banner 728x90
Kafilah Kota Tanjungpinang menampilkan replika Masjid Raya Sultan Riau Penyengat pada pawai taaruf pembukana MTQH ke-X Provinsi Kepri di Kota Batam, Senin (20/5/2024) pagi. F- diskominfo tanjungpinang

Tanjungpinang Mengusung Tema Kebesaran Kemaharajaan Melayu Pulau Penyengat pada Pawai Taaruf MTQH

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Kafilah Kota Tanjungpinang mengusung tema kebesaran kemaharajaan Melayu Pulau Penyengat, pada pawai taaruf pembukaan MTQH ke-X Provinsi Kepri di Kota Batam, Senin (20/5/2024). Pawai taaruf yang dilaksanakan di Pertigaan Lubuk Baja tersebut, diikuti oleh tujuh kabupaten/kota se-Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Kafilah Kota Tanjungpinang menjadi urutan pertama dalam pawai taaruf tersebut dengan mengusung tema Kebesaran Kemaharajaan Melayu Pulau Penyengat. Kafilah Kota Tanjungpinang hadir dengan 600 orang dalam memeriahkan gelaran MTQH ke-X Provinsi Kepri di Kota Batam ini.

Replika Masjid Raya Sultan Riau Penyengat di barisan terdepan Kafilah Kota Tanjungpinang membuka Pawai Ta’aruf MTQH ke X Kepri tersebut. Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Ansar Ahmad pasca sambutannya langsung bergegas melepas Kafilah Kota Tanjungpinang yang berada di nomor urut satu. Pj Wali Kota Tanjungpinang Hasan SSos juga terlihat mendampingi Gubernur Kepri Ansar Ahmad sembari memberikan salam hangat kepada para kafilah.

Baca Juga :  Kepatuhan Pelayanan Publik, Bupati Bintan Menargetkan Masuk Sepuluh Besar

Kafilah Tanjungpinang yang langsung dipimpin oleh Sekda Zulhidayat tersebut juga menyuguhkan penampilan Celoteh, hiasan Gurindam 12, barisan para raja, dan juga diiringi dengan irama marching band. Barisan para Kepala OPD, Camat dan lurah juga terlihat menyemarakkan dengan senyum dan sapa kepada masayarakat yang menonton.

Tema Kebesaran Kemaharajaan Melayu Pulau Penyengat didasarkan pada usia Kota Tanjungpinang yang telah menginjak 240 tahun sejak Sultan Ibrahim Syah yang memerintah Johor Pahang Riau Lingga dengan membuka Sungai Carang Hulu Riau. Warisan sejarah ini masih terus terjaga kelestariaanya yang membuat Tanjungpinang menjadi pusat kebudayaan melayu.

Baca Juga :  Dewi Kumalasari Mengunjungi UPTD PPA Kepri Cabang Kota Batam, Ini Tujuannya

Pj Wako Tanjungpinang Hasan yang hadir dalam pawai tersebut menjelaskan, dalam perhelatan MTQH ke-X tingkat Provinsi Kepulauan Riau tersebut, Tanjungpinang mengutus 51 qari dan qariah yang akan bertanding di 9 cabang, ditambah 11 orang untuk Lomba Qasidah Rebana.

“Semoga para peserta dari Tanjungpinang dapat diberikan kelancaran dan kesuksesan dalam gelaran MTQH kali dengan memperoleh hasil terbaik, mudah-mudahan Juara Umum bisa kita raih,” harap Pj Wali Kota Tanjungpinang.

Pembukaan MTQH ke-X tingkat Provinsi Kepulauan Riau rencananya akan dibuka secara resmi oleh Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, di Dataran Engku Putri Batam Centre, Senin (20/5/2024) malam ini. (yen)

Baca Juga :  Disdik Kepri Merancang Program SMA Jalur Ganda, Darson: Soal PTM 100 Persen, Perlu Kehati-hatian

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *