banner 728x90
Agus Wibowo Ketua DPRD Kabupaten Bintan meninjau market produk UMKM di pelabuhan BBT Lagoi, dalam kunjungan kerja, Rabu (6/12/023). F- ox/suaraserumpun.com

Upaya Agus Wibowo Menghidupkan Pariwisata di Lagoi, Tinjau Ulang VoA

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Agus Wibowo Ketua DPRD Kabupaten Bintan berkunjung, dan menampung aspirasi dari pihak pelaku pariwisata di kawasan pariwisata internasional Lagoi, Rabu (6/12/2023). Berikut ini upaya Agus Wibowo menghidupkan lagi pariwisata Lagoi. Mulai dari persoal VoA hingga membangkitkan UMKM di kawasan Bintan Resorts tersebut.

Pascapandemi Covid-19, belum seutuhnya mengembalikan kejayaan pariwisata di Kabupaten Bintan. Termasuk di Lagoi. Hal ini menjadi perhatian bagi Ketua DPRD Bintan Agus Wibowo saat melaksanakan kunjungan keja ke PT BRC Lagoi, selaku pengelola kawasan wisata Bintan Resorts.

Upaya Agus Wibowo menampung keluhan pengusaha, bertujuan untuk mengembalikan kejayaan pariwisata Bintan. Agar perekonomian masyarakat di Kabupaten Bintan bisa meningkat kembali. Serta memberikan PAD bagi Kabupaten Bintan. Selama ini, sektor pariwisata di Kabupaten Bintan memberikan banyak dampak positif bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Bintan. Termasuk PAD, untuk pembangunan daerah.

Baca Juga :  Pemprov Kepri Menerima Anugerah dari Ombudsman RI, Berikut Dasar Penilaiannya

Kawasan pariwisata Lagoi, tak cuma membuka lapangan pekerjaan. Pembangunan yang dilakukan pemerintah juga didorong dari majunya pariwisata di Kabupaten Bintan. Selama ini, sektor pariwisata merupakan aset terbesar yang banyak menyumbang pendapatan daerah. Selain itu, produksi UMKM bisa ikutan berkembang karena pangsa pasar terbuka lebar dengan banyaknya olahan UMKM yang dipasarkan di kawasan Bintan Resort.

Pascapandemi Covid-19, Agus Wibowo ingin kehidupan sosial-ekonomi masyarakat di Kabupaten Bintan bisa kembali maju, seperti sebelum pandemi global menyerang sektor pariwisata. Beberapa upaya Agus Wibowo membangkit pariwisata di Bintan, antara lain memperjuangkan pemberlakuan visa on arrival (VoA) bagi turis asing yang ingin berkunjung ke Indonesia termasuk Bintan.

Baca Juga :  Mantan Sekjen PB HmI Serahkan Piagam Airlangga ke Akhmad Ma'ruf Maulana

Permasalahan ini akan disampaikan kepada pemerintah termasuk Kementerian Keuangan, apalagi sudah ada rekomendasi dari Dirjen Imigrasi perihal pengajuan VoA bagi wisatawan yang berlibur ke kawasan Bintan Resort. Bagi Agus Wibowo, keluhan kebijakan VoA yang diberlakukan per satu bulan ini, penting ditinjau ulang.

Karena, sebagian besar turis dari negara barat banyak menghabiskan waktu liburannya ke kawasan Bintan Resort, dalam waktu terbatas. Liburan lebih banyak pada akhir pekan (week end). Bukan dalam kurung waktu lama, sebulan. Sedangkan VoA untuk sebulan itu bisa mencapai Rp500 ribu. Nilai tersebut memberatkan bagi turis asing masuk ke Lagoi.

“Ini akan kita perjuangkan, supaya lebih banyak wisatawan yang datang ke Bintan. Dampaknya sangat luar biasa sekali,” sebut Agus Wibowo saat berada di ruang tunggu penumpang pelabuhan internasional BBT Lagoi, Rabu (6/12/2023) siang tadi.

Baca Juga :  Hari Ini, Launching Vaksinasi Booster, Berikut Agenda Mendagri ke Kepri

Semakin banyak kunjungan turis ke Bintan menurutnya, akan berbanding lurus dengan majunya perekonomian masyarakat dan daerah, pajak yang dihasilkan dari kunjungan wisatawan menyumbang andil besar bagi sektor pendapatan daerah.

“Semakin banyak hotel yang beroperasi tentu semakin banyak lapangan kerja yang terbuka,” terangnya.

Politisi yang berlatar belakang pengusaha ini, ingin kejayaan pariwisata Bintan bangkit lagi, seperti sebelum pandemi Covid-19. Bahkan, sebelum pandemi, kunjungan wisawatan ke Bintan mencapai satu juta lebih kunjungan. Dirinya mengajak pemerintah untuk sama-sama menyelesaikan beragam persoalan dalam dunia pariwisata.

“Nilai VoA itu, mesti direvisi atau ditinjau ulang,” ujar Agus Wibowo. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *