banner 728x90
Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Bupati Karimun Aunur Rafiq meresmikan serta meninjau CT Scan dan Mamografi di RSUD Muhammad Sani Karimun, Selasa (6/2/2024). F- diskominfo kepri

RSUD Muhammad Sani Karimun Punya CT Scan dan Mamografi, Begini Pesan Ansar Ahmad

Komentar
X
Bagikan

Karimun, suaraserumpun.com – RSUD Muhammad Sani di Tanjung Balai Karimun kini semakin mumpuni dalam melayani kesehatan masyarakat Kabupaten Karimun, dengan hadirnya alat CT Scan dan Mamografi. Begini pesan Ansar Ahmad Gubernur Kepri pada saat peresmian alat tersebut.

Sebelumnya, masyarakat Karimun yang ingin melakukan pemeriksaan dengan CT Scan atau Mamografi harus menjalani rujukan ke rumah sakit di Batam apabila ingin melakukan pemeriksaan tersebut.

Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad dan Bupati Karimun Aunur Rafiq berkesempatan meresmikan langsung beroperasinya dua alat tersebut sekaligus syukuran akreditasi paripurna yang diraih RSUD Muhammad Sani, Selasa (6/2/2024).

CT scan dan Mamografi adalah dua jenis pemeriksaan yang menggunakan sinar-X untuk mengambil gambar bagian dalam tubuh. CT scan dapat menghasilkan gambar yang detail dari banyak struktur di dalam tubuh, termasuk organ internal, pembuluh darah, dan tulang. Adapun Mamografi digunakan untuk mendeteksi adanya pertumbuhan atau perubahan abnormal pada jaringan payudara, termasuk untuk mengetahui keberadaan kanker.

Baca Juga :  Cen Sui Lan Desak Menhub Buka Rute Roro Mini ke Senayang Lingga

Hadirnya dua alat tersebut sangat diapresiasi Gubernur Kepri Ansar Ahmad. Gubernur menyebutkan, dengan semakin meningkatnya layanan kesehatan di RSUD Muhammad Sani maka pemerataan kesehatan di Provinsi Kepulauan Riau semakin merata dan terjangkau masyarakat.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengungkapkan bahwa meningkatnya pemerataan kesehatan di Provinsi Kepulauan Riau sangat penting karena kondisi geografis Kepri yang terdiri dari banyak pulau dan dipisahkan lautan.

“Kita ingin seluruh masyarakat Kepri bisa menjangkau semua jenis pelayanan kesehatan dan pemeriksaan, dengan hadirnya CT scan dan Mamografi di RSUD ini maka masyarakat Karimun tidak perlu lagi jauh-jauh jika membutuhkan perawatan,” kata Gubernur Kepri.

Baca Juga :  Dramatis! Liverpool Juara Carabao Cup 2021-2022 dengan Skor 11-10

Gubernur Kepri Ansar Ahmad berpesan agar RSUD Muhammad Sani terus melakukan inovasi dan peningkatan layanan kesehatan untuk masyarakat. Terlebih dengan diraihnya akreditasi paripurna maka hal tersebut semestinya menjadi pemacu semangat untuk jajaran RSUD Muhammad Sani memberikan yang terbaik untuk masyarakat.

“Saya sangat mengapresiasi diraihnya akreditasi paripurna, artinya pelayanan dan fasilitas RSUD Muhammad Sani telah diakui dan itu harus dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi,” ucap Gubernur Kepri.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengungkapkan, hadirnya alat CT scan dan Mamografi ini adalah kerja keras Pemerintah Kabupaten Karimun dan manajemen RSUD Muhammad Sani untuk menjawab kebutuhan masyarakat.

Baca Juga :  Saksi PDIP Karimun Desak Segera PSU di TPS 009 Sawang Selatan

Aunur Rafiq mengatakan, pengadaan dua alat ini membutuhkan satu tahun dengan biaya Rp 13 miliar untuk CT scan dan Rp 4 miliar untuk mamografi. Meskipun dua alat ini sudah datang pada Desember 2023, namun membutuhkan izin dari BAPETEN (Badan Pengawas Tenaga Nuklir) untuk pengoperasiannya.

“Sekarang dengan adanya dua alat ini masyarakat Karimun tak perlu lagi jauh-jauh kalau mau berobat, kami tau betul masyarakat Karimun butuh betul alat ini,” kata Aunur Rafiq.

Aunur Rafiq mengungkapkan, diraihnya akreditasi paripurna RSUD Muhammad Sani patut diapresiasi, ditambah ada enam puskesmas di Karimun yang juga meraih akreditasi paripurna. (nurul atia/ion)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *