banner 728x90
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau didampingi Maman Jaya mewakili Dirjen Hubud Kementerian Perhubungan, serta Maraden Purba Kantor Otban II Medan dan Andi Hendra Suryaka Kepala Bandara Letung meninjau revitalisasi runway Bandara Letung Kepulauan Anambas, Rabu (13/12/2023). F- nurul atia/suaraserumpun.com

Cen Sui Lan: Awal 2024, Revitalisasi Terminal dan Runway Bandara Letung Kepulauan Anambas Selesai

Komentar
X
Bagikan

Anambas, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kerja segera mewujudkan program memperpanjang runway atau landasan pacu Bandara Letung, Kepulauan Anambas. Kegiatan revitalisasi terminal dan runway bandar udara Letung Anambas dari perjuangan Cen Sui Lan itu, sudah bisa dioperasikan awal tahun 2024 nanti.

Realisasi revitalisasi terminal dan runway Bandara Letung Kepulauan Anambas itu disampaikan Cen Sui Lan saat melaksanakan kunjungan kerja reses (Kundapil) ke Anambas, Rabu (13/12/2023).

Kunjungan reses Cen Sui Lan ke Bandara Letung ini disambut oleh Andi Hendra Suryaka Kepala Bandara Letung, didampingi oleh Maman Jaya mewakili Dirjen Hubud Kementerian Perhubungan, serta Maraden Purba Kantor Otban II Medan. Kedatangan Cen Sui Lan disambut oleh Forkopimda, serta dengan pengalungan bunga dan tradisi Melayu.

Cen Sui Lan mengatakan, kunjungan ini untuk meninjau langsung Bandara Letung Anambas, untuk pengembangan terminal bandara dan perpanjangan runway yang sudah terealisasi 95 persen.

Baca Juga :  Masuk Nominator Penerima Anugerah Upakarti Artheswara Tinarbuka, Roby Mengandalkan Aplikasi BintankuIndonesia

“Awal tahun 2024 nanti, gedung terminal yang semulai seluas 600 meter persegi, akan menjadi 1.200 meter persegi. Sedangkan panjang runway semula sepanjang 1.400 meter x 30 meter, menjadi 1.600 meter x 30 meter. Awal tahun 2024 nanti, terminal dan runway itu sudah bisa dioperasikan,” kata Cen Sui Lan.

Cen Sui Lan menyatakan senang dan bahagia sekali, ketika melihat apa yang diperjuangkan Bandara Letung, untuk direvitalisasi sudah hampir terwujud. Cen Sui Lan pun bangga bisa melayani masyarakat Kabupaten Anambas, untuk menyediakan fasilitas transportasi udara.

“Keberadaan bandara Letung Anambas ini, ke depan dapat meningkatkan layanan penumpang dan cargo. Khususnya hasil perikanan, bisa dilayani sekurangnya 2 ton per hari. Cargo hasil perikanan untuk dibawa ke Batam,” jelas Cen Sui Lan.

“3 bulan ke depan, fasilitas tersebut dapat dipergunakan. Sehingga bisa meningkatkan perekonomian Anambas yang juga meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Semoga bisa menyejahterakan masyarakat Anambas, khususnya di Kepri,” tutup Cen Sui Lan.

Cen Sui Lan, Maman Jaya, Maraden Purba dan Andi Hendra Suryaka meninjau revitalisasi terminal Bandara Letung Kepulauan Anambas, Rabu (13/12/2023). F- nurul atia/suaraserumpun.com

Cen Sui Lan Terima Aspirasi
Tahun 2022 lalu, Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri menyatakan, tahun anggaran 2023 mendatang, runway bandar udara Letung di Kabupaten Kepulauan Anambas akan diperpanjang. Kemudian, terminal bandara tersebut akan direnovasi untuk diperbesar dari kondisi sekarang.

Baca Juga :  Wako dan Wawako Tanjungpinang Serta Kepala OPD Beri’tikaf di Masjid Zull Firdaus

Pernyataan itu disampaikan Cen Sui Lan, setelah mendengarkan presentasi Agus Prihanto Kepala Otoritas Bandara (Otban) Sumatera Wilayah 2 Ditjen Hubud Kementerian Perhubungan, dan Andi Kepala Unit Pelaksana Bandara (UPB) Letung tentang updated bandara Letung, ketika menerima aspirasi reses di ruang rapat Kantor Bupati Anambas, awal Agustus 2022 lalu.

Presentasi ini dihadiri Abdul Haris Bupati Anambas, Wan Zulhendra Wakil Bupati Anambas, para Pejabat Tinggi Pratama Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, BMKG, Basarnas dan Tenaga Ahli DPR Victor Angsono, Teddy Martus, Agustar. Dalam rapat ini turut hadir para pimpinan OPD Pemkab Anambas dan 70 staf Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, sertta staf BMKG.

Cen Sui Lan diberikan kalung bunga dan penyambutan dengan tradisi Melayu. F- nurul atia/suaraserumpun.com

Cen Sui Lan mengungkapkan, bandara Letung, Kepulauan Anambas diperpanjang runway dan gedung terminal diperluas. Sehingga dapat mengakselerasi perkembangan kebutuhan ekonomi dan pariwisata Kabupaten Kepulauan Anambas. Runway eksiting 1.400 meter × 30 meter, menjadi 1.600 meter × 30 meter.

Baca Juga :  Satpolairud Karimun Menggagalkan Pengiriman PMI Ilegal ke Malaysia, Calo Pun Ditangkap

“Kegiatan ini masuk program tahun anggaran 2023. Pada saat Raker dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Dirjen Hubud Nur Isnin maupun dengan pejabat Eselon I Sekjen Kemenhub Novie Riyanto meminta agar penambahan panjang runway menjadi 2.000 meter. Sehingga pesawat boeing bisa mendarat di bandara Letung, Anambas,” jelas Cen Sui Lan kepada suaraserumpun.com, setelah kunjungan reses dari Anambas, Agustus 2022 lalu. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *