banner 728x90
Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat meninjau salah satu fasilitas disalah satu rumah sakit.F-Diskominfo Kepri

Sederet Program Kesehatan Pemprov Kepri, Gubernur Ansar Sebut Untuk Mewujudkan Kepri Sehat dan Sejahtera

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Kesehatan adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia. Tanpa kesehatan yang baik, manusia tidak akan bisa beraktivitas dengan optimal dan menikmati hidup dengan penuh. Oleh karena itu, pemerintah memiliki tanggung jawab untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau bagi seluruh masyarakat.

Di Provinsi Kepulauan Riau, Gubernur Ansar Ahmad bersama Wakil Gubernur Marlin Agustina telah meluncurkan berbagai program kesehatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang kesehatan.

Program-program tersebut antara lain: Pembangunan rumah singgah di Jakarta dan Batam. Rumah singgah ini merupakan fasilitas penginapan gratis bagi masyarakat Kepri yang membutuhkan tempat tinggal sementara selama menjalani pengobatan rujukan di Jakarta dan Batam.

Rumah singgah ini dilengkapi dengan fasilitas seperti di hotel, termasuk ambulance dan obat-obatan. Rumah singgah di Jakarta berlokasi di Jalan Bendungan Jati Luhur III, Behhil, Tanah Abang, Jakarta Pusat, sedangkan rumah singgah di Batam berlokasi di Sekupang.

Rumah singgah ini telah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Kepri yang sakit. Gubernur Ansar Ahmad mengatakan bahwa rumah singgah ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemprov Kepri terhadap masyarakatnya yang membutuhkan bantuan kesehatan di Jakarta dan Batam.

“Rumah Singgah ini gratis bagi masyarakat Kepri yang berobat di Jakarta. Pelayanannya seperti di hotel. Kita akan terus mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pelayanan dan fasilitas di rumah singgah ini agar masyarakat merasa nyaman dan terbantu,” ujar Ansar.

Baca Juga :  Gubernur Kepri Bahas Pembangkit Listrik Tenaga Sampah dengan Dirut PLN Bright Batam

Berkaitan dengan aksesibilitas layanan kesehatan bagi masyarakat Kepri, saat ini sudah tersedia pemasangan ring jantung di RSUP Raja Ahmad Thabib. Ring jantung adalah alat yang dipasang di pembuluh darah jantung yang menyempit atau tersumbat akibat penyakit jantung koroner. Pemasangan ring jantung bertujuan untuk memperbaiki aliran darah ke jantung dan mencegah serangan jantung. Sebelumnya, masyarakat Kepri yang membutuhkan pemasangan ring jantung harus dirujuk ke luar daerah seperti Jakarta dan Batam.

Namun, sejak Mei 2023, RSUP Raja Ahmad Thabib di Tanjungpinang telah menyediakan layanan pemasangan ring jantung dengan menggunakan alat canggih di laboratorium kateterisasi jantung atau cath lab.

Layanan ini diresmikan oleh Gubernur Ansar Ahmad pada 10 Mei 2023. Hingga Desember 2023, sebanyak 76 pasien penyakit jantung telah menjalani prosedur kateterisasi atau pemasangan ring jantung dengan baik di RSUP Raja Ahmad Thabib. Gubernur Ansar Ahmad mengapresiasi inovasi RSUP Raja Ahmad Thabib dalam memberikan layanan kesehatan  yang profesional dan terjangkau.

“Kehadiran layanan kesehatan seperti ini harus kita perhatikan sekarang, karena layanan kesehatan yang dekat dan mudah dijangkau sangat penting untuk masyarakat ,” ucap Ansar.

Kesehatan jiwa dan mental masyarakat juga tidak luput dari perhatian Gubernur Ansar Ahmad. Hal ini dibuktikan dengan adanya RSJKO di Tanjung Uban. RSJKO adalah rumah sakit khusus jiwa dan ketergantungan obat yang memberikan pelayanan kesehatan jiwa bagi masyarakat yang mengalami gangguan jiwa dan ketergantungan obat.

Baca Juga :  Ansar Ahmad Ajak Warga Pulau Memanfaatkan Program Pinjaman Modal Usaha Tanpa Bunga

RSJKO Engku Haji Daud di Tanjung Uban, Bintan, merupakan rumah sakit milik Pemprov Kepri yang mulai dibangun pada Mei 2023. Pembangunan ini ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Gubernur Ansar Ahmad pada 16 Mei 2023.

RSJKO Engku Haji Daud diharapkan dapat menjadi pusat rujukan kesehatan jiwa di Kepri dan sekitarnya. Pada November 2023, RSJKO Engku Haji Daud meluncurkan tiga layanan baru, yaitu layanan MCU One Day Service, Asesmen Terintegrasi Poliklinik Sub Spesialis Jiwa Anak dan Remaja, dan Telekonsultasi Jiwa Online (TEJO).

Layanan MCU One Day Service merupakan layanan pemeriksaan kesehatan yang dapat diselesaikan dalam satu hari untuk masyarakat yang membutuhkan sertifikat kesehatan. Layanan Asesmen Terintegrasi Poliklinik Sub Spesialis Jiwa Anak dan Remaja merupakan layanan khusus untuk menangani masalah kesehatan jiwa pada anak-anak dan remaja yang melibatkan tim multidisiplin. Layanan Telekonsultasi Jiwa Online (TEJO) merupakan layanan konsultasi jiwa yang dapat dilakukan secara daring melalui telepon atau aplikasi dengan tarif terjangkau.

Gubernur Ansar Ahmad yang meresmikan layanan rumah sakit ini pada 2 November 2023 mengapresiasi inovasi RSJKO Engku Haji Daud dalam memberikan pelayanan kesehatan jiwa yang profesional dan terjangkau. “Adanya layanan kesehatan jiwa seperti ini sangat penting, karena kesehatan masyarakat tidak akan bisa tercapai jika jiwa dan mental mereka tidak sehat,” ucap Ansar.

Keterjangkauan masyarakat yang berada di pulau-pulau ke fasilitas kesehatan diwujudkan Gubernur Ansar Ahmad dengan penyerahan ambulance laut untuk Kabupaten Lingga. Ambulance laut adalah kapal yang digunakan untuk mengangkut pasien yang membutuhkan perawatan medis darurat dari pulau-pulau ke rumah sakit rujukan.

Baca Juga :  Rakor di Bintan, Kemendagri Mengutamakan Kualitas Kinerja Pelaksana Anggaran

Ambulance laut ini dilengkapi dengan fasilitas medis seperti oksigen, infus, dan obat-obatan. Pada Desember 2023, Pemprov Kepri menyerahkan dua unit kapal ambulance laut untuk masyarakat Kabupaten Lingga. Penyerahan ini dilakukan oleh Gubernur Ansar Ahmad di Pelabuhan Jagoh Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, pada 23 Desember 2023.

Gubernur Ansar Ahmad mengatakan bahwa penyerahan kapal ambulance laut ini bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat akses masyarakat Lingga yang sedang sakit atau akan melahirkan dan perlu dirujuk ke Batam atau Tanjungpinang.

“Dengan adanya kapal ambulance laut ini tentu akan mempermudah dan mempercepat akses masyarakat Lingga yang sedang sakit atau akan melahirkan dan perlu dirujuk ke Batam atau ke Tanjungpinnag nantinya,” kata Ansar.

Dari berbagai program kesehatan yang telah diluncurkan oleh Gubernur Ansar Ahmad, terlihat bahwa Gubernur Ansar Ahmad memiliki visi yang jelas dan komitmen yang kuat untuk menjadikan Kepri sebagai provinsi yang sehat dan sejahtera. Program-program tersebut juga menunjukkan bahwa Pemprov Kepri peduli dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat di bidang kesehatan, khususnya yang tinggal di daerah terpencil dan sulit dijangkau. Dengan demikian, diharapkan masyarakat Kepri dapat merasakan manfaat dari pembangunan yang dilakukan oleh Pemprov Kepri dan menuju masyarakat yang sehat dan sejahtera.(yen)

Editor : Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *