banner 728x90
Kakanwil Kemenag Kepri Mahbub Daryanto meresmikan gedung PLHUT Kantor Kemenag Kota Tanjungpinang, Kamis (11/1/2024). F- kemenag kepri

Kakanwil Kemenag Kepri Meresmikan PLHUT, Layanan Haji dan Umrah di Tanjungpinang Semakin Mudah

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Kepala Kanwil (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Mahbub Daryanto meresmikan gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kantor Kemenag Kota Tanjungpinang, Kamis (11/1/2024). Kini, layanan haji dan ibadah umrah di Tanjungpinang semakin mudah.

Gedung PLHUT Kantor Kemenag Kota Tanjungpinang yang diresmikan tersebut, baru selesai dibangun. Pembangunan PLHUT ini dengan biaya bersumber dari APBN berupa Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tahun anggaran 2023.

Kakanwil Kemenag Kepri Mahbub Daryanto mengatakan, pembangunan PLHUT dengan konsep implementasi pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan umat. Khususnya di bidang haji dan umrah. Layanan tersebut meliputi layanan informasi, pendaftaran, pembayaran, serta layanan bimbingan manasik haji dan umrah.

“Dalam rangka meningkatkan pelayanan di masing-masing Kantor Kemenag, maka dibangunlah PLHUT. Saya berharap gedung PLHUT ini dapat dimanfaatkan untuk memberikan pelayanan prima bagi calon jemaah haji dan umrah yang ada di Kota Tanjungpinang,” ujar Mahbub di sela peresmian gedung PLHUT yang berada di samping Kantor Kemenag Kota Tanjungpinang itu.

Baca Juga :  Semester I, Penerimaan Rumah Sakit BP Batam Melebihi Target

“Mulai dari pendaftaran, informasi keberangkatan serta bimbingan manasik haji dan umrah. Ini adalah bentuk komitmen memberikan pelayanan terbaik kepada umat,” sambungnya.

Sebelumnya, Kepri sudah memiliki 3 PLHUT yang telah dibangun terlebih dahulu. Di antaranya berada di Batam, Anambas, dan Karimun. Pada tahun 2024 ini, akan dibangun gedung PLHUT di Bintan dan Natuna.

“Selanjutnya, pada tahun 2025 yang akan datang insya Allah akan dibangun PLHUT di Lingga,” sebut Mahbub Daryanto.

Mahbub menyebutkan, besaran Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) tahun 1445 hijriah (2024 M) tiap jemaah yang berangkat dari Embarkasi Batam.

Baca Juga :  Timnas U-17 Indonesia Gagal ke Piala Asia 2023

“Bipih sebesar Rp 53.833.934. Kalau dikurangi dengan setoran awal Rp25 juta, maka sisanya yang harus dilunasi Rp 28.833.934,” sebutnya.

Masih dalam suasana Hari Amal Bhakti ke-78 Kementerian Agama yang mengangkat tema Indonesia Hebat Bersama Umat, Mahbub menyebutkan untuk mewujudkan Indonesia hebat dibutuhkan kelengkapan sarana prasarana dan pelayanan terbaik. Tidak hanya gagah kantornya tapi umatnya juga mendapatkan pelayanan terbaik, ini lah yang diusahakan oleh Kemenag.

“Tahun ini melalui Kementerian PUPR, gedung MAN Tanjungpinang akan direhabilitasi. Termasuk MTs dan MIN-nya. Ini agar murid baru yang masuk madrasah bukan lagi di gedung lama. Satu-satu kita selesaikan dulu, sarpras dulu baru mutu,” terangnya.

Baca Juga :  Bamsoet Melakukan Ground Breaking Pembangunan Sirkuit Balap Blackstone Bengkong Golden City di Batam

Selaku tuan rumah kegiatan, Kepala Kemenag Kota Tanjungpinang Ahmad Husain mengatakan selain peresmian gedung PLHUT, kegiatan tersebut juga sekaligus meresmikan penggunaan gedung Laboratorium dan Perpustakaan Terpadu MAN Tanjungpinang dan gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA (Kantor Urusan Agama) Kecamatan Tanjungpinang Barat.

“Kemenag Tanjungpinang mendapatkan 3 bantuan SBSN tahun 2023 kemarin, pembangunan ini wujud Kemenag terus melakukan pembenahan sarana dan pelayanan, ini bentuk komitmen Kemenag, mudah-mudahan seluruh kerja sama dari tahun ke tahun semakin membaik,” harapnya.

Di akhir kegiatan, Kakanwil Kemenag Kepri Mahbub Daryanto berkesempatan menyerahkan bantuan operasional kepada FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Tanjungpinang tahun 2024 sebesar 60 juta rupiah. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *