banner 728x90
Bupati Karimun Aunur Rafiq dan undangan melakukan groundbreaking PLTS PT Karimun Power Plantm Rabu (7/2/2024). F- ist

Bupati Karimun Menghadiri Groundbreaking PLTS PT Karimun Power Plant

Komentar
X
Bagikan

Karimun, suaraserumpun.com – Bupati Karimun Aunur Rafiq menghadiri groundbreaking atau peletakan batu pertama pembagunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) PT Karimun Power Plant di Parit Rempak, Meral, Rabu (7/2/2024).

“Pemerintah Kabupaten Karimun menyambut baik pelaksanaan groundbreaking PT KPP hari ini. Saya kira main-main, ternyata benar adanya,” kata Aunur Rafiq

Menurutnya, penggunaan daya listrik di Karimun akan terus meningkat seiring dengan kemajuan pembangunan di semua bidang, khusus untuk keperluan industri. Untuk itu, hadirnya PT KPP membangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) akan sangat membantu ketersedian daya listrik. Selain itu, investasi ini akan membuka lapangan pekerjaan warga sekitar Perusahaan. Seperti pengembangan UMKM dan lainnya.

Baca Juga :  Piala Gubernur Kepri Zona Bintan: Bintanesia Lolos ke Semifinal, Racing Club Jr Tersingkir

Wakil Ketua I DPRD Provinsi Kepri, Rizki Faisal mengatakan, pembangunan PLTS ini sebagai kontribusi pada kelestarian lingkungan. Serta merupakan bentuk pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) untuk mengurangi emisi karbon.

Dengan adanya pembangunan PLTS ini, investor tertarik dengan Karimun. Semakin banyaknya investor masuk, tentunya masyarakat setempat akan mendapatkan pekerjaan yang layak dan terjadi peningkatan ekonomi yang lebih baik lagi.

Wawan pengawas project menerangkan, tahap awal ini telah dibangun panel PLTS di atas lahan seluas 1 hektare yang menghasilkan daya listrik 1 megawatt (MW), dengan investasi dana sekitar Rp1,1 triliun.

Baca Juga :  Gubernur Kepri Menyerahkan Bantuan untuk Nelayan Bintan pada Peringatan Hari Nusantara

“Akan menyediakan pasokan listrik hingga 10 megawatt hingga akhir tahun 2024. Untuk penambahan daya lahan yang akan digarap sekitar 18,5 hektare,” sebutnya.

“Tahap awal ini 1 MW, dan telah ada perusahaan yang menjajaki untuk suplai listrik dari PT KPP. Selain bersumber dari tenaga surya, juga akan menghasilkan listrik dari biomassa,” tutupnya. (nurul atia/ion)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *