banner 728x90
Nurhayati petugas Kemenag memberikan pelayanan kepada jemaah calon haji dari kelompok lanjut usia (lansia) sebagai komitmen mewujdukan haji ramah lansia di Embarkasi Batam, Senin (13/5/2024). F- kemenag kepri

Haji Ramah Lansia, Kemenag Memprioritaskan Jemaah Lanjut Usia di Embarkasi Batam

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – Kementerian Agama benar-benar mewujudkan komitmennya dengan tagline Haji Ramah Lansia. Termasuk di Embarkasi Batam, jemaah lanjut usia (lansia) menjadi prioritas dengan dibentuknya tim layanan lansia/disabilitas untuk melayani mereka.

Begitu turun dari bus, jemaah lansia sudah disambut dengan kursi roda dan pendamping yang siap membantu. Tim ini dibentuk untuk melayani segala kebutuhan jemaah lansia, mulai dari mengantarkan mereka menerima layanan selama di asrama, memberikan makanan dan minuman, membantu ke kamar kecil, dan mengantar ke kamar asrama.

Baca Juga :  Cen Sui Lan Turut Andil Merevitalisasi Pulau Penyengat dari Dana Apirasi Puluhan Miliar

Kepala Bidang Layanan Jemaah Lansia/Disabilitas, Edi Batara mengatakan, Kementerian Agama memberikan layanan fast track atau jalur cepat untuk mempermudah jemaah lansia untuk mendapatkan layanan prioritas. Layanan ini bertujuan agar jemaah lansia bisa lebih banyak waktu untuk beristirahat.

“Kami sediakan layanan fast track khusus untuk lansia dan disabilitas agar mereka tidak perlu menunggu lama,” terang Edi saat menyambut kedatangan jemaah haji Kloter 3 di Asrama Haji Batam, Senin (13/5/2024).

Seorang jemaah lansia, Anis Maini (69) dari Kloter 3 asal Pekanbaru, merasakan sendiri manfaat layanan ramah lansia ini. Diceritakannya, ketika turun dari bus, petugas langsung datang menghampirinya.

Baca Juga :  Madam Pang Manajer Cantik Terseret Skandal Pelecehan Seksual di Timnas U-23 Thailand

“Bisa jalan, Bu? Kata petugasnya. Saya bilang saya susah jalan, nak. Karena kaki saya sakit, pengapuran di lutut. Terus petugasnya bilang naik kursi roda aja ya, bu, katanya,” ujar Anis.

Dia juga didorong dengan kursi roda saat menerima layanan One Stop Service seperti cek kesehatan, penerimaan paspor, living cost dan gelang identitas.

“Enggak lama (waktu pelayanan), Nak. Sesuai (tagline Haji Ramah Lansia), walaupun Ibu pergi sendiri enggak ada pendamping. Tapi kalau dilayani kayak gini nyaman ibu, nak,” kata Anis.

Baca Juga :  Pengakuan Melodi Si Nelayan Mabuk, Sembunyi di Kuburan Masa Penjajah Usai Menikam Pelajar SMP

Jemaah calon haji (JCH) Kloter 3 asal Pekanbaru yang tiba di Asrama Haji Batam, Senin (13/5/2024) ini berjumlah 445 orang. Mereka dijadwalkan akan terbang menuju Madinah, Selasa (14/5/2024) besok, pukul 06.40 WIB. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *