banner 728x90
Sekda Bintan Ronny Kartika menjelaskan upaya Pemkab Bintan menghadapi lonjakan harga sembako menjelang Bulan Suci Ramadan hingga Idulfitri 1445 hijriah, saat mendampingi Wabup Bintan Ahdi Muqsith dalam rapat staf, Senin (4/3/2024). F- dok/suaraserumpun.com

Pemkab Bintan Sudah Menyiapkan ‘Senjata’ untuk Melawan Lonjakan Harga Sembako hingga Idulfitri 1445 Hijriah

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Pemerintah Kabupaten Bintan sudah menyiapkan ‘senjata’ untuk melawan lonjakan harga bahan pokok atau sembako, menjelang puasa Ramadan hingga lebaran Idulfitri 1445 hijriah mendatang. Jika harga jual bahan pokok atau sembako di pasar naik, Pemkab Bintan akan menggunakan ‘senjata’ berupa kegiatan operasi pasar.

Langkah antisipasi kenaikan harga bahan pokok tersebut menjadi topik utama dalam rapat staf, seluruh OPD dan camat se-Kabupaten Bintan di ruang rapat II Kantor Bupati Bintan, pusat pemerintahan Bandar Seri Bentan, Bintan Buyu, Senin (4/3/2024). Rapat tersebut dipimpin oleh Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith didampingi Sekda Bintan Ronny Kartika.

Rapat tersebut sebagai evaluasi sekaligus penguatan berbagai bidang. Di antaranya peningkatan SDM yang berkualitas, berkarakter dan berdaya saing. Penguatan perlindungan sosial. Penguatan infrastruktur dan sarana prasarana penunjang sektor-sektor unggulan. Serta peningkatan kualitas lingkungan hidup dan ketahanan bencana. Peningkatan kualitas pelayanan publik serta penguatan tata kelola pemerintahan.

Baca Juga :  Kepri Terbaik Penanganan Covid-19 di Sumatera, Ansar Ahmad Terima Penghargaan dari Presiden RI Jokowi

Terkait upaya mencegah inflasi dan antisipasi kenaikan harga bahan pokok, Pemerintah Kabupaten Bintan mulai menyusun strategi dalam menjaga kestabilan harga. Serta mengantisipasi agar tidak terjadi lonjakan harga bahan pokok atau sembako.

Sekda Bintan Ronny Kartika mengatakan, rapat ini bertujuan untuk meminta kepada seluruh stakeholder agar dapat mengeluarkan strateginya, dalam menjaga kestabilan demand (permintaan pasar) maupun supply (pasokan barang). Sehingga nantinya di lapangan, tidak terjadi gejolak yang akan menimbulkan kelangkaan. Sehingga rentan menimbulkan kenaikan harga barang, khususnya menjelang puasa Ramadan dan lebaran Idulfitri 1445 hijriah.

Baca Juga :  Polres Bintan Menyiapkan Senjata Pelontar Gas Air Mata Menjelang Masa Kampanye Rapat Umum Pemilu 2024

Ronny Kartika optimis, kestabilan harga dapat dikontrol dengan baik, maka nantinya akan memiliki dampak yang besar. Sehingga diharapkan masyarakat dapat melakukan jual beli kebutuhan sembako dengan harga yang terjangkau. Selain itu, beberapa langkah juga akan dilakukan oleh Pemkab Bintan. Jika terjadi lonjakan harga yang signifikan, akan dilakukan operasi pasar, dengan pengadaan paket sembako murah melalui dinas terkait.

“Jika terjadi lonjakan harga yang signifikan, operasi pasar juga direncanakan akan gencar dilakukan di beberapa titik pasar. Sehingga, nantinya tidak ada masalah terkait harga kebutuhan pokok yang melonjak pada saat Bulan Suci Ramadan hingga Idulfitri,” tegas Ronny Kartika.

Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith meminta agar seluruh OPD menjaga kekompakkan, kebersamaan, dan fokus pada tugas serta fungsi masing-masing.

Baca Juga :  Nasib Porges Tak Bagus, Ini Daftar Delapan Tim Perempat Final Topsela Cup I 2023

“Kita optimalkan terus sinergitas di antara semua,” kata Ahdi Muqsith Wakil Bupati Bintan.

Wakil Bupati Bintan yang akrab disapa Osit ini menegaskan kepada seluruh OPD dan camat agar memahami dan melaksanakan tugas dengan baik, serta penuh tanggung jawab. Diharapkan semuanya selalu berusaha mencari solusi secara inovatif dan kreatif, sesuai peraturan perundang-undangan.

Untuk itu, Wabup Bintan menambahkan, penting membangun komunikasi, koordinasi serta kekompakan dan kebersamaan seluruh perangkat daerah. Bekerja sebagai team work, untuk melaksanakan kebijakan pemerintah. Guna memberikan pelayanan kepada masyarakat di berbagai bidang dan menjadi pemersatu di masyarakat. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *