banner 728x90
Bupati Bintan Roby Kurniawan memimpin rapat koordinasi Forkopimda dan OPD menghadapi arus mudik dan arus balik lebaran Idulfitri 1445 hijriah, Kamis (28/3/2024). F- dok/suaraserumpun.com

Arahan Bupati Bintan kepada Forkopimda dan OPD Menghadapi Arus Mudik Idulfitri 1445 Hijriah

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Bupati Bintan Roby Kurniawan memimpin Rapat Koordinasi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Rakor Forkopimda) Kabupaten Bintan, Kamis (28/3/2024), di Ruang Rapat II Bandar Seri Bentan. Rapat ini diadakan dalam rangka membahas kesiapan menghadapi arus mudik lebaran Idulfitri 1445 hijriah dan arus balik, serta isu-isu terkait untuk menciptakan situasi dan kondusifitas.

Beberapa poin arahan penting Bupati Bintan menjadi pembahasan dalam pertemuan tersebut antara lain menghadapi arus mudik, sarana dan fasilitas, akses jalan, keamanan, antisipasi cuaca ekstrem sampai dengan ketersediaan pangan dan pergerakan harga pasar.

Baca Juga :  Hingga April 2023, Pendapatan Negara di Kepri Mencapai Rp4,216 Triliun

Bupati Bintan Roby Kurniawan menyampaikan, dalam persiapan lebaran Idulfitri 1445 hijriah, beberapa antisipasi perlu dilakukan terhadap ancaman yang mungkin terjadi selama Lebaran. Seperti kecelakaan lalu lintas dan bencana alam.

“Kita tidak berharap yang tidak-tidak, tapi segala sesuatu dan kemungkinan perlu kita antisipasi semaksimal mungkin,” tegas Roby Kurniawan Bupati Bintan.

Terkait arus mudik, Bupati Bintan meminta Dinas Perhubungan bersama Satlantas Polres Bintan untuk bersinergi mengamankan lalu lintas. Termasuk antraan yang diperkirakan akan memadati pelabuhan. Diharapkan koordinasi terus dijalankan dengan sebaik mungkin.

Baca Juga :  Musrenbang Karimun, Pengembangan Pelabuhan dan Bandara Domestik Jadi Prioritas

“Kendaraan yang turun naik kapal jangan sampai terhambat apalagi menghambat akses jalan di sekitar,” imbuhnya.

Selain itu, Dinas Pariwisata dan BPBD diminta bersama-sama mendatangi Resort maupun tempat yang memiliki destinasi wisata pantai agar senantiasa mengeluarkan himbauan. Untuk Dinas Ketahanan Pangan bersama DKUPP, Roby meminta untuk terus dilakukan pemantauan ketersediaan bahan pangan dan lonjakan pergerakan harga pasar.

OPD yang lain juga harus saling bersinergi mengisi setiap kebutuhan yang ada. Puncak arus mudik tahun 2024 diprediksi akan terjadi pada tanggal 5 sampai dengan 7 April 2024, pekan depan. Sedangkan puncak arus balik pada 14 sampai dengan 16 April 2024. Sepanjang periode tersebut, Pemerintah Kabupaten Bintan juga akan melakukan langkah antisipasi diantaranya kesiapan posko Idul Fitri termasuk posko di destinasi wisata yang punya potensi bencana alam maupun cuaca ekstrim.

Baca Juga :  Dewi Kumalasari: TP-PKK Kabupaten Bintan Harus Lebih Aktif

Bupati Bintan Roby Kurniawan mengharapkan setiap pihak berwenang dapat menyiapkan dengan baik pelaksanaan Idul Fitri 1445 H dan arus mudik tahun 2024. Semua tentunya sesuai dengan tugas dan wewenangnya masing-masing. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *