banner 728x90
Sekdaprov Kepri Adi Prihantara dan pejabat Kemenparekraf memperlihatkan naskah serah terima lahan untuk pembentukan UPT Bidang Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Sabtu (17/2/2024). F- diskominfo kepri

Kepri Jadi Pilot Project Pembentukan UPT Bidang Ekonomi Kreatif Kemenparekraf RI

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Pertama untuk daerah se-Indonesia, Kepri menjadi pilot project pembentukan UPT Bidang Ekonomi Kreatif Kemenparekraf RI. Tempat pendirian UPT Bidang Ekonomi Kreatif Kemenparekraf di Provinsi Kepri ini, yaitu di kawasan taman Gurindam 12, Tanjungpinang.

Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau Adi Prihantara membuka sosialisasi pembentukan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bidang Ekonomi Kreatif, di Ballroom Aston Tanjungpinang Hotel and Conference Center, Tanjungpinang, Sabtu (17/2/2024).

Kegiatan ini disejalankan juga dengan penandatanganan naskah Perjanjian Hibah dan berita acara serah terima lahan dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI yang diwakili oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Hatiyanto.

Lahan yang diserahterimakan untuk pembangunan UPT Bidang ekonomi dan Kreatif Kemenparekraf RI ini seluas 6.643 meter persegi, di kawasan Gurindam 12 Tanjungpinang. Lahan UPT ini nantinya akan terdiri dari berbagai fasilitas ruang publik. Seperti asrama, galery seni, area pentas indoor, area pentas seni terbuka, viewing deck roof top, food court hingga area display produk ekonomi kreatif untuk UMKM.

Baca Juga :  Jumat Ini, PWI Bintan Menggelar Konferkab

Sebelumnya pada Video tapping yang ditayangkan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno, mengapresiasi Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau yang telah terlibat dan dan senantiasa berkolaborasi secara aktif dalam inisiasi pembentukan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bidang Ekonomi Kreatif di Provinsi Kepulauan Riau yang merupakan pilot project pertama di daerah.

Dirinya juga berharap semangat memajukan ekonomi kreatif di Indonesia ini dapat terus terjaga serta menjadi perhatian dan komitmen bersama baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

“Mari jadikan momentum ini untuk semakin Gercep, Geber dan Gaspol dalam mewujudkan UPT bidang ekonomi kreatif. Saya yakin UPT bidang ekonomi kreatif ini nantinya dapat menjadi katalisator untuk memperkuat ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia yang sejalan dengan sasaran pengembangan ekonomi kreatif pada rancangan akhir Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional tahun 2025-2045 yaitu penguatan kelembagaan ekonomi kreatif di Tingkat provinsi,” ajaknya.

Baca Juga :  Polda Kepri Menggagalkan Pengiriman 42 TKI Ilegal ke Malaysia, Cek Asal Korbannya

Dengan hadrinya UPT ini, menurut Sekdaprov Kepri Adi Prihantara, satu kebanggaan. Namun sebagai pemerintah daerah, tidak boleh hanya berpangku tangan dan menengadahkan tangan. Namun harus terus bekerja keras menyambut kolaborasi ini. Karena tidak hanya Dinas Pariwisata yang akan bekerja ke depan. Namun ada kerja sama antardinas lainnya. Di antaranya Dinas UMKM, Dinas Tenaga Kerja serta Dinas Seni dan Budaya.

“Banyak sekali yang terlibat di dalamnya. Oleh sebab itu kita dituntut di daerah menyambut kehadiran UPT ini bersama-sama mengembangkan ekonomi kreatif. Kita di Kepri memiliki potensi yang cukup tinggi khususnya nanti kalau kita sandingkan dengan keinginan Gubernur akan transformasi ekonomi. Kita membuat transformasi baru yang namanya blue ekonomi di mana laut mensejahterakan darat. Jadi nanti potensi-potensi laut yang bisa dibuat dalam kerangka ekonomi kreatif kita coba kembangkan dan tentunya itu perlu pemikiran serta kerja keras kita semua,” jelas Adi Prihantara.

Sekdaprov Kepri Adi Prihantara mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI yang akan membuka UPT di Provinsi Kepri. Ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan ekonomi kreatif di Indonesia.

Baca Juga :  Ini Sikap PSSI Tatkala Shin Tae-yong Gagal Lagi

“Tentunya harapan yang lebih tinggi sangat-sangat kita inginkan karena ingin mewujudkan visi misi Bapak Gubernur yaitu di antaranya menjadikan Provinsi Kepulauan Indonesia yang maju, berdaya saing, dan berbudaya,” demikian Adi Prihantara.

Semoga dengan hadirnya UPT ini Kepulauan Riau dapat memasarkan produk ekonomi kreatif dengan terciptanya nilai tambah bagi pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah. Hadirnya UPT ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat pada pertumbuhan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan peningkatan lapangan kerja di Kepri.

“Kemudian rencana pembangunan UPT ini dapat menjadi gerbang peluang dan kerjasama dengan luar negeri yang berpotensi pada optimalisasi pengembangan dan pemasaran produk ekonomi kreatif,” tutupnya.

Turut hadir Inspektur Utama Kemenpar Ekraf Bayu Aji, Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenpar Ekraf Oneng Setya Harini, Tim Percepatan Pembangunan Nazaruddin serta beberapa Kepala OPD Provinsi Kepri. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *