banner 728x90

Begini Tanggapan Politisi hingga Masyarakat Terhadap Kinerja Cen Sui Lan Selama Mewakili Rakyat Kepri

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri) mendapat pelbagai aplaus dan pujian, selama mewakili rakyat Kepri di pusat. Seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Kepri mendapat sentuhan pembangunan dari aspirasi Cen Sui Lan. Begini tanggapan politisi dan pengamat hingga masyarakat terhadap kinerja Cen Sui Lan selama mewakili rakyat Kepri di DPR RI.

Cen Sui Lan dilantik sebagai Anggota DPR RI pada tahun 2020 lalu. Kinerja Cen Sui Lan sebagai wakil rakyat Kepri di Senayan telah terlihat nyata dirasakan. Hal itu disampaikan masyarakat, pengamat hingga politisi dari beberapa partai.

Melansir dari kepripedia.com, Cen Sui Lan tokoh perempuan dari Partai Golkar di Komisi V DPR RI ini, menunjukkan kehadiran dan tanggung jawab yang diembannya untuk kepentingan masyarakat secara konsisten. Sejak awal dilantik hingga di ujung masa jabatannya di DPR RI di periode 2019-2024 ini, telah banyak fasilitas yang berasal dari aspirasi masyarakat Kepri setiap kabupaten/kota yang direalisasikan Cen Sui Lan.

Mulai dari dukungan sarana prasana pendidikan, peningkatan infrastuktur jalan, hingga fasilitas keagamaan. Cen Sui Lan juga kerap turun langsung menemui masyarakat hingga berbagi langsung sebagai bentuk kepeduliannya kepada masyarakat. Bahkan giatnya yang cukup aktif membuatnya dinobatkan sebagai politisi perempuan dari Partai Golkar populer.

Dari kerja kerasnya, wajar saja ketika pujian pun berdatangan untuk Cen Sui Lan. Di antaranya dari mantan Wali Kota Tanjungpinang Hj Rahma. Bahkan, Hj Rahma merasakan langsung berhubungan dengan seorang Cen Sui Lan, hingga akhirnya dapat merealisasikan berbagai kegiatan pembangunan fisik di Kota Gurindam. Salah satunya revitalisasi pasar baru dan jalan.

Baca Juga :  Cegah Korupsi, Pemko Tanjungpinang dan KPK Bahas Aset Peninggalan PT Antam

“Terbukti berkat bantuan beliau, pasar baru yang akan diresmikan nanti, saya tidak bisa berkata-kata dan berterima kasih, hanya Allah lah yang dapat membalas kebaikan Ibu,” ungkap Rahma dalam sambutannya saat syukuran peresmian Jalan Nusantara City, Minggu (28/1/2024) pekan kemarin.

Rahma juga mengungkapkan upayanya mewujudkan pembangunan pasar baru, nyaris putus asa hingga akhirnya ia ditunjukkan jalan melalui Cen Sui Lan.

“Satu-satunya Anggota DPR RI mewakili Kepri yang selalu pulang dan mendengar kebutuhan masyarakat hanya beliau,” tegas Rahma seraya menunjukkan tangannya kepada Cen Sui Lan.

Sepak terjang Cen Sui Lan yang dilantik sebagai anggota DPR RI, untuk sisa masa jabatan 2019-2024 awalnya sempat diragukan berbagai pihak. Pasalnya Cen Sui Lan hanya meraih suara belasan ribu pemilih saja, angka itu kalah jauh dibanding suara Ansar Ahmad, tokoh yang digantikannya di gedung Senayan.

Menurut Pengamat Pemerintahan, Zamzami A Karim, kerja keras Cen Sui Lan selama ini sudah cukup maksimal. Menurutnya, pada Pemilu sebelumnya, Cen Sui Lan hanyalah Anggota DPR RI merupakan Pengganti Antar Waktu (PAW) dengan jumlah suara tidak terlalu signifikan. Dirinya yang saat ini kembali akan bertarung mempertahankan kedudukannya, maka memang harus bekerja lebih keras lagi untuk menunjukkan kepada publik, bahwa dirinya memang layak dipilih.

Baca Juga :  HUT Ke-16, BPR Bintan Me-Launching Aplikasi E-Wallet BiEaSy, Simak Manfaatnya

“Saya melihat kinerja Cen Sui Lan yang sering kunjungan ke daerah-daerah, sudah tepat. Sebab, saat melakukan kunjungan dan menunjukkan hasil kerja pembangunan adalah cara yang baik untuk meyakinkan masyarakat,” jelas Dosen STISIPOL Raja Haji Tanjungpinang ini.

Zamzami membandingkan tindak tanduk Cen Sui Lan dengan 4 wakil rakyat lainnya. Menurutnya, tidak semuanya melakukan seperti apa yang dilakukan oleh Cen Sui Lan.

“Waktu mau dekat pemilihan wakil rakyat, baru datang ke masyarakat. Hingga balihonya ada di mana-mana. Saat duduk di DPR sama sekali tidak pernah ke daerah, berbicara dan mendengarkan apa kebutuhan masyarakat, apa yang mereka perjuangkan selama ini tidak nampak. Bahkan kegiatannya juga tak diketahui publik,” ucap Zamzami A Karim.

Tak hanya dari politisi dan pengamat, pujian dan apresiasi juga datang dari pernyataan masyarakat. Seperti disampaikan penerima bantuan program BSPS atau bedah rumah di Lingga, Saron, yang mengungkapkan bahwa proses pembangunan bedah rumah berjalan dengan baik dan tanpa kendala.

Ia pun menyampaikan bahwa masyarakat penerima merasa bersyukur dan berterima kasih kepada Bu Cen Sui Lan atas bantuannya.

Baca Juga :  Puluhan Pengusaha UMKM Diberikan Pembinaan Melalui Program Inkubasi Bisnis

“Kualitas Material pembangunan berdasarkan SOP sesuai dengan SNI serta permintaan dari rembuk kelompok di desa kami sebagai penerima bantuan program BSPS dan kesepakatan baik harga maupun kualitasnya, Alhamdulillah distribusinya aman sampai ke lokasi,” katanya pada November 2023 lalu.

Hal senada juga disampaikan oleh Asnah, penerima program BSPS lainnya, dirinya sangat terimakasih dan berharap agar Bu Cen Sui Lan terpilih kembali menjadi anggota DPR RI Dapil Kepri untuk terus memperjuangkan program BSPS.

Tak hanya itu, Aziz Kasim Joe bersama Adrianus Ketua RT di Jalan Nusantara City juga mengapresiasi kinerja Cen Sui Lan. Di mana ia bercerita, bagaimana dulunya masyarakat di kawasan tersebut, berpuluh tahun menghadapi penderitaan mengenai kondisi jalan berlumpur dan becek. Kini, jalan Nusantara City 1 dan Jalan Nusantara 2 di Sei Jang, sudah mulus dan beraspal berkat bantuan Cen Sui Lan di Senayan.

“Setelah Jalan Kampung Nusantara 1 dan Jalan Kampung Nusantara 2 diaspal, maka kawasan daerah ini bukan Kampung lagi. Sejak diaspal, sekarang diberikan dan berubah menjadi kawasan Nusantara City. Maka, namanya Jalan Nusantara City,” ujarnya.

Cen Sui Lan kini mencalonkan diri lagi sebagai anggota DPR RI Dapil Kepri melalui partai Golkar dengan nomor urut 2. Harapannya, Cen Sui Lan terus memberi manfaat bagi masyarakat Kepri. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *