banner 728x90
Gubernur Kepri Ansar Ahmad meresmikan pengoperasian mesin genset untuk pelayanan listrik 24 jam sehari di Pulau Karas, Galang, Kota Batam, Rabu (3/4/2024). F- diskominfo kepri

Ansar Ahmad Membikin Mimpi Warga Pulau Karas Jadi Nyata, Kini Listrik Menyala 24 Jam

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H Ansar Ahmad membikin mimpi warga Pulau Karas, Kota Batam menjadi nyata. Lewat program Kepri Terang, Gubernur Kepri mewujudkan keinginan warga di Pulau Karas dilayani listrik tanpa padam. Kini, listrik menyala 24 jam dalam sehari di Pulau Karas.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad meresmikan penyalaan 24 jam Sistem Kelistrikan PT PLN (Persero) Sub ULP Karas, Kelurahan Karas, Kecamatan Galang, Kota Batam, Rabu (3/4/2024). Peresmian ini menandai peningkatan jam operasional listrik di Pulau Karas yang sebelumnya hanya menyala selama 14 jam menjadi 24 jam.

Dengan telah diresmikannya pengoperasian listrik menjadi 24 jam di salah satu daerah pesisir di Kota Batam ini, maka semakin menyempurnakan program Kepri Terang yang telah digagas oleh Pemerintah Provinsi Kepri di bawah kepemimpinan Ansar Ahmad.

Hadirnya listrik yang menyala secara merata di seluruh Kepri adalah bagian upaya Pemerintah untuk tidak hanya membuat Kepri menjadi lebih terang, tetapi juga membuat generasi menjadi lebih cemerlang kedepannya.

Baca Juga :  Polda Kepri Menetapkan Kelulusan 259 Bintara Polri TA 2022, Berikut Rinciannya

Dalam kesempatan ini Gubernur Kepri H Ansar Ahmad bersyukur atas keberkahan Ramadhan yang luar biasa, karena bisa membawa berkah listrik yang hidup 24 jam untuk masyarakat Pulau Karas.

“Pilihan untuk menambah operasional listrik menjadi 24 jam ini berat sekali karena di anggaran perubahan dananya tidak tersedia banyak, namun akhirnya kita tetap memprioritaskan agar masyarakat Pulau Karas bisa menikmati listrik 24 jam,” ujar Gubernur Kepri.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menambahkan, meski pada 4 Januari 2024 telah dipasang mesin 350 kVA di Pulau Karas, namun setelah itu masih beroperasi selama 14 jam. Hal ini karena PLN masih harus berkoordinasi dengan PLN Pusat terkait penambahan personil dan subsidi BBM.

Baca Juga :  Sepuluh Cabor Dipertandingkan pada Porwil Sumatera 2023 di Pekanbaru, Amri: Atlet Kepri Sudah Siap

“Bersyukur setelah 24 jam harus digunakan sebaik mungkin, dorong untuk kegiatan ekonomi yang produktif, supaya ekonominya berubah. Manfaatkan ini, semoga dengan 24 jam masyarakat bisa lebih semangat,” ungkap Ansar Ahmad.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad berharap, dengan penyalaan listrik 24 jam ini, masyarakat bisa lebih bersemangat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Ia juga mendoakan agar semua pemimpin bisa terus sehat dan berkarya untuk masyarakat.

“Sudah semestinya pemimpin memikirkan kebutuhan masyarakat, apalagi hal yang mendasar seperti listrik,” ucap Ansar Ahmad Gubernur Kepri.

Amin (34) seorang warga Pulau Karas yang ditemui di lokasi merasa sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Gubernur Kepri Ansar Ahmad karena telah membikin mimpi masyarakat untuk mendapatkan listrik 24 jam menjadi kenyataan.

“Dari saya lahir di pulau ini, baru tahun ini kita masyarakat bisa tahu rasanya 24 jam listrik. Kita senang sekali Pak Gubernur peduli sama kita,” kata Amin.

Baca Juga :  Perempatfinal Liga Champions: Dortmund Kalah Lagi, Manchester City Lolos ke Semifinal

Kepala Dinas ESDM Provinsi Kepri M Darwin, melaporkan bahwa tiga bulan sebelumnya, tepatnya pada 3 Januari 2024, Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad meresmikan genset 350 kVA dari APBD perubahan untuk Pulau Karas.

Sebelumnya, sistem kelistrikan Sub ULP Karas hanya menyala 14 jam menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) dengan kondisi sebagai berikut Daya terpasang = 580 kW, Daya mampu = 520 kW, Beban puncak = 200 kW. Jumlah pelanggan PLN saat ini di Pulau Karas sebanyak 638 pelanggan.

“Kemudian pada hari ini kita resmikan peningkatan jam nyala sistem kelistrikan Sub ULP Karas di Kelurahan Karas, Kecamatan Galang, Kota Batam menjadi 24 jam,” ungkap M Darwin. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *