banner 728x90
Ketua KONI Kepri Usep RS (kanan) didampingi wakil Ketua Suyono.F-Koni Kepri

PON Aceh-Sumut 2024, KONI Kepri Targetkan 9 Emas

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com –Komite Olahraga Nasional Kepulauan Riau (KONI Kepri) telah menyusun dalam pelaksanaan pembinaan atlet yang telah lolos Babak Kualifikasi (BK) Pra PON dan sudah diterbitkan SK dari BP/PP Cabor dan dari KONI Pusat.

Para atlet akan dipersiapkan mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut pada 8 September – 20 September 2024 mendatang.

Ketua KONI Kepri Usep RS menyebut, KONI Kepri terus melakukan persiapan atlet yang akan berlaga di PON Aceh-Sumut 2024. Salah satunya adalah telah terlaksananya pertemuan dengan 29 Pengprov/Cabor dan tiap Pengprov mempresantasikan target yang akan diçapai, dan diundang sehari 4 Cabor dan sudah tuntas bulan Februari 2024.

Dalam pertemuan dengan Pengprov Cabor, lanjut Usep RS, KONI Kepri meminta input dan masukan Cabor yang lolos, serta KONI Kepri memastikan bahwa atlet yang lolos tersebut, semuanya sudah siap dalam mengikuti Training Centre (TC).

“Karena mereka sudah ada yang melaksanakan TC secara mandiri dari bulan Januari 2024 tentu KONI nantinya akan mengsingkronkan dengan program dari Cabor yang sedang melaksanakan TC mandiri, mudah-mudahan di awal April sudah ada kerja sama dengan konsultan olahraga yang tepat dari lembaga pengurusan tinggi,” ujar Usep RS.

Baca Juga :  Pemprov Kepri Sedang Mengupayakan Pembangunan Pendaratan Kendaraan di Dermaga PLBN Serasan

Berikutnya, Usep RS telah menggelar pertemuan di Kantor KONI Kepri mengatakan, tim satuan Pelaksana (Satlak) PON akan dibentuk setelah pelaksana Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) yang akan dilaksanakan akhir bulan Maret 2024.

“Pelaksanaanya bersamaan dengan buka puasa Ramadan bersama dengan atlet dan Pengprov. Sudah beberapa kali menggelar rapat bersama terkait penyusunan konsep program persiapan PON yang juga menyesuaikan ketersediaan anggaran dengan jumlah atlet yang lolos PON,” kata Usep RS Rabu (19/3/2024).

Agenda yang telah dibahas yaitu program rancangan Training Centre yang meliputi TC berjalan, TC penuh, try out serta jadwal pelaksanaannya. “Program tersebut akan dilaksanakan, tetapi bertepatan dengan bulan Ramadhan 1445 H, maka akan dilaksanakan setelah lebaran atau awal April 2024,” jelas dia.

Namun, lanjut Usep RS, sebelum pelaksanaan TC akan ada treatment konkret yang dipersiapkan menuju PON nanti.

“Sebelum TC dilaksanakan, akan ada pemeriksaan kondisi fisik atlet, kesehatan atlet, dan juga psikologi atlet serta pengecekan akhir sebelum berangkat menuju PON. “ujar Usep RS.

Baca Juga :  Yansen Marlan Terpilih Jadi Ketua KBPPAL Tanjungpinang-Bintan

Untuk TC berjalan, lanjut Usep RS, akan digelar selama 4 bulan. Sedangkan TC penuh, kurang lebih 1 bulan sebelum keberangkatan. “Target pelaksanaan TC awal April atau awal Mei, yaitu Program TC berjalan bisa dilaksanakan sekitar Agustus dilanjutkan dengan try out sebelum keberangkatan,” kata Usep RS.

Usep RS: 112 Atlet dari 29 Cabor Siap Menuju PON Aceh Sumut

Terkait persiapan ini, Usep RS menyebut, pihaknya akan bekerja sama dengan lembaga konsultan sesuai saran Gubernur Kepri Ansar Ahmad dalam pertemuan beberapa waktu lalu didampingi Kadispora Kepri Muhamad Ikhsan.

Terkait permintaan dari Cabor untuk menggelar TC, KONI Kepri dan Dispora Kepri tengah menyusun konsep dengan ketersediaan anggaran yang ada. KONI Kepri juga akan menyesuaikan jumlah atlet yang lolos PON, karena harus dihitung dengan data yang sebenarnya.

Usep RS menjelaskan KONI Kepri akan segera mengajukan SK atlet, pelatih, official dan tim pendamping yang akan dilakukan setelah pelaksanaan Rakerprov. “Terkait ini, kami telah menggelar pertemuan soal program TC untuk atlet. Prosesnya sedang kita godok, karena juga menyesuaikan dari ketersediaan anggaran karena ada beberapa alternatif yang masih belum di finalkan,”imbuhnya.

Baca Juga :  BPBD Bintan Beri Pendidikan dan Latihan bagi Personel Damkar

Usep RS berharap mudah-mudahan program TC bisa segera dilaksanakan. Nantinya, kata Usep akan ada evaluasi bagi atlet yang lolos. “Mereka bakal melalui 3 tahapan pemeriksaan kondisi atlet sebelum TC, setelah TC sampai kemudian akan melaksanakan kerjasama dengan lembaga atau konsultan dan disesuaikan dengan anggaran yang tersedia,” kata dia.

Terakhir, sebelum berangkat PON dilakukan pengecekan terakhir kesehatan terakhir atlet. “Sehingga diharapkan atlet yang akan berangkat betul-betul ready kondisi fisiknya dan bisa kita pantau,” pungkasnya.

Saat ini, ada 29 Cabor dan 112 atlet yang lolos PON Aceh-Sumut 2024 adalah yaitu :

  1. Atletik, 2. Aquatik (Renang), 3. Billiar, 4. Ski Air, 5. Layar, 6. Selam, 7. Sepak Takraw, 8. Balap Sepeda, 9. Air Modelling, 10. Menembak, 11. Panahan, 12. Tarung Drajat.

Berikutnya ada 13. Tinju, 14. Silat, 15. Gulat, 16. Hapkido, 17. Jujitsu, 18. Muay Thai 19. Kickboxing, 20. Wushu. 21. Taekwondo. 22. Golf, 23. Bulu Tangkis, 24. IODI (dansa) 25. Anggar , 26. Triatlon. 27. Balap Motor, 28. Dayung, 29. Woodball.(Yen)

Editor : Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *