banner 728x90
Bupati Bintan Roby Kurniawan bersama pilar-pilar sosial pada pengukuhan sekaligus pelatihan P4GN, Kamis (4/4/2024). F- diskominfo bintan

Bupati Bintan Menghadiri Pengukuhan P4GN dan Temu Ramah Pilar Sosial

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Bupati Bintan Roby Kurniawan menghadiri kegiatan pelatihan dan pengukuhan Penggiat Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) Kabupaten Bintan. Kegiatan tersebut disejalankan dengan temu ramah para pilar sosial Kabupaten Bintan, di Aula Bandar Seri Bentan, Kamis (4/4/2024) sore.

Lisa Mardianti SFarm Apt selaku Penyuluh BNN Provinsi Kepulauan Riau dalam paparannya menjelaskan, penggiat P4GN adalah suatu wadah (berbentuk organisasi maupun komunitas) yang merupakan bagian dari sebuah institusi atau lembaga dan menjalankan fungsinya sebagai sebuah gerakan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba. Oleh sebab itu, bagi masyarakat yang telah ditunjuk menjadi anggota P4GN diharapkan untuk konsisten memberikan informasi maupun berbagai upaya dalam rangka mencegah penyalahgunaan maupun peredaran gelap narkotika.

Baca Juga :  Hasil Jumat Curhat: Parah, Minyak Solar Nelayan di Kelong Pun Dicuri OTK

Bupati Bintan Roby Kurniawan menyambut baik dilaksanakannya pelatihan bagi Penggiat Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di Kabupaten Bintan ini.

“Apresiasi setinggi-tingginya atas kegiatan yang luar biasa ini. Tepat di bulan baik, kita berharap berangkat dari niat yang baik ini akan menghasilkan sesuatu yang baik pula,” kata Bupati Bintan.

Dengan dilakukan kegiatan pelatihan tersebut, dapat dijadikan sarana bersama khususnya pilar-pilar sosial dalam upaya menjalin silaturahmi komunikasi antar Pemerintah Kabupaten Bintan dengan organisasi kemasyarakatan dan pilar-pilar sosial masyarakat yang berada di Kabupaten Bintan. Kegiatan tersebut dapat dijadikan semangat bersama guna memerangi narkotika yang sudah masuk hampir setiap pelosok Kelurahan/Desa.

Baca Juga :  Presiden Setuju Membuka Semua Pariwisata Kepri seperti Bali

Selain itu, Roby Kurniawan menjelaskan, peredaran narkoba telah menjadi isu nasional di Indonesia saat ini. Status Indonesia dalam peta peredaran gelap narkoba Internasional bukan hanya sebagai negara transit saja, namun kini sudah berubah menjadi negara produsen.

Maka perlunya sinergi dan kolaborasi, saling asah, saling asih dan saling asuh antar sesama sehingga tercipta suasana damai, aman dan tentram di lingkungan masyarakat. Serta dapat mewujudkan kekompakan, komitmen dan kebersamaan dalam memerangi narkoba.

Masyarakat Bintan diharapkan harus aktif dalam memantau masyarakat di lingkungannya yang terindikasi atau mencurigakan supaya segera melapor secara berjenjang dari level tingkat RT/RW atau melalui Babinsa dan Bhabinkhamtibmas yang ada.

Baca Juga :  Usai Berbuka Puasa Bersama, Pengurus KONI Bintan Nobar Vietnam Vs Indonesia

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bintan Samsul SP menyampaikan, kegiatan pelatihan P4GN ini ditujukan kepada para pilar sosial di bawah binaan Dinas Sosial. Seperti Tagana dan para remaja.

“Dari pelatihan ini, para pilar sosial akan menjadi perpanjangan tangan bagi BNN dan pihak terkait lainnya dalam upaya mencegah dan memberantas narkoba. Ya, para pilar sosial ini sebagai perpanjangan tangan,” ujar Samsul.

Bupati Bintan Roby Kurniawan menyaksikan penyerahan cendera mata dari BNN kepada Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bintan Samsul pada pelatihan P4GN. F- diskominfo bintan

Kegiatan ini kemudian ditutup dengan tausiyah dan buka puasa bersama. Hadir dalam kegiatan tersebut wakil Bupati Bintan, Pimpinan FKPD, Kepala OPD, BNN Kepulauan Riau, Ketua MUi Bintan dan Pilar-Pilar Sosial Bintan. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *