banner 728x90
Bupati Bintan Roby Kurniawan melepas Andy Wibowo dan peserta Bintan Triathlon 2024 kategori enduro di Pantai Lagoi Bay Bintan Resorts, Sabtu (1/6/2024). F- yen/suaraserumpun.com

Bintan Triathlon 2024 Spektakuler, Andy Wibowo dan Ratusan Triatlet Menghadapi Rintangan Berat

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Lomba Bintan Triathlon 2024 di kawasan Bintan Resorts, Lagoi, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) berlangsung spektakuler di pantai Lagoi Bay, Sabtu (1/6/2024). Andy Wibowo dan ratusan triatlet (atlet triathlon) dari 35 negara menghadapi rintangan berat di ajang Bintan Triathlon 2024 ini, karena dalam kondisi hujan.

Sabtu (1/6/2024) pagi, lomba dimulai dengan pelepasan peserta kategori Enduro di garis start renang sejauh 1.500 meter. Dilanjutkan dengan balap sepeda 80 km dan lari 20 km. Baik perseorangan maupun relay. Kategori ini paling bergengsi bagi peserta berpengalaman. Kemudian, kategori berikutnya yaitu Olympic dan Sprint. Kategoru ini menawarkan tantangan renang, sepeda, dan lari dengan jarak berbeda.

Tak hanya Andy Wibowo yang mengikuti lomba Bintan Triathlon 2024 untuk kategori enduro. Di kategori lain, juga diikuti atlet asal Indonesia seperti Inge Prasetyo, dan Chaidir Akbar. Bahkan, Sabine Rohden istri Wakil Bupati Bintan juga mengikuti lomba untuk kategori sprint women.

Peserta dilepas oleh Bupati Bintan Roby Kurniawan, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri Guntur Sakti. Terakhir, Ketua TP-PKK Bintan Hafizha Rahmadhani melepas Sabine Rohden dan puluhan triatlet pada kategori sprint women. Hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith, Ketua KONI Kepri Usep RS, Ketua KONI Bintan Dedi Sutanto, COO PT BRC Abdul Wahab, Sekda Bintan Ronny Kartika, Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo dan pimpinan FKPD.

Hafizha Rahmadhani Ketua TP-PKK Bintan melepas peserta Bintan Triathlon 2024 di Pantai Lagoi Bay. F- yen/suaraserumpun.com

“Bintan Triathlon ini luar biasa, spektakuler. Pelaksanaannya sudah sejak beberapa tahun lalu. Sempat terhenti karena Covid-19, sekarang bangkit lagi. Bahkan pelaksanaan Bintan Triathlon tahun 2024 ini, spektakuler dibandingkan tahun lalu. Pesertanya bertambah pada tahun ini. Rintangannya juga berat. Para atlet menghadapi cuaca hujan,” kata Guntur Sakti Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri mewakili Gubernur Kepri H Ansar Ahmad.

Baca Juga :  Sedang Nyenyak Tidur, 102 Rumah di Pulau Kasu Dihantam Puting Beliung, Ansar Langsung Turun Tangan

Guntur Sakti yakin, pelaksanaan event internasional di kawasan Lagoi akan lebih banyak lagi untuk masa mendatang. Terutama peserta yang mengikuti setiap event pariwisata di kawasan Bintan Resorts Lagoi ini. Sebab, jumlah kamar perhotelan di Lagoi sudah bertambah.

“Tadi, kita dapat laporan. Ada tiga hotel besar yang segera beroperasi. Dan jumlah kamar hunian hotel itu jumlahnya mencapai 1.500, dan akan bertambah lagi. Ini peluang untuk membikin kegiatan bertaraf internasional,” ucap Guntur Sakti.

Peserta Bintan Triathlon 2024 menggunakan sepeda usai melalui lintasan renang di Pantai Lagoi Bay Bintan Resorts. F- yen/suaraserumpun.com

Bupati Bintan Roby Kurniawan menyatakan, antusias peserta Bintan Triathlon 2024 meningkat dibandingkan tahun 2023 lalu. Baik peserta dari triatlet (atlet triathlon) dari mancanegara maupun dari dalam negeri. Ini membuktikan, event Bintan Triathlon dan kunjungan wisatawan ke Bintan semakin meningkat.

“Kalau tahun 2023 lalu pascapandemi Covid-19, peserta Bintan Triathlon berkisar 200an orang. Nah, Bintan Triathlon tahun 2024 ini, jumlah pesertanya meningkat menjadi 400an orang. Ya, alhamdulillah,” sebut Roby Kurniawan Bupati Bintan.

Baca Juga :  Apri Ragu-ragu untuk Memperbolehkan Salat Ied di Lapangan Terbuka

Menurut Bupati Bintan Roby Kurniawan, event internasional yang rutin dilaksanakan di kawasan Bintan Resorts, selalu memberikan dampak positif. Baik kunjungan wisman, maupun perekonomian masyarakat. Seperti bazar UMKM (pasar peranakan) di Lagoi Bay, yang disediakan oleh PT BRC. Selain itu, event-event internasional merupakan media promosi pariwisata Bintan kepada dunia.

“Banyak pelaku UMKM yang buka stan di sini. Bintan Triathlon ini menjadi hiburan juga bagi masyarakat Bintan,” jelas Roby Kurniawan.

Peserta Bintan Triathlon 2024 memasuki garis finis usai lari di Pantai Lagoi Bay Bintan Resorts. F- yen/suaraserumpun.com

Sebelumnya, Pendiri Trifactor, Elvin Ting menyampaikan antusiasmenya. Elvin Ting sangat gembira dapat menyambut para penggemar Trifactor Indonesia di Pulau Bintan yang menawan ini. Menurutnya luar biasa, melihat begitu banyak anak muda berpartisipasi dalam edisi kali ini, menunjukkan masa depan yang cerah bagi perkembangan olahraga Triathlon.

Di lain pihak, Arief Sumarsono Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bintan menyatakan, ajang Bintan Triathlon 2024 bukan hanya sebuah perlombaan, tetapi juga sebuah perayaan kolaborasi dan dukungan dari berbagai sektor yang bertekad untuk mengembangkan pariwisata dan olahraga di Kabupaten Bintan, serta mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif melalui partisipasi UMKM lokal, terutama di Kabupaten Bintan.

Abdul Wahab selaku Chief Operating Officer (COO) Bintan Resorts mengungkapkan, dukungan luar biasa dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, dan Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Bintan. Serta partisipasi aktif pemangku kepentingan seperti Bintan Resort Council dan sponsor.

Baca Juga :  Pengurus Masjid dan Musala Wajib Menyediakan Fasilitas Prokes saat Salat Tarawih

“Seperti Herbalife Indonesia serta Zoot, tidak hanya memperkuat pelaksanaan sport tourism ini, tetapi juga meneguhkan komitmen bersama untuk mengembangkan pariwisata di Pulau Bintan. Serta meningkatkan perekonomian masyarakat dengan melibatkan banyak UMKM,” kata Abdul Wahab COO PT BRC.

“Melibatkan UMKM setempat dalam setiap kegiatan wisata, Bintan Triathlon kali ini menggandeng UMKM Bina Karya dari Desa Ekang Anculai, grup penjahit sebagai penyedia tas race pack bagi peserta, bekerja sama dengan UMKM Pioneer Sablon dari Desa Sebong Pereh di Kabupaten Bintan,” sambungnya.

Sabine Rohden istri Wakil Bupati Bintan bersama peserta Bintan Triathlon 2024 lainnya berpose sebelum melintasi rute renang di Pantai Lagoi Bay Bintan Resorts. F- yen/suaraserumpun.com

Selain perlombaan olahraga, Bintan Triathlon 2024 juga akan dimeriahkan dengan berbagai festival di Plaza Lagoi. Pengunjung dapat menikmati pertunjukan tari, musik kolintang, serta bazaar UMKM dalam suasana karnival yang semarak. Ini adalah kesempatan bagi wisatawan untuk merasakan keberagaman budaya dan kuliner lokal, sambil rekreasi dalam suasana festival olahraga di Pulau Bintan. Selain itu, pendaftaran untuk Bintan Marathon yang akan diadakan pada 26 Oktober 2024 akan dibuka secara resmi, bersamaan dengan pengumuman Tour de Bintan tahun 2025. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *