banner 728x90
Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas meluncurkan program Cambridge MANPK dan Amtsilati di Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (13/1/2024). F- kemenag kepri

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Meluncurkan Program Cambridge, MANPK dan Amtsilati di Kepulauan Riau

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas meluncrukan program Cambridge, MAN Program Keagamaan (MANPK) dan Program Amtsilati (Baca Kitab Kuning) di Kota Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (13/1/2024). Launching program ini disejalankan dengan silaturahmi bersama pegawai/guru ASN dan Non ASN serta siswa madrasah yang dipusatkan di MAN Insan Cendekia (IC) Kota Batam.

Launching program tersebut ini ditandai dengan scan telapak tangan oleh Menag dan dilanjutkan dengan pemutaran video. Launching program ini turut dihadiri oleh Direktur KSKK Ditjen Pendidikan Islam, Dirjen Bimas Katolik, Staf Ahli Menteri Agama RI, Tenaga Ahli Menteri Agama RI, para Pejabat Administrator, Kepala Kankemenag kabupaten/kota se-Provinsi Kepri, ASN di lingkungan Kanwil Kemenag Kepri, serta siswa MAN IC Batam.

Menag RI Yaqut Cholil mengapresiasi kinerja Kepala Kanwil Kemenag Kepri Mahbub Daryanto. Karena telah mengambil inisiatif terbaik untuk anak didik di Kepulauan Riau. Menurutnya, tiga program tersebut adalah bekal bagi siswa untuk menghadapi masa depan yang tidak mudah.

Baca Juga :  Mantan Pj Gubernur Kepri Ditunjuk Jadi Plt Sekjen Kemendagri

“Terima kasih kepada Pak Kanwil dan juga kepada anak-anak sebagai generasi yang akan menghadapi masa depan yang tidak mudah ini, dan di madrasah inilah anak-anak sekalian dibekali dengan ilmu dunia sekaligus akhirat,” ucapnya.

Menag Ri yang biasa disapa Gusmen ini merasa bangga dengan program Cambridge yang telah dijalankan di tiga madrasah, yang ada di Kepulauan Riau. Di antaranya MTsN 1 Batam, MAN IC Batam dan MAN Batam. Bahkan, MTsN 1 Batam merupakan madrasah tsanawiyah pertama di Indonesia yang menjalankan program ini.

“Madrasah dengan kurikulum Cambridge ini tempatnya ada di Batam, kalau di Jawa sudah biasa. Tapi ini di Kepulauan Riau sangat luar biasa. Ini MAN IC ketiga yang saya datangi, mudah-mudahan prestasinya bisa lebih ditingkatkan lagi dari peringkat 4 menjadi peringkat 3 Nasional,” kata Gusmen.

Baca Juga :  Penerapan e-Ticketing di Pelabuhan Telaga Punggur, Ombudsman: Ada Biaya Jasa Layanan

Sebelumnya, Kepala Kanwil Kemenag Kepri, Mahbub Daryanto melaporkan, program Cambridge memberikan pengalaman belajar menggunakan standar kurikulum internasional. Ini akan memudahkan para siswa saat berkompetisi dengan siswa lainnya di belahan dunia manapun, juga ketika ingin melanjutkan pendidikannya ke luar negeri.

MANPK, program yang diharapkan dapat menghasilkan kader ulama yang kompeten dalam ilmu agama islam dan berwawasan kebangsaan. Saat ini, program tersebut telah dijalankan oleh MAN Batam.

Inovasi lain yang digagas oleh Kemenag Kepri adalah melalui program amtsilati, yaitu program pendidikan yang 7 bertujuan untuk mengajarkan ilmu nahwu dan sharaf dasar kepada pemula, agar dapat membaca dan memahami kitab kuning dengan cepat dan mudah. Program ini diawali dengan melatih guru-guru dalam TOT selama 1 minggu dan kemudian guru-guru tersebut mengajarkan kembali kepada para siswa.

Baca Juga :  Puskesmas Sei Lekop dan Tambelan Terindikasi Menyelewengkan Dana Covid-19 Ratusan Juta, Kajari Bintan Paparkan Modusnya

“Sebelumnya amtsilati ini hanya diajarkan di pesantren. Tapi kali ini kita terapkan juga di madrasah yang ada di Kepri, mulai dari kelas 4 MIN sampai ke MA,” papar Mahbub Daryanto.

Mahbub Daryanto mengucapkan terima kasih atas prestasi yang telah diraih Kementerian Agama selama kepemimpinan Menag Yaqut Cholil. Menurutnya, ini memberikan dampak yang positif terhadap citra Kemenag dan menjadi motivasi bagi ASN Kemenag untuk senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada umat.

“Kami juga berterima kasih kepada Presiden dan Menteri Agama yang telah menerbitkan SK inpassing bagi guru madrasah non ASN yang sempat tertunda selama 12 tahun. Begitu banyak mimpi-mimpi yang sudah terealisasi selama ini, semoga di bawah kepemimpinan Bapak semakin memberikan banyak manfaat bagi masyarakat,” ucap Mahbub Daryanto. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *