kepri.

Turut hadir dalam acara tersebut Pangkoarmada RI Laksamana Madya TNI Dr Denih Hendrata, Pangkogabwilhan I Laksmana Madya TNI Agus Hariyadi, Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yos Suryono, FKPD Provinsi Kepri, Ketua TP-PKK Provinsi Kepri Hj Dewi Kumalasari Ansar, Pj Wali Kota Tanjungpinang Andri Rizal, Pj Bupati Bangkalan Arif M Dedi. Serta beberapa Kepala OPD Kepri dan Kota Tanjungpinang. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *