banner 728x90
Riki Rionaldi Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kepri menyerahkan secara simbolis pinjaman modal usaha tanpa bunga lewat BRKS, baru-baru ini. F- diskominfo kepri

Pelaku UMKM Sudah Bisa Meminjam Modal Rp40 Juta Tanpa Bunga di BRKS, Lengkapi Syarat Berikut Ini

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Para pelaku UMKM di wilayah Provinsi Kepulauan Riau, sudah bisa memanfaatkan fasilitas pinjaman modal usaha dengan margin 0 (nol) persen dengan plafond maksimal hingga Rp40 juta. Tapi, lengkapi syaratnya berikut ini.

Meminjam modal usaha maksimal Rp40 juta tanpa bunga di BRKS ini merupakan kebijakan Gubernur Kepri Ansar Ahmad. Tahun 2024 ini, Gubernur Kepri menaikkan plafond pinjaman 100 persen dari Rp20 juta, yang diterapkan mulai tahun 2024 untuk menambah daya saing UMKM di Kepri.

“Ayo manfaatkan, jangan sungkan dan ragu. Dengan meningkatnya daya saing UMKM akan berpengaruh besar pada peningkatan capaian berbagai indikator makro Provinsi Kepri yang memang kita gesa tiap tahunnya,” kata Gubernur Kepri Ansar Ahmad.

Pinjaman modal dengan bunga nol persen merupakan salah satu program unggulan Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Marlin Agustina dari awal memimpin Provinsi Kepri yang bekerja sama, dengan Bank Riau Kepri Syariah (BRKS). Pelaku UMKM tidak dibebankan lagi untuk membayar bunga pinjaman. Bunga pinjaman itu disubsidi oleh Pemprov Kepri.

Baca Juga :  Surat Terbuka Jamhur Ismail buat Presiden Jokowi tentang Persoalan Retribusi Labuh Jangkar di Kepri

“Mari bersama berkontribusi dalam upaya memajukan ekosistem pariwisata dan ekosistem ekonomi syariah di Provinsi Kepulauan Riau untuk Mewujudkan Kepulauan Riau yang Makmur, berdaya saing dan berbudaya,” kata Gubernur Kepri.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kepri, Riki Rionaldi mengonfirmasi, pinjaman dengan plafond Rp40 juta sudah bisa dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM.

“Kemarin, kita sekaligus menyerahkan secara simbolis pinjaman dengan subsidi bunga ini ke sejumlah UMKM pada kegiatan Pemko Tanjungpinang. Sudah ada yang dapat maksimal Rp40 juta itu,” ujarnya di Tanjungpinang, Rabu (6/3/2024).

Baca Juga :  Kapolres Bintan: Personel Tak Boleh Underestimate Terhadap Operasi Lilin Seligi

Riki menambahkan, untuk merealisasi kebijakan kenaikan plafond pinjaman, tahun 2024 ini Pemprov Kepri telah menganggarkan Rp1 miliar pada APBD Tahun Anggaran 2024.

“Rp1 miliar Itu kita anggarkan untuk lebih kurang 200 UMKM se-Kepri. Sedangkan APBD Perubahan 2024 akan kita lihat dulu. Disesuaikan kebutuhan,” tambahnya.

Mengenai persyaratan yang harus dipenuhi calon debitur, Riki mengatakan tidak ada perubahan pada tahun 2024 ini dibandingkan tahun sebelumnya.

“Sama dengan tahun sebelumnya, yang berubah hanya plafond naik maksimal Rp40 juta” kata Riki.

Berikut syarat untuk meminjam modal usaha tanpa bunga di BRKS yang harus dipenuhi calon debitur:

Baca Juga :  Giliran Warga Miskin di Gunung Kijang yang Terima Beras Kemensos

– Fotokopi KTP Suami/Istri
– Fotokopi Kartu Keluarga
– Fotokopi Buku Nikah\
– Legalitas Usaha (NIB/SKU dari Kelurahan)
– Fotokopi Agunan (SHM/Alashak/BPKB 5 Tahun terakhir)
– Pas Photo
– Rekening koran tabungan 3 bulan terakhir (jika ada)
– Tidak sedang menikmati fasilitas pembiayaan usaha di bank lain
– Tidak termasuk daftar hitam BI
– Syarat lain jika diperlukan oleh bank

Riki Rionaldi mengajak para Pelaku UMKM di Kepri untuk memanfaatkan dan mendaftar pada fasilitas berbagai Pelatihan yang tersedia di Dinas Koperasi dan UKM Kepri.

“Ini bertujuan untuk dapat meningkatkan kapasitas SDM, daya saing, pengembangan digitalisasi usaha, kerjasama kemitraan dan perluasan pasar di tahun 2024,” tutupnya. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *