banner 728x90
Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo dan Kasi Propam Polres Bintan AKP Sugiono mengecek senjata pelontar gas air mata untuk menghadapi kampanye rapat umum Pemilu 2024, Kamis (18/1/2024). F-dok/suaraserumpun.com

Polres Bintan Menyiapkan Senjata Pelontar Gas Air Mata Menjelang Masa Kampanye Rapat Umum Pemilu 2024

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Polres Bintan menyiapkan senjata pelontar gas air mata, menjelang memasuki masa kampanye rapat umum (terbuka) Pemilu 2024, mulai akhir pekan ini. Senjata gas air mata dan peralatan lainnya sudah dicek oleh Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo, Kamis (18/1/2024).

Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo SIK MM melakukan pemeriksaan kendaraan dinas dan peralatan dinas yang dioperasikan oleh personel Satuan Sabhara Polres Bintan, Kamis (18/1/2024) pagi tadi. Saat pemeriksaan kendaraan dinas dan peralatan dinas serta senjata gas air mata tersebut, Kapolres Bintan didampingi Kabagops Polres Bintan AKP Monang P Silalahi SH, Kasat Samapta Polres Bintan AKP Fredyando MS SM, dan Kasi Propam Polres Bintan AKP Sugiono.

Baca Juga :  Berstatus PPKM Level 1, Ini Ketentuan PPDN di Provinsi Kepri

Untuk kendaraan dinas yang dilakukan pemeriksaan adalah kendaraan patroli roda 4 dan sepeda motor. Selain dari kendaraan patroli juga dilakukan pemeriksaan terhadap kendaraan yang digunakan untuk pengamanan pengendalian massa berupa mobil AWC atau mobil semprot air, mobil pembawa kawat security barrier, dan sepeda motor Trail 250.

Juga dilakukan pemeriksaan terhadap peralatan dalmas. Yaitu senjata dalmas, senjata pelontar (gas air mata) laras panjang, senjata pelontar pendek. Serta perlengkapan dalmas seperti tameng, rompi, pelindung tangan dan kaki, tongkat dalmas, apar, portable acoustic, megaphone, long range acoustic device dan lainnya.

Saat pemeriksaan peralatan, Kapolres Bintan beserta Kabagops memeriksa langsung dan mencoba penggunaannya. Guna memastikan apakah peralatan dalmas tersebut dalam keadaan baik atau dalam keadaan rusak.

Baca Juga :  Reses Masa Sidang III 2023 DPRD Bintan, Pendidikan hingga Infrastruktur Belum Lepas dari Keluhan Warga

Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo SIK MM mengatakan, pemeriksaan kendaraaan dinas dan peralatan dinas tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa kendaraan dan peralatan tersebut dalam keadaan baik dan bisa digunakan sewaktu-sewaktu.

“Kita juga mempraktikkan langsung penggunaannya dan memastikan bahwa operatornya benar-benar bisa menggunakannya sesuai dengan SOP,” tambah Kapolres Bintan.

“Alhamdulilah seluruh peralatan yang dimiliki oleh Polres Bintan yang digunakan untuk pengendalian massa dapat berfungsi dengan baik. Demikian juga dengan operatornya dapat mengoperasikannya dengan baik,” sambungnya.

Saat ini, untuk tahapan Pemilu sudah masuk kampanye. Dan sebentar lagi sudah masuk dalam tahap kampanye terbuka atau rapat umum. Sehingga diperlukan perlengkapan Dalmas yang efektif.

Baca Juga :  Hari Jadi Pertama PBB Karimun, Ansar Ahmad Menyanyikan Lagu Mardua Holong

“Kami tidak menginginkan adanya kerusuhan dan kericuhan saat pelaksanaan rapat terbuka nantinya. Jika terjadi kerusuhan dan kericuhan, kami dari Polres sudah mempersiapkan perlengkapan dan peralatan untuk antisipasinya. Termasuk senjata gas air mata,” sebut AKBP Riky Iswoyo.

Kapolres Bintan mengimbau kepada seluruh masyarakat peserta Pemilu maupun pendukung salah satu pasangan calon, agar menciptakan Kamtibmas yang kondusif selama pelaksanaan Pemilu 2024.

“Mari kita bersama-sama menciptakan Pemilu yang aman dan damai di kabupaten Bintan. Pilihan boleh berbeda, namun persatuan dan kesatuan tidak boleh terpecah karena beda pilihan,” harap Kapolres Bintan. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *