banner 728x90
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar melakukan peletakan batu pertama pembangunan krematorium Yayasan Rumah Duka Batu Aji Kota Batam bersama Irjen Pol Drs Yan Fitri Halimansyah Kapolda Kepri, Sabtu (20/1/2024). Turut serta Rahman Arief Dienaputra, Haripinto Tanuwijaya, Supriyadi, Cakra Nagara, Fasri Bachmid, Dino serta undangan lainnya. F- nurul atia/suaraserumpun.com

Cen Sui Lan: Pertama Dalam Sejarah RI, Krematorium Terbesar di Kepri Dibangun dengan Uang Negara

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri membikin sejarah, dalam pembangunan krematorium terbesar di Kepri. Pembangunan ini sekaligus pertama juga dalam sejarah Republik Indonesia (RI), gedung krematorium terbesar di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dibangun dengan uang negara mencapai Rp24 miliar.

Sejak pertengahan tahun 2022 lalu, Cen Sui Lan berjuang untuk mendapatkan dana pusat (APBN) guna pembangunan gedung kremasi atau krematorium di Kota Batam, Provinsi Kepri. Perjuangan tersebut dijalani Cen Sui Lan, setelah mendapat aspirasi dari Yayasan Rumah Duka Batu Aji, Kota Batam. Hal itu tak lepas dari sikap peduli dan merakyat seorang sosok Cen Sui Lan yang akrab disapa Aisyah ini.

Perjuangan Cen Sui Lan tak mudah seperti membalikkan telapak tangan, banyak lika liku yang dihadapinya. Lebih dari 1 tahun 6 bulan dia memperjuangkan anggaran untuk pembangunan gedung krematorium Yayasan Rumah Duka Batu Aji, Kota Batam itu. Mulai dari mengurus Readiness Criteria (RC).

Serta mengurus persyaratan administrasi seperti rekomendasi dari Dirjen Bimas Buddha Kementerian Agama RI yang fungsionalnya ada di kementerian tersebut. Hingga menyuarakan di Komisi V DPR RI saat rapat kerja maupun rapat dengar pendapat dengan Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR. Kini, pembangunan krematorium terbesar di Provinsi Kepri tersebut sudah dimulai.

Cen Sui Lan, Irjen Pol Yan Fitri Halimansyah, Rahman Arief Dienaputra, Prof Pilips Kuncoro Wijaya, Asmin Patros, Rudi Tan dan Pengurus Permabudi berfoto bersama dalam acara peletakan batu pertama pembangunan gedung krematorium terbesar Kepri di Batu Aji, Kota Batam. F- nurul atia/suaraserumpun.com

Sabtu (20/1/2024), pembangunan krematorium terbesar di Kepri, tepatnya di Batu Aji, Kota Batam, sudah dimulai. Ditandai dengan ground breaking atau peletakan batu pertama oleh Cen Sui Lan.

Baca Juga :  Gawat! Ada Praktik Prostitusi ABG di Tanjungpinang, Tarifnya Wow

Selain Cen Sui Lan, peletakan batu pertama pembangunan krematorium Yayasan Rumah Duka Batu Aji Kota Batam itu turut dilakukan oleh Rahman Arief Dienaputra Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR dan Haripinto Tanuwijaya Anggota DPD RI Perwakilan Kepri, Supriyadi Dirjen Bimas Buddha Kementerian Agama. Serta Irjen Pol Drs Yan Fitri Halimansyah Kapolda Kepri.

Turut serta meletakan batu pertama pembangunan gedung krematorium yang dianggarkan Rp24 miliar lewat BP2W Kepri Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR itu para pejabat tinggi pemerintah pusat lainnya. Di antaranya Cakra Nagara Direktur Bina Penataan Bangunan (BPB) Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR. Fasri Bachmid Kepala BP2W Kepri Ditjen Cipta Karya, Dino Kepala BP2P Kepri-Riau-Sumbar Ditjen Perumahan.

Hadir pula tokoh organisasi nasional yang hadir adalah Prof Phlips Kuncoro Wijaya Ketua Umum DPP Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi), Datok Paulus Amat Tantoso Ketua Umum DPP APVA dan Dewan Pendiri Yayasan Rumah Duka Batu Aji Batam sekaligus Ketua Panitia Peletakan Batu Pertama. Turut serta Randi Tan Ketua PSMTI Provinsi Kepri, Ayong Ketua Dewan Pembina Yayasan Rumah Duka Batu Aji sekaligus owner Cipta Group pengembang terbesar di Batam.

Baca Juga :  Kejurnas Tenis Junior PTPN V, Khansa Rahma dan Aksa Mengalahkan Petenis Peringkat

Asmin Patros Anggota DPRD Provinsi Kepri pun turut serta melakukan pelatakan batu pertama pembangunan krematorium terbesar di Kepri tersebut. Serta Hendra Asman Anggota DPRD Kota Batam. Tan Atie Anggota DPRD Kota Batam, Li Khai Anggota DPRD Kota Batam. Turut berpartisipasi tokoh agama, suku, etnis dan para pengusaha Hengky Suryawan yang juga Ketua Permabudhi Provinsi Kepri. Rudi Tan Ketua Permabudhi Kota Batam. Seluruh ketua organisasi marga Tionghoa se-Kepri juga hadir dalam kegiatan tersebut. Seperti Acun Tan, Among Hartojo, Cintarso.

“Saya hari ini berbahagia dan senang sekali. Selama 1 setengah tahun lebih memperjuangkan anggaran pembangunan gedung krematorium Yayasan Rumah Duka Batu Aji Batam ini. Mulai dari mengurus RC, persyaratan administrasi, sampai dengan menyampaikannya di setiap RDP maupun Raker di Komisi V,” ujar Cen Sui Lan saat menyampaikan sambutan pada saat seremoni peletakan batu pertama pembangunan krematorium Yayasan Rumah Duka Batu Aji Batam tersebut.

Baca Juga :  Polres Bintan Buka Gerai Vaksinasi Presisi buat 350 Napi di Lapas Tanjungpinang

“Mengenai pembangunan sarana prasarana ini ada di Kementerian PUPR, yang menjadi mitra Komisi V DPR RI. Bersyukur, saya sebagai Anggota Komisi V DPR RI mempunyai kewenangan itu,” sambungnya.

Cen Sui Lan menyampaikan sambutan pada seremoni peletakan batu pertama pembangunan gedung krematorium Yayasan Rumah Duka Batu Aji Batam. F- nurul atia/suaraserumpun.com

Alhamdulillah, lanjut Cen Sui Lan, Sabtu (20/1/2023), sudah dimulai direalisasikan pembangunan gedung krematorium terbesar dan pertama kali dalam sejarah Republik Indonesia. Ini bukti dan sejarah, Negara hadir untuk pembangunan gedung krematorium. Cen Sui Lan juga bersyukur, dengan kehadiran para pejabat tinggi Negara serta Kapolda Kepri, pada saat ground breaking pembangunan krematorium terbesar di Kepri tersebut.

Cen Sui Lan pun merasa puas dan bangga bisa memberikan kontribusi nyata dan bersama membangun umat, daerah, bangsa dan Negara tercinta.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang berpartisipasi dan menghadiri peristiwa bersejarah ini,” tutur Cen Sui Lan. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *