banner 728x90

Perusahaan Asal Jepang Dukung Aksi PWI Kepri Tanam Mangrove di Sungai Tiram Bintan

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Sejumlah perusahaan asal Jepang diwakili YL Forest Co Ltd dan Ricoh Group mendukung aksi penanaman mangrove yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) di Sungai Tiram, Desa Penaga, Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan, Kepri, Selasa (6/2/2024). Penanaman bibit mangrove ini rangkaian agenda road to Hari Pers Nasional (HPN) 2024 di Provinsi Kepri. Puncak HPN 2024 akan digelar di Ancol, Jakarta, 20 Februari 2024.

“Sejak tahun 2020, Ricoh Group memberikan dukungan kepada para pecinta mangrove Indonesia untuk melakukan kegiatan penanaman mangrove di sini. Termasuk aksi penanaman mangrove yang digelar PWI Kepri hari ini,” kata Mai Takahashi juru bicara Ricoh Group kepada wartawan di sela penanaman bakau di Sungai Tiram, Selasa (6/2/2024) siang tadi.

Baca Juga :  Begini Penilaian Kepala Ombudsman Kepri Terhadap Layanan 'Pelanduk Bersemedi' Disdukcapil Natuna

Menurut Mai, selain Indonesia, perusahaan elektronik tempatnya bekerja itu, juga rutin melakukan kegiatan penanaman mangrove di Jepang dan Philipina bersama pecinta mangrove setempat.

“Kami mendukung kegiatan ini karena dampaknya yang luar biasa terhadap lingkungan. Selain dapat menyerap karbon dioksida (CO2), mangrove juga dapat menghasilkan oksigen (O2) yang sangat penting untuk kehidupan dan lingkungan sekitar,” katanya.

Presiden Direktur YL Forest Co Ltd Naoto Akune menambahkan, kegiatan penanaman mangrove yang dilakukan pihaknya di Pulau Bintan sudah berlangsung sejak tahun 2010 lalu.

Baca Juga :  Gubernur Kepri: 2024, Plafond Kredit Nol Persen Dimaksimalkan hingga Rp40 Juta

“Dulu, kami memulainya dengan luas 2 hektare dengan sistem silvofishery. Yaitu memadukan konsep budi daya udang dengan pelestarian mangrove di dalamnya. Sekarang, luasnya semakin berkembang karena didukung masyarakat setempat,” jelasnya.

Ketua PWI Kepri Andi Gino mengapresiasi atas keterlibatan berbagai pihak. Termasuk para pecinta mangrove Indonesia dan Jepang, perusahaan YL Forest Co Ltd dan Ricoh Group dalam aksi penanaman mangrove sempena Hari Pers Nasional (HPN) 2024 yang jatuh pada tanggal 9 Februari 2024 ini.

“Atas nama pengurus PWI Kepri, kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas dukungan teman-teman pecinta mangrove Indonesia dan Jepang. Insya Allah, kegiatan penanaman mangrove tahun ini akan kami jadikan agenda rutin setiap tahun sempena HPN,” katanya.

Baca Juga :  RUU Daerah Kepulauan Masuk Prolegnas, Tapi Tak Disahkan DPR RI

Aksi penanaman mangrove PWI Kepri bersama pecinta mangrove Indonesia dan Jepang ini diikuti sekitar 100 orang peserta dari anggota dan pengurus PWI Kepri dan masyarakat setempat. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *