banner 728x90
Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Rektor UNP menandatangani nota kerja sama (MoU) bidang pendidikan di Padang, Senin (3/6/2024). F- diskominfo kepri

Pemprov Kepri Bikin Kerja Sama dengan UNP

Komentar
X
Bagikan

Padang, suaraserumpun.com – Pemprov Kepri membikin kerja sama dengan Universitas Negeri Padang (UNP). Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menjajaki kerja sama dengan Universitas Negeri Padang (UNP), guna memperluas jejaring pendidikan dan meningkatkan kualifikasi tenaga pendidik.

Kerja sama tersebut tertuang dalam MoU yang ditandatangani oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Rektor UNP Prof Ganefri, yang dilaksanakan di Ruang Senat Gedung Rektorat UNP, Padang, Sumatera Barat, Senin (3/6/2024).

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan sebenarnya Pemprov Kepri telah sejak lama menjalin kerja sama dengan UNP. Namun kini lebih berfokus dalam hal mengupgrade tenaga pendidik agar lebih profesional. Menurutnya, UNP punya pengalaman luar biasa untuk itu.

Baca Juga :  Selasa Pagi, DPRD Kepri Paripurna Pengumuman Usulan Pelantikan Ansar-Marlin

“Tidak sedikit sekarang hasil didikan UNP menjadi tenaga pendidik di Kepri, tidak hanya orang Kepri tetapi juga orang luar yang bekerja di Kepri. Kita sudah dorong kabupaten kota untuk bekerja sama dengan fokus meng-up grade kualifikasi tenaga pendidik kita dengan UNP. Karena kita butuh tenaga pendidik yang lebih profesional,” jelasnya.

Dalam memajukan pendidikan di Kepri, Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyatakan, selalu terus membangun jejaring, tak hanya lingkup regional, tapi juga dengan negara tetangga.

“Misalnya saat IMT-GT kemarin di Batam, saya jadi pembicara mewakili semua Gubernur di Sumatera. Salah satu yang dibahas saat ini adalah bagaimana membentuk University Network (Uninet) di Sumatera dengan Malaysia dan Thailand. Semoga ini bisa ditindaklanjuti.” ungkap Gubernur Kepri Ansar Ahmad.

Baca Juga :  TP-PKK Kepri Gelar Festival Kuliner dan Safari Gemar Ikan

Sebelumnya, Gubernur Kepri berkesempatan memberikan kuliah umum kepada para mahasiswa UNP, termasuk yang berasal dari Kepri. Kuliah umum dengan tema potensi dan peluang kerjasama dalam bidang-bidang pendidikan antara Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dengan UNP, didengarkan dengan seksama oleh mahasiswa.

Rektor UNP Prof Ganefri dalam sambutannya menyebut, berbagai kerja sama di bidang pendidikan saat ini terbuka luas.

“Di UNP tahun lalu ada 700-an mahasiswa asal Provinsi Kepri. Semua hal yang bisa dikerjasamakan akan kita lakukan. Termasuk studi lanjut dan pengembangan sumberdaya kedua institusi,” katanya.

Baca Juga :  Kelly Ardelia Hanley, Atlet Panahan Kepri Mempersiapkan Diri untuk Mengikuti Seleknas

Ganefri juga membuka kesempatan bagi masyarakat Kepri, anak-anak dari keluarga kurang mampu yang berprestasi, untuk dapat mengambil jurusan kedokteran di UNP.

“Karena Kedokteran UNP ini juga disiapkan untuk anak-anak keluarga kurang mampu namun berprestasi menjadi dokter. Disamping itu, UNP juga mengembangkan pembelajaran hybrid, dan ini bisa di kerja sama dengan Pemprov Kepri. Dosen-dosen di sini juga banyak dari Kepulauan Riau,” pungkasnya. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *