banner 728x90
Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo memaparkan tingkat kerawanan pada pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) 2024 di Kantor Bupati Bintan, Selasa (12/12/2023). F- humas polres bintan

Polres Bintan Menggelar Rapat Persiapan Pengamanan Kerawanan Nataru 2024

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Polres Bintan memprakarsai rapat koordinasi persiapan pengamanan menyambut perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) 2024 di wilayah kabupaten Bintan, Selasa (12/12/2023). Rapat kesiapan pengamanan kerawanan Nataru 2024 tersebut dilaksanakan di ruang rapat 2 Kantor Bupati Bintan.

Rapat kesiapan tersebut dihadiri oleh Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo SIK MM, Kabagops Polres Bintan, Kasat Intelkam dan para Kapolsek jajaran Polres Bintan.

Selain dari Polres Bintan rapat kesiapan juga dihadiri oleh Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith SIP, Sekda Bintan Ronny Kartika SSTP MM, FKPD Kabupaten Bintan, OPD Kabupaten Bintan, Ketua FKUB Kabupaaten Bintan, serta unsur terkait lainnya yang terlibat dalam perayaan Natal 2023 dan penyambutan Tahun Baru 2024.

Dalam rapat tersebut Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo SIK MM, kerawanan dalam perayaan Nataru 2023/2024 dikarenakan adanya kegiatan kampanye Pemilu 2024 dengan waktu bersamaan. Sehingga penting sosialisasi dan edukasi untuk mencegah potensi kerawanan yang dapat mengganggu Kamtibmas.

Kapolres Bintan menyampaikan kepada masyarakat yang akan berlibur atau mudik meninggalkan rumahnya dalam waktu yang lama, agar menginformasikan kepada perangkat desa ataupun RT maupun kepada Bhabinkamtibmas. Karena meninggalkan rumah akan menjadi potensi terjadinya kejahatan. Pihak kepolisian akan menjadikan fokus pengamanan.

Baca Juga :  2024, Cen Sui Lan Mengalokasikan Rp16 Miliar untuk Revitalisasi Empat Madrasah Negeri di Natuna

“Kami, akan memfokuskan rumah yang ditinggalkan akan menjadi salah satu objek pengamanan kami,” ujar Kapolres Bintan.

AKBP Riky Iswoyo menambahkanm Polres Bintan dan jajaran menerima barang titipan berupa kendaraan bagi masyarakat yang berlibur atau mudik dalam waktu yang lama saat Natal 2023 dan Tahun baru 2024.

Kasat Intelkam Polres Bintan juga memaparkan potensi-potensi kerawanan yang akan terjadi pada saat perayaan Natal dan Tahun Baru. Antara lain terjadi insiden korban tenggelam di pantai Trikora, terjadi kecelakaan pengendara roda dua yang terjatuh ke laut pada saat menaiki kapal roro. Sehingga perlunya petugas dan instansi terkait dan pengusaha melakukan antisipasi, jika terjadi kecelakaan tersebut.

Kabagops Polres Bintan AKP Monang Silalahi SH menyampaikan atensi dalam Perayaan Natal dan Tahun Baru 2023/2024 yang antara lain menyampaikan bahwa pelayanan mudik dan pengamanan Ibadah Natal serta perayaan Tahun Baru agar dapat dilaksanakan secara terpadu, Sistematis dan Menyentuh.

Baca Juga :  RUU Daerah Kepulauan Masuk Prolegnas, Tapi Tak Disahkan DPR RI

Perlunya sosialisasi dan publikasi terhadap seluruh kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah pada saat perayaan Nataru agar masyarakat dapat mengetahui Informasi dan aturan-aturan yang ditetapkan sehingga pelaksanaan Nataru dapat berlangsung dengan aman dan nyaman.

AKP Monang juga menyampaikan bahwa Polres Bintan siap meningkatkan kegiatan Preventif dalam bentuk Penjagaan, Patroli, Pengawasan dan Pengamanan, Polres Bintan juga melakukan penguatan di lokasi Pos Pengamanan Ops Lilin Seligi 2023 dengan dukungan Instansi terkait serta Brimob.

Penempatan personel di beberapa titik yang menjadi konsentrasi massa dan daerah yang berpotensi terjadinya gangguan nyata pada saat pelaksanaan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, bahkan Polres Bintan memastikan Sterilisasit terhadap tempat – tempat yang akan digunakan dalam kegiatan Ibadah Natal 2023 dan perayaan Tahun Baru 2024.

Hasil rapat tersebut seluruh peserta yang mengikuti rapat menyampaikan dukungannya seperti yang disampaikan oleh GM PT. ASDP yang siap mendukung kelancaran Natal dan Tahun Baru 2023/2024 dengan menyiapkan 10 unit Kapal, demikian juga dengan GM PT. PELINDO siap mendukung kelancaran Natal dan Tahun Baru 2023/2024 dengan menyiapkan 5 Unit Kapal, demikian juga dengan PT. Pelni siap mendukung kelancaran Natal dan Tahun Baru 2023/2024 dengan menyiapkan 4 Unit Kapal.

Baca Juga :  Warga Makin Antusias Vaksinasi di Mapolres Tanjungpinang

Sedangkan dari Danlanal Bintan dalam pelaksanaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 mensiagakan Posal, peleton siaga bencana dan peleton pengamanan Nataru dan siap mendukung Pemerintah Kabupaten Bintan dan Polres Bintan dalam mengamankan Perayaan Nataru Tahun 2023/2024.

Demikian juga dengan Kodim 0315/Tanjungpinang siap mendukung Pemerintah Kabupaten Bintan dan Polres Bintan dalam mengamankan Perayaan Nataru Tahun 2023/2024.

Sebelumnya, Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith mengatakan, kegiatan hari ini diharapkan dapat memastikan lancarnya kegiatan masyarakat Kabupaten Bintan dalam merayakan Natal dan Tahun Baru 2023/2024 di Kabupaten Bintan. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *