banner 728x90
Sekda Bintan Ronny Kartika membuka kegiatan pembentukan dan pembinaan relawan pemadam kebakaran di Kecamatan Toapaya, Senin (27/5/2024). F- diskominfo bintan

Pembentukan Relawan Pemadam Kebakaran, Begini Kata Sekda dan Kapolres Bintan

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Sekda Kabupaten Bintan Ronny Kartika mewakili Bupati Bintan Roby Kurniawan membuka kegiatan Pembentukan dan Pembinaan Relawan Pemadaman Kebakaran (Redkar) Kabupaten Bintan Tahun Anggaran 2024, di Aula Kantor Kecamatan Toapaya, Senin (27/5/2024). Begini kata Sekda Bintan dan Kapolres Bintan.

Sekda Bintan mengapresiasi atas terlaksananya pembentukkan relawan pemadam kebakaran di Kabupaten Bintan khususnya di Kecamatan Toapaya. Hal ini menurutnya sebagai upaya kesiapsiagaan wilayah terhadap mitigasi bencana kebakaran yang terjadi di Bintan.

Menurutnya, kegiatan tersebut penting untuk dilaksanakan sebagai bagian dalam upaya memberikan jaminan serta proteksi kenyamanan, keamanan maupun keselamatan untuk masyarakat dalam penanggulangan bencana khususnya resiko kebakaran.

Baca Juga :  Ini Capaian Kinerja Tahun 2023 Bupati Bintan dan Program 2024

“Kita berharap tujuan dari pembentukan Relawan Pemadam Kebakaran (REDKAR) ini adalah mampu meningkatkan peran masyarakat agar dapat memberikan kontribusi, pemikiran serta berperan aktif dalam pencegahan dan penanggulangan dini bencana kebakaran,” tuturnya.

Dikatakannya juga bahwa dengan hal ini maka para Relawan Pemadam Kebakaran juga akan menerima edukasi serta pengetahuan terkait pencegahan, maupun penanggulangan bencana yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

Untuk diketahui di Kecamatan Toapaya berdasarkan data BPBD Bintan dalam rentang periode bulan Januari sampai April tahun 2024, setidaknya terjadi 18 kejadian kebakaran.

Baca Juga :  Gol Pogba Singkirkan AC Milan, Ini Daftar 8 Klub ke Perempatfinal Liga Europa

“Jadi Relawan Pemadam Kebakaran ini akan menjadi agen bagi Pemerintah Daerah dan tidak saja terkait edukasi bencana kebakaran, bisa saja turut mensosialisasikan pencegahan bagaimana pola hidup sehat, tidak membuang sampah sembarangan dan lain-lain,” pungkasnya.

Dukungan Polres Bintan
Para Bhabinkamtibmas di Kecamatan Toapaya yang mengikuti pembentukan dan peresmian relawan Pemadam Kebakaran tersebut. Polres Bintan sangat mendukung adanya relawan Pemadam Kebakaran diwilayah tugasnya.

Mewakili Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo SIK MM, Kasi Humas Polres Bintan Iptu Missyamsu Alson mengatakan, Polres Bintan selalu mendukung adanya kelompok-kelompok yang bertugas untuk sosial.

Baca Juga :  Kasus Polisi Tembak Polisi Ternyata Pembunuhan Berencana, Ajudan Istri Ferdy Sambo Jadi Tersangka

“Kami dari Polres Bintan selalu mendukung program pemerintah apalagi program tersebut program sosial dengan penyelamatan lingkungan, harta benda dan nyawa manusia,” kata Kasi Humas.

Sebagai bukti dukungan Polres Bintan, pihak kepolisian selalu menghadiri dan ikut serta dalam kelompok tersebut yang bergerak di bidang kebakaran.

“Personel kita melalui Bhabinkamtibmas turun dan berbaur langsung dengan para relawan,” ungkap Iptu Alson.

“Bahkan apa bila nantinya adanya pelatihan dalam penanganan kebakaran kita akan mengirimkan personel untuk mengikutinya,” terang Kasi Humas Polres Bintan. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *