banner 728x90
Teguh Susanto Kadiskominfo Kota Tanjungpinang menjelaskan tentang anggaran pelaksanaan semarak Idulfitri 1445 hirjiah di Penyengat. F- diskominfo tanjungpinang

Kadiskominfo: Anggaran Pelaksanaan Semarak Idulfitri di Penyengat Ada di Kelurahan

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Kota Tanjungpinang Teguh Susanto mengatakan, semarak Idulfitri yang telah menjadi rutinitas event wisata di Penyengat tetap digelar pada tahun 2024 ini. Anggaran pelaksanaan event semarak Idulfitri 1445 hijriah di Penyengat, ada di Kelurahan Penyengat.

Pemerintah Kota Tanjungpinang menyadari, Pulau Penyenggat merupakan objek dan destinasi pariwisata andalan di Kota Tanjungpinang. Event semarak Idulfitri yang digelar setiap tahun, mampu mendongkrak kunjungan wisatawan. Tahun 2024 ini, event tersebut tetap digelar.

“Saya telah berkoordinasi kepada penjabat wali kota, dan sekretaris daerah mengenai pelaksanaan kegiatan semarak Idulfitri di Pulau Penyengat itu. Dan dapat saya sampaikan bahwa kegiatan tersebut masih akan terus berlanjut pada tahun ini,” tegas Teguh Susanto saat memberikan keterangan, Kamis (14/3/2024).

Baca Juga :  Hibah Lahan di Starting Point Tuntas, Pembebasan Lahan di Landing Point Jembatan Batam-Bintan Mencapai Rp44 Miliar

Didasarkan pada semangat pemberdayaan masyarakat setempat, pada tahun 2024 ini, anggaran pelaksanaan kegiatan Semarak Idulfitri di Pulau Penyengat pada saat penyusunan anggarannya, diarahkan untuk dialihkan ke mata anggaran Kelurahan Penyengat. Tidak lagi di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang. Tujuannya, agar kegiatan tersebut sepenuhnya melibatkan organisasi kepemudaan dan masyarakat di Pulau Penyengat.

“Memang ada miskomunikasi yang terjadi, karena kegiatan Semarak Idulfitri Pulau Penyengat itu menjadi sub kegiatan dalam suatu kegiatan wisata lainnya, yang juga dilaksanakan di Penyengat. Tidak hilang atau apalagi sengaja dihilangkan,” ujar Teguh Susanto.

Baca Juga :  Gubernur Kepri Akan Mengundang Presiden untuk Meresmikan PLBN Terpadu di Serasan

“Saya tidak ingin membicarakan kenapa dan mengapa hal itu terjadi, namun solusi persoalan ini telah diselesaikan di tingkat TAPD. Akan ada penyesuaian kembali, dan Semarak Idulfitri akan tetap dilaksanakan sebagaimana biasanya,” sambungnya.

Ditambahkan Kadiskominfo Kota Tanjungpinang, Penjabat (Pj) Wali Kota Tanjungpinang Hasan SSos justru menaruh atensi tinggi terhadap upaya pengembangan sektor pariwisata di Tanjungpinang. Sebab, lanjutnya, anggaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata justru mengalami kenaikan di tengah pengurangan anggaran di beberapa OPD lainnya.

Tahun anggaran 2023, alokasi anggaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sekitar Rp20 miliar. Namun tahun ini justru dinaikkan menjadi sekitar Rp23,5 miliar. Ada kenaikan anggaran sekitar 17,5 persen dari tahun sebelumnya. Kenaikan persentase anggaran tersebut, ditujukan untuk lebih meningkatkan pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang diharapkan mampu menggairahkan sektor pariwisata Tanjungpinang.

Baca Juga :  Atlet E-sport Antusias Mengikuti Turnamen PES Ubul dan Sahabat Amri, Dapat Apresiasi dari KONI

“Penjabat wali kota justru menaruh atensi terhadap upaya peningkatan sektor kepariwisataan Tanjungpinang. Kita bisa melihat banyak event wisata yang dilaksanakan pada akhir tahun lalu. Dan untuk Semarak Idulfitri di Penyengat, dapat dipastikan bahwa kegiatan tersebut masih akan terus berjalan tahun ini,” tegas Teguh Susanto Kadiskominfo Tanjungpinang. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *