banner 728x90
Gubernur Kepri Ansar Ahmad bersama anak penyandang disabilitas pada peringatan Hari Disabilitas Internasional di Batam, Selasa (12/12/2023). F- diskominfo kepri

Hari Disabilitas Internasional, Pemprov Kepri Beri Bantuan Rp343,2 Juta untuk Penyandang Disabilitas

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri memberi bantuan senilai Rp343,2 juta untuk penyandang disabilitas, pada peringatan Hari Disabilitas Internasional, Selasa (12/12/2023). Peringatan Hari Disabilitas Internasional di Mall Botania 2 Batam ini dihadiri Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad.

Peringatan Hari Disabilitas Internasional disejalankan dengan penandatanganan Nota Kesepakatan antara Pemerintah Provinsi Kepri dengan LPP RRI Batam dan Tanjungpinang mengenai Sinergi Produksi, Penyiaran, Penyediaan Materi Berita Online Program Pembangunan Pemprov Kepri.

Tujuan kerja sama ini adalah agar diseminiasi informasi pembangunan yang digesa Pemprov Kepri bisa tersebar lebih luas ke pelosok daerah melalui berbagai program siaran yang ada di RRI.

“Kami mengapresiasi pihak RRI, karena selama ini kerja sama juga sudah terjalin dengan baik. Dengan penandatanganan kerja sama ini, saya harap diseminasi informasi pembangunan di Kepri akan menjangkau masyarakat lebih luas lagi,” harap Ansar Ahmad Gubernur Kepri.

Baca Juga :  Sirip Pari Senilai Rp822 Juta dari Kepri Diekspor ke Hongkong

Pada kesempatan itu, Pemprov Kepri memberikan bantuan bagi penyandang disabilitas dengan total anggaran sebesar Rp343,2 juta. Bantuan tersebut terdiri dari pemberian alat bantu kursi roda, tongkat, alat bantu dengar sejumlah 41 alat bantu, pemberian bantuan sandang dan pangan bagi yayasan yang bergerak di bidang rehabilitasi bagi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), dan bantuan operasional bagi Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Provinsi Kepri.

“Kami berharap bantuan ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian penyandang disabilitas di Kepri,” kata Ansar Ahmad.

Baca Juga :  Tak Perlu Formal, Cen Sui Lan Tampung Aspirasi Bedah Rumah Sambil Lesehan di Rumah RT

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan, momentum peringatan HDI mengingatkan semua pihak untuk selalu berupaya mendorong perwujudan masyarakat inklusif dan membuka kesempatan yang seluas-luasnya serta menghilangkan hambatan bagi penyandang disabilitas sehingga mereka dapat berperan dan berkontribusi secara aktif di tengah masyarakat Kepri khususnya dan Indonesia umumnya.

“Harapan kami kiranya dengan peringatan HDI tahun 2023 ini sebagai momentum semua pihak untuk melakukan refleksi tentang apa yang telah diperbuat bagi penyandang disabilitas, hal ini sebagai renungan bahwa penyandang disabilitas adalah anak bangsa yang sama haknya dengan masyarakat lainnya,” ujar Gubernur Kepri.

HDI atau International Day of People With Disabilities (IDPWDS) diperingati tanggal 3 Desember setiap tahunnya. Masyarakat internasional memperingati ini untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman dalam upaya menghormati, melindungi serta memenuhi hak-hak penyandang disabilitas di semua aspek di bidang kehidupan baik sosial, politik, ekonomi dan budaya.

Baca Juga :  Wako Tanjungpinang Minta Suaminya Bersama Pengurus PKK Lebih Aktif

Ini juga mengandung makna pengakuan akan eksistensi penyandang disabilitas sekaligus peneguhan komitmen seluruh bangsa untuk membangun kepedulian bagi perwujudan kemandirian, kesetaraan dan kesejahteraan penyandang disabilitas yang tidak boleh tertinggal dalam proses pembangunan.

Di Indonesia, peringatan HDI dilaksanakan secara nasional sejak tahun 1996. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran berbagai pihak terhadap permasalahan dan pemberdayaan penyandang disabilitas. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *