banner 728x90
Dirut Perumda BPR Bintan Radhiah menyerah bantuan sosial kepada anak yatim dan piatu dari sebagian laba usaha perbankan pada peringatan HUT ke-16 BPR Bintan, Minggu (25/2/2024). F- yen/suaraserumpun.com

Laba Perumda BPR Bintan Melebihi Target, Kredit Mikro Bangkit Disediakan Rp1 Miliar

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Pencapaian laba bersih Perumda Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bintan melebihi target pada tahun anggaran 2023. Sedangkan program Kredit Mikro Bangkit dengan pinjaman modal usaha nol persen, pada tahun 2024 ini disediakan 1 miliar.

Hal itu disampaikan Radhiah Razak Dirut BPR Bintan di sela semarak HUT ke-16 BPR Bintan di Gedung Nasional Tanjung Uban, Minggu (25/2/2024).

“Tahun 2023, target laba untuk BPR Bintan itu sebesar Rp2,6 miliar. Sedangkan pencapaiannya laba bruto (kotor) itu Rp4,2 miliar. Sedangkan laba bersih (netto) sebesar Rp3,3 miliar. Jadi, laba Perumda BPR Bintan di tahun 2023 itu melebihi target,” sebut Radhiah.

Baca Juga :  Pembekalan Selesai, Ini Jadwal Keberangkatan JCH Bintan

Memasuki usia 16 tahun ini, lanjut Radhiah, jumlah nasabah BPR Bintan sebanyak 21.912. Sedangkan LDR mencapai 74 persen. Sedangkan BOPO mencapai 84 persen. Dana pihak ketiga sebesar Rp199,892 miliar. Kredit yang diberikan Rp152,3 miliar.

Di lain hal, Radhiah mengungkapkan, Non Performing Loan (NPL) atau tunggakan dari debitor hingga akhir tahun 2023 lalu, di bawah 5 persen.

“NPL ini masih rendah. NPL di kami (BPR Bintan) terjadi akibat efek Covid-19, ada usaha debitor yang kolaps. Tapi, hal itu sudah dicarikan solusinya,” sebut Radhiah.

Baca Juga :  Ansar Singgung Potensi Selat Malaka kepada Rektor Baru Uniba

Di lain hal, Radhiah menambahkan, untuk program bantuan pinjaman modal usaha UMKM tanpa bunga atau bunga nol persen, melalui Kredit Mikro Bangkit, berjalan 100 persen pada tahun 2023 lalu.

“Untuk pinjaman modal usaha program Kredit Mikro Bangkit itu, Rp5,2 miliar. Sedangkan bunga pinjamannya yang ditanggung Pemkab Bintan itu, Rp1 miliar. Total peminjam modal usaha tanpa bunga pada tahun 2023 itu, sebanyak 214 nasabah,” sebut Radhiah.

“Nah, untuk tahun 2024 ini, Pemkab Bintan menyediakan lagi sebesar Rp1 miliar, untuk program Kredit Mikro Bangkit atau pinjaman modal usaha nol persen tersebut,” kata Radhiah menambahkan.

Baca Juga :  Kepri Jadi Tuan Rumah Gernas BBI, Ini Daftar Menteri yang Hadir

Pada kesempatan yang sama, Ketua Badan Pengawas BPR Bintan Johnson Pasaribu mengatakan, pihaknya terus memantau aktivitas usaha perbankan yang dijalankan BPR Bintan. Ketika ada kendala atau inovasi baru, selalu berkoordinasi dengan Badan Pengawas.

“Kami terus melakukan pendampingan. Tak cuma memantau. Kami juga memberikan saran. Baik untuk pendampingan dengan APH dalam pengembalian pinjaman, maupun inovasi lainnya,” kata Johnson Pasaribu. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *