banner 728x90
Menparekraf RI Sandiaga Uno bersama Gubernur Kepri Ansar Ahmad meninjau lokasi pembangunan sentra kreatif Indonesia (SKI) di Kota Tanjungpinang, Minggu (31/12/2023), sebelum penyambutan turis perdana di Lagoi, Senin (1/1/2024). F- diskominfo kepri

Sebelum Penyambutan Turis Perdana di Lagoi, Menparekraf Sandiaga Uno Tinjau Lokasi SKI di Tanjungpinang

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno dan Gubernur Kepri H Ansar Ahmad serta Bupati Bintan Roby Kurniawan, dijadwalkan akan menyambut kunjungan turis perdana tahun 2024 di BBT Lagoi, Bintan, Senin (1/1/2024) pagi. Sebelum penyambutan turis perdana di Bintan Resorts (Lagoi), Menparekraf Sandiaga Uno bersama Gubernur Kepri meninjau lokasi pembangunan Sentra Kreatif Indonesia (SKI) Kemenparekraf di Kawasan Gurindam XII, Kota Tanjungpinang, Minggu (31/12/2023).

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, pembangunan SKI ini merupakan Unit Pelaksana Tugas (UPT) Bidang Ekonomi Kreatif Kemenparekraf yang akan menjadi salah satu ikon ekonomi pariwisata Indonesia yang ada di Provinsi Kepri.

“Dibangunnya SKI di Kepri ini merupakan apresiasi kami kepada Gubernur Kepri yang telah berkontribusi dan sangat peduli akan dunia pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujar Sandiaga Uno yang juga didampingi Pj Wali Kota Tanjungpinang Hasan SSos, dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri Guntur Sakti.

Baca Juga :  Ansar Ahmad Meresmikan PLTS dan BPBL di Pulau Panjang Batam

Selain itu, lanjut Sandiaga Uno, peningkatan sektor ekonomi kreatif saat ini yang meningkat pesat juga diharapkan menjadi potensi untuk kemajuan ekonomi kreatif di Indonesia termasuk di Provinsi Kepri.

Tak hanya itu, Sandiaga Uno juga mengatakan pembangunan Sentra Ekonomi Kreatif Kemenparekraf di Kepri ini sangat pas dan strategis, tak hanya lokasinya yang berada di kawasan Gurindam XII saja, namun langsung berhadapan dengan Pulau Penyengat.

“Untuk itu, kami yakin ini menjadi potensi yang besar, apalagi mengingat sektor ekonomi Kreatif yang mulai pesat. Baik itu sektor kulinernya, fashion, juga kriya dan budaya seperti keberadaan pulau penyengat,” kata Sandiaga Uno.

Baca Juga :  Saksikan Turnamen Futsal AHY Cup di Tanjungpinang, Pesertanya Partai Politik

Sandiaga Uno mengatakan, nantinya untuk pembangunan fisik bangunan SKI Kemenparekraf ini membutuhkan anggaran sebesar Rp50 miliar. Namun yang terpenting itu akan berisi 17 sub sektor ekonomi kreatif yang akan menjadi bagian dari SKI Kemenparekraf ini.

“Seperti sektor musik, film, animasi, arsitektur, kriya, kuliner, dan lainnya dan akan kita kolaborasikan dengan dunia industri nantinya,” saran Menparekraf.

Pembangunan SKI Kemenparekraf ini nantinya akan selesai pada tahun 2025, atau dua tahun masa anggaran dengan waktu pembangunan dua tahun anggaran.

Baca Juga :  Oknum ASN 'Si Calo' Penerimaan Taruna IPDN Mengabaikan Panggilan Polisi, Kabarnya Sedang di Pekanbaru

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kemenparekraf yang telah memberikan perhatian ke Provinsi Kepri dengan bakal dibangunnya SKI Kemenparekraf.

“Terima kasih kepada Pak Menteri dan pemerintah pusat atas perhatiannya yang luar biasa ke Provinsi Kepri,” kata Ansar Ahmad.

Ansar Ahmad mengatakan, pihaknya akan mendukung penuh kelancaran pembangunan SKI Kemenparekraf ini dengan terus melengkapi kawasan Gurindam XII ini.

“Apalagi SKI Kemenparekraf ini dibangun dikawasan strategis Gurindam XII, sehingga nantinya juga akan berdampak pada peningkatan ekonomi kreatif di Kepri,” ujar Ansar Ahmad. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *