banner 728x90
Bupati Bintan Roby Kurniawan menandatangani naskah perjanjian hibah daerah bantuan kegiatan TMMD ke-119 Kodim 0315/Tanjungpinang, pada saat pembukaan di GOR Megat Alang Perkasa, Desa Busung, Selasa (20/2/2024). F- diskominfo bintan

Foto Pembukaan TMMD Ke-119 di Bintan, Roby Kurniawan: Ini Kolaborasi untuk Pembangunan Berkelanjutan

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Bupati Bintan Roby Kurniawan membuka secara resmi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 tahun 2024 di GOR Megat Alang Perkasa, Desa Busung, Kabupaten Bintan, Selasa (20/2/2024). Berikut foto pembukaan TMMD ke-119 yang dilaksanakan Kodim 0315/Tanjungpinang di bawah Korem 033/WP di wilayah Kabupaten Bintan.

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan salah satu program TNI yang dilaksanakan secara lintas sektor antara TNI dan departemen, lembaga pemerintah non kementerian, Polri, pemerintah daerah. Serta komponen masyarakat lainnya. Pembukaan kegiatan TMMD ke-119 tahun 2024 di wilayah Kabupaten Bintan, berlangsung di stadion Megat Alang Perkasa, Selasa (20/2/2024) pafi. TMMD ke-119 tahun 2024 Kodim 0315/Tanjungpinang ini, langsung dibuka oleh Bupati Bintan Roby Kurniawan.

Hadir dalam kegiatan ini Danrem 033/WP Brigjen TNI Jimmy Watuseke, Dandim 0315/Tanjungpinang Letkol Inf Eka Ganta Chandra SIP MIP, Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith, Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo, Danlanud RHF Tanjungpinang, Kajari Bintan I Wayan Eka Widdyara, Sekda Bintan Ronny Kartika, kepala OPD di lingkungan Pemkab Bintan, Ketua TP-PKK Bintan Hafizha Rahmadhani, Ketua GOW Bintan Sabine Rohden, serta undangan lainnya.

Bupati Bintan Roby Kurniawan memberikan penghormatan kepada Komandan Upacara pembukaan TMMD ke-119 Kodim 0315/Tanjungpinang.

Tema TMMD ke-119 tahun 2024 Kodim 0315/Tanjungpinang ini adalah “Dharma Bhakti TMMD Mewujudkan Pembangunan Wilayah”. Pada pembukaan TMMD juga dilakukan beberapa kegiatan sosial lainnya. Seperti sunatan massal gratis, skrining kesehatan gratis, pelayanan KB gratis dan penanaman 2.000 bibit mangrove di Desa Busung.

Kemudian dilaksanakan penyuluhan beineg dan wasbang, penyuluhan bahaya narkoba, penyuluhan bahaya seks bebas dan pencegahan pernikahan dini kepada masyarakat. Sedangkan kegiatan utamanya adalah kegiatan fisik semenisasi jalan sepanjang 570 meter menuju sekolah SDIT An Nahl di Kelurahan Teluk Lobam, Kecamatan Seri Kuala Lobam.

Baca Juga :  Bintan Jadi Tempat Pertama Penerapan WASH di Indonesia

Bupati Bintan Roby Kurniawan menyampaikan, Pemkab Bintan akan selalu menyambut baik seluruh pihak yang senantiasa menginisiasi upaya percepatan pembangunan di Kabupaten Bintan. Termasuk kegiatan TMMD ke-119 tahun 2024 Kodim 0315/Tanjungpinang ini.

Bupati Bintan Roby Kurniawan, Danrem 033/WP Brigjen Jimmy Watuseke, Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith, Dandim 0315/Tanjungpinang Letkol Inf Eka Ganta Chandra berfoto bersama Forkopimda usai upacara.

Sebab, menurut Roby Kurniawan, pemerintah tidak dapat berjalan sendiri. Sehingga harus berkolaborasi dan bersinergi dengan seluruh pihak dalam melakukan pembangunan yang cepat dan merata.

“Kita tidak bisa kalau berjalan sendiri. Kalau kita lihat rentetannya sejauh ini sangat luar biasa TMMD dari tahun ke tahun. Ini salah satu wujud kolaborasi dan sinergitas yang positif untuk pembangunan yang berkelanjutan dan merata,” ujar Roby Kurniawan Bupati Bintan.

Bupati Bintan Roby Kurniawan berharap, dalam kegiatan tersebut dapat memberdayakan masyarakat sebagai pelaku atau subjek pembangunan yang memiliki semangat dan jiwa baru. Yaitu semangat dan jiwa yang berintegritas, beretos kerja dan memiliki jiwa gotong royong. Sehingga dapat mempercepat jalannya pemerintahan dan pembangunan.

Bupati Bintan Roby Kurniawan mengecek pasukan TMMD ke-119 Kodim 0315/Tanjungpinang pada upacara pembukaan.

TMMD ke-119 ini selain sebagai upaya untuk membangun desa. Sekaligus menjadi wadah untuk membangun keswadayaan dan partisipasi masyarakat dalam mendukung proses pembangunan.

Bupati Bintan Roby Kurniawan mengucapkan terima kasih kepada TNI yang melaksanakan lagi kegitaan TMMD di Bintan, dengan membangun akses jalan warga menuju SDIT AN Nahl di Teluk Lobam.

“Kami sangat berterima kasih kepada TNI, Pak Danrem dan Pak Dandim yang sudah melaksanakan TMMD di Kabupaten Bintan,” ucap Roby Kurniawan.

Bupati Bintan Roby Kurniawan, Danrem 033/WP Brigjen Jimmy Watuseke, Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith, Dandim 0315/Tanjungpinang Letkol Inf Eka Ganta Chandra dan Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo.

Pesan Danrem 033/WP
Danrem 033/WP Brigjen TNI Jimmy Watuseke menyampaikan, kegiatan TMMD ke-119 dilaksanakan berkat dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Bintan. Pelaksanaan semenisasi jalan tersebut amat membantu warga. Terutama para pelajar di daerah tersebut.

“Seperti yang disampaikan Pak Bupati tadi, ini sangat membantu masyarakat,” kata Jimmy Watuseke saat memberikan keterangan pers.

Baca Juga :  Semifinal Piala AFF Suzuki 2020: Singapura Vs Indonesia, Witan Sulaeman Bawa Keunggulan Tim Garuda

Brigjen TNI Jimmy Watuseke mengatakan, selain pembangunan infrastruktur jalan, kegiatan TMMD ke-119 tahun 2024 Kodim 0315/Tanjungpinang ini turut dilaksanakan beberapa kegiatan sosial lainnya. Seperti pengobatan gratis, khitanan massal, pelayanan KB gratis, serta seminar bela negara.

Bupati Bintan Roby Kurniawa mengecek kesehatan usai upacara pembukaan TMMD ke-119 Kodim 0315/Tanjungpinang.

“Kita berharap dalam pelaksanaan masyarakat bersama kami (TNI) bisa sama-sama menyukseskannya. Kami mendorong semangat gotong royong,” ujar Danrem 033/WP Kepri.

Jimmy Watuseke menyebutkan, pada kegiatan TMMD ke-119 ini, pelaksanaan semenisasi akan raampung dalam waktu 30 hari ke depan.

“Dimulai tanggal 20 Februari, selesai tanggal 20 Maret. Sebelumnya juga ada kegiatan Pra TMMD. Untuk pelaksanaannya, kawan-kawan wartawan juga boleh pantau. Kalau ada masalah di lapangan, lapor kepada saya. Karena, kegiatan ini diawasi oleh pusat,” demikian pesan Danrem 033/WP Brigjen TNI Jimmy Watuseke.

Ketua TP-PKK Bintan Hafizha Rahmadhani dan Ketua GOW Sabine Rohden serta Ketua Persit Kodim 0315/Tanjungpinang turut berfoto bersama.

Semenisasi Jalan Menuju Sekolah
Sebelumnya, Dandim 0315/Tanjungpinang Letkol Inf Eka Ganta Chandra SIP MIP melaporkan, TMMD ke-119 tahun ini merupakan program pusat dan juga mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Bintan. Pada TMMD ini dibangun jalan semenisasi menuju sekolah SDIT An Nahl, Teluk Lobam. Pembangunannya dilaksanakan secara gotong royong, TNI dan masyarakat.

“Semenisasi jalan tersebut sepanjang 570 meter, dengan lebar 4 meter dan tingginya 15 sentimeter. Pembangunan jalan menuju sekolah ini berlokasi di jalan menuju SDIT An Nahl, Kelurahan Teluk Lobam, Kabupaten Bintan,” sebut Dandim saat menyampaikan laporan pada upacara pembukaan TMMD ke-119 di GOR Megat Alang Perkasa Desa Busung.

Jalan yang dibangun tersebut, kata Letkol Inf Eka Ganta Chandra, tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat. Terutama bagi pelajar yang ingin menuju sekolah SDIT An Nahl. Karena jalanan tersebut merupakan akses utama di wilayah tersebut.

Ketua TP-PKK Bintan Hafizha Rahmadhani dan Ketua GOW Sabine Rohden serta Ketua Persit Kodim 0315/Tanjungpinang meninjau pelayanan KB gratis.

“Pembangunan jalanan ini selesai selama 30 hari. Dalam pelaksanaannya juga akan diawasi oleh pusat,” sebut Dandim 0315/Tanjungpinang.

Baca Juga :  Capt Wisnu Wijayanto Direktur Utama Batik Air yang Baru

Selain pembangunan jalan menuju SDIT An Nahl, misi TMMD ke-119 di Bintan juga dilaksanakan kegiatan fisik berupa pembangunan RTLH dan pembuatan dua unit sumur untuk warga. Kegiatan ini berasal dari bantuan Baznas Kabupaten Bintan. Bantuan tersebut diserahkan langsung Ketua Baznas Kabupaten H Suryono kepada Dandim 0315/Tanjungpinang untuk melaksanakan pada Program TMMD tersebut sebesar Rp 55,494 juta.

Sedangkan bantuan dari Pemkab Bintan untuk TMMD ke-119 ini sebesar Rp1 miliar. NPHD bantuan dari Pemkab Bintan tersebut ditandatangani oleh Bupati Bintan Roby Kurniawan bersama Dandim 0315/Tanjungpinang Letkol Inf Eka Ganta Chandra.

Bupati Bintan Roby Kurniawan bersama Danrem 033/WP Brigjen Jimmy Watuseke meninjau kegiatan sosial usai upacara pembukaan TMMD ke-119 Kodim 0315/Tanjungpinang di GOR Megat Alang Perkasa.

Andil Polres Bintan
Selain TNI, kegiatan TMMD ke-119 ini juga andil dari pihak kepolisian, Polri. Polres Bintan mengirimkan 1 pleton personelnya, serta 1 pleton Brimobda Kepri Batalyon B Pelopor untuk mengikuti upacara pembukaan tersebut.

“Kami mengirimkan 1 pleton pasukan dari Polres Bintan, yang nanti akan mengikuti dan bergabung dengan rekan-rekan TNI dalam membangun desa,” sebut Kapolres Bintan.

AKBP Riky berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mewujudkan sinergitas TNI/Polri yang kuat dan solid. Serta bergabung dengan masyarakat dalam membangun desa baik membangun secara fisik maupun membangun secara meltal.

Bupati Bintan Roby Kurniawan menyerahkan alat kerja kepada perwakilan TNI, Polri dan BPBD Bintan. F- diskominfo bintan

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini sinergitas kami dengan rekan-rekan TNI, dapat terus menjadikan kami kuat dan solid dalam mempertahankan dan menjaga keamanan Indonesia. Khususnya teritorial Bintan. Dan masyarakat akan merasakan kehadiran TNI dan Polri di tengah mereka,” harap AKBP Riky Iswoyo. (adv/yen)

Editor: Sigik RS
Foto: Diskominfo Bintan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *