banner 728x90
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri) berfoto bersama Irzalmi Kasatker Perencanaan BPJN Kepri Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Mikrayatulhayat Camat Bunguran Utara, dan para Kades se-Kecamatan Bunguran Utara di sela meninjau hasil pembangunan jalan Buton-Klarik, Kabupaten Natuna, Selasa (16/1/2024). F- nurul atia/suaraserumpun.com

Kisah Perjuangan Cen Sui Lan Menyulap Jalan Buton-Klarik (Natuna) Bisa Mengilap dengan Rp115 Miliar

Komentar
X
Bagikan

Natuna, suaraserumpun.com – Tak ada kata-kata lagi dari mulut Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri, ketika melihat jalan akses Buton-Klarik di Kabupaten Natuna, sudah mulus dan mengilap, Selasa (16/1/2024). Hanya puji syukur dan bahagia. Baca kisah perjuangan Cen Sui Lan menyulap jalan Buton-Klarik di Natuna bisa mengilap dengan anggaran pusat sebesar Rp115 miliar berikut ini.

Usai dilantik sebagai Anggota Komisi DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri akhir tahun 2020, Cen Sui Lan menjelajah dari pulau ke pulau wilayah Kepri. Sejibun aspirasi yang diterimanya. Termasuk aspirasi untuk peningkatan atau pengaspalan jalan dari Buton menuju Klarik, di Kabupaten Natuna.

Sejak tahun 2021, Cen Sui Lan sudah mengusulkan ke Kementerian PUPR untuk pengaspalan jalan Buton-Klarik atau sebaliknya. Setiap kali Cen Sui Lan rapat kerja (Raker) bersama Basuki Hadi Mulyono Menteri PUPR dan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dr Ir Hedy Rahadian MSc selaku Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Cen Sui Lan selalu mempertanyakan realisasi peningkatan jalan Buton-Klarik di Natuna.

“Pak Menteri, jalan di Natuna itu wajah NKRI. Dan itu perbatasan kita. Tolong dibangun,” ucap Cen Sui Lan dalam beberapa kali Raker Komisi V DPR RI dengan Menteri PUPR.

Baca Juga :  Menteri KKP Kunker ke Kepri, Misinya buat Publik Dunia

Bahasa yang sama pun selalu disampaikan kepada Hedy Rahadian Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR dalam beberapa kali RDP Komisi V DPR RI. Cen Sui Lan selalu mengingatkan tentang pembangunan jalan di Natuna kepada Hedy Rahadian.

Meski demikian perjuangan untuk menggesa peningkatkan jalan poros (utama) di Kabupaten Natuna itu, ternyata usulan Cen Sui Lan sempat anggarannya tidak muncul di awal tahun anggaran 2022 lalu. Demi kepentingan rakyat dan pembangunan di Kepri, Cen Sui Lan tak putus asa. Cen Sui Lan ‘berteriak’ lagi di dalam RDP Komisi V DPR RI.

“Pak Hedy, Jalan Buton-Klarik jangan kena refocussing (anggaran). Saya tak mau tahu Pak Dirjen, harus masuk tahun anggaran 2022,” tegas Cen Sui Lan.

Akhirnya disepakati peningkatan jalan Buton-Klarik di Kabupaten Natuna direalisasikan. Dengan skema pembangunan Multi Years Contract, atau dikerjakan dengan tahun jamak. Dimulai pada anggaran 2022 dan dilanjutkan pada tahun anggaran 2023. Dengan nilai terkontrak sebesar Rp115 miliar, untuk kegiatan peningkatan jalan Buton-Klarik sepanjang 8 Km dan beberapa pembangunan jembatan. Akhir tahun 2023, kegiatan tersebut sudah selesai.

Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri berdialog dengan Kasatker, Camat Bunguran Utara dan para Kades di sela meninjau hasil pembangunan jalan Buton-Klarik, Natuna. F- nurul atia/suaraserumpun.com

Selasa (16/1/2024), Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau tersebut meninjau dan melihat langsung hasil kegiatan dengan anggaran Rp115 miliar tersebut. Peninjauan ini merupakan rangkaian kunjungan kerja reses Cen Sui Lan ke Kabupaten Natuna.

Baca Juga :  Sah, Kabupaten Bintan sebagai Tuan Rumah Porpov 2022 Kepri

Turut serta dalam peninjauan tersebut Eri Marka Anggota DPRD Kabupaten Natuna, Irzalmi Kasatker Perencanaan BPJN Kepri Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR. Agus selaku PPK BPJN Kepri, Mikrayatulhayat Camat Bunguran Utara, dan para Kades se-Kecamatan Bunguran Utara.

Dari hasil peninjauan tersebut, tiada kata-kata yang bisa diucapkan Cen Sui Lan. Wakil rakyat Kepri di pusat ini hanya mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT, bahagia dan merasa puas melihat jalan Buton-Klarik yang sudah mulus dan mengilap tersebut.

“Saya teringat saja bagaimana proses perjuangannya untuk menjadikan jalan Buton-Klarik, bisa menjadi mulus dan mengilap. Ketika anggarannya tak muncul, betapa pedih hati saya. Makanya kita ngotot lagi, agar tetap masuk pada tahun anggaran 2022 itu,” kenang Cen Sui Lan.

Kisah perjuangan Cen Sui Lan menyulap jalan Buton-Klarik menjadi mulus dan mengilap itu, tinggal catatan sejarah. Sekarang, masyarakat dan semua pihak akan menikmati jalan mulus dan mengilap dari Buton menuju Klarik, Kabupaten Natuna.

Baca Juga :  Bakal Buka Lowongan Kerja, Dua Investasi Baru Segera Beroperasi di Kawasan BIE Lobam

Cen Sui Lan berharap kepada Camat Bunguran Utara dan para kepala desa yang ikut kegiatan peninjauan tersebut, agar apa yang sudah dibangun ini dijaga dan pergunakan dengan baik. Dalam kegiatan peninjauan ruas jalan Buton-Klarik tersebut, Cen Sui Lan pun menampung aspirasi dari kepala desa dan pemerintah setempat.

“Saya bangga, jalan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Natuna,” tutup Cen Sui Lan yang dikenal sebagai Anggota DPR RI yang peduli, merakyat dan berpengalaman memperjuangkan aspirasi rakyat tersebut.

Rombongan Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau meninjau hasil pembangunan jalan Buton-Klarik, Natuna. F- nurul atia/suaraserumpun.com

Pada kesempatan tersebut, Jefridin selaku Kades Cemaga Utara, Kecamatan Bunguran Utara, Kabupaten Natuna menyatakan, manfaat jalan yang dibangun ini (Buton-Klarik) sangat luar biasa. Sebab, biasanya, masyarakat harus menempuh waktu 3 jam melewati laut, untuk sampai ke Ranai ibu kota Kabupaten Natuna. Sekarang lewat jalan darat, hanya dengan 30 menit dengan sepeda motor maupun yang menggunakan kendaraan roda empat.

“Kami masyarakat Natuna mengucapkan terima kasih kepada Bu Cen Sui Lan yang sudah luar biasa memperhatikan Natuna hususnya, dan Kepri umumnya,” ungkap Jefridin ketika berdialog dengan Cen Sui Lan di sela meninjau hasil pembangunan jalan Buton-Klarik tersebut. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *