banner 728x90
Mahbub Daryanto Kepala Kanwil Kemenag Kepri memaparkan capaian kinerja 7 program priorita Kemenag serta indeks kerukunan umat beragama Kepri pada saat media gathering di Kedai Kopi Kita, Rabu (6/12/2023). F- yen/suaraserumpun.com

Jelang Hari Amal Bakti, Indeks Kerukunan Umat Beragama Kepri Terbaik Kedua Nasional

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepri mencapai kinerja maksimal, pada tahun anggaran 2023 ini, jika ditinjau dari tujuh prioritas program Kementerian Agama RI. Bahkan, angka indeks kerukunan umat beragam di Kepri pada tahun 2023, terbaik kedua nasional (Indonesia).

Memang, tahun 2022 lalu, angka indeks kerukunan umat beragama di Provinsi Kepri nomor teratas di tingkat nasional. Tapi, NTT lebih meningkat angka indeks kerukunan umat beragamanya. Hal itu dinilai berdasarkan implementasi dari moderasi beragama.

“Penguatan moderasi beragama ini merupakan prioritas pertama dari tujuh program prioritas Kementerian Agama RI,” kata Mahbub Daryanto, Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Kepri saat mengadakan media gathering di Kedai Kopi Kita, Km 9 Tanjungpinang, Rabu (6/12/2023).

Mahbub Daryanto menyebutkan, angka indeks kerukunan umat beragama Kepri pada tahun 2023 ini mencapai 83,58. Sedangkan pada tahun 2022 lalu mencapai 87 poin. Angka Indeks Kerukunan Umat Beragama itu dinilai dari kerja sama antarumat beragama, kesetaraan dan toleransi.

Baca Juga :  Menuju Pilkada Bintan (2024), Ahdi Muqsith: Insya Allah Saya Daftar ke Demokrat

“Kita di Kepri, semua itu sudah berjalan baik. Tapi di NTT yang ranking 1, akar budayanya lebih kuat. Setiap orang datang ke NTT, dari agama apapun, itu disambut dengan hormat. Kita juga melakukan itu, seperti tari persembahan Melayu di setiap acara,” sebut Mahbub Daryanto sambil mencontohkan budaya.

Selain penguatan moderasi beragama, Mahbub Daryanto juga menerangkan tentang transformasi digital yang dibuat oleh Kanwil Kemenag Kepri. Antara lain inovasi aplikasi Sikopri, PUSAKA SuperApps, dan Siskohat melalui Bus Tanjak Corner. Dari aplikasi itu, masyarakat mendapat layanan dari Kemenag Kepri tanpa harus datang ke Kantor Kemenag. Bahkan, Kemenag Kepri menyediakan layanan Bus Tanjak Corner.

Baca Juga :  Ansar Ahmad Resmi Menutup Kejuaraan Piala Gubernur Kepri 2023 Zona V, Natuna Tectona Juara Voli

“Layanan ini bisa untuk urus izin rumah ibadah, pendampingan orang asing untuk di vihara, mendaftar haji sampai dengan mengurus nikah. Cukup lewat inovasi transformasi digital kami itu. Termasuk lah untuk sertifikasi halal dari produk-produk pengusaha kecil,” jelasnya.

“Hingga saat ini, sudah 8.542 sertifikat halal yang keluarkan,” sambung Mahbub Daryanto didampingi Abu Syofian.

Selain itu, Kemenag Kepri juga melakukan revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) di Kepri. Sampai saat ini, lebih dari 30 persen KUA di kecamatan-kecamatan sudah direhab. Sehingga, masyarakat bisa lebih mudah dalam prosesi pernikahan.

“Kalau nikah di KUA, itu gratis. Nol biaya. Jika ada yang pungut biaya kalau nikah di KUA, lapor sama kami. Gedung di KUA itu bukan saja untuk tempat nikah. Bisa juga digunakan untuk kegiatan keagamaan lainnya. Agama di luar Islam juga boleh menggunakan,” jelas Mahbub Daryanto.

Mahbub Daryanto Kepala Kanwil Kemenag Kepri didampingi stafnya Abu Syofian mendengarkan pertanyaan wartawan dalam kegiatan media gathering di Kedai Kopi Kita, Rabu (6/12/2023). F- yen/suaraserumpun.com

Dalam kegiatan tersebut, Mahbub Daryanto juga memaparkan tentang capaian kinerja Kemenag Kepri tentang kemandirian pesantren. Tahun 2023 ini ada 12 pesantren dan madrasah penerima kegiatan inkubasi. Selain itu, Kemenag Kepri juga melaksanakan program cyber Islamic University, hingga tahun kerukunan.

Baca Juga :  Terbelit Utang, Seorang IRT di Bintan Terpaksa Jadi Kurir Sabu, Anaknya Masih Kecil

“Nah, menjelang Pemilu 2024 ini, kami ingatkan. Masjid dan tempat ibadah lainnya bukan untuk tempat kampanye. Atau melaksanakan kegiatan politik praktis. Terakhir, tanggal 3 Januari 2024 nanti, kami akan melaksanakan rangkaian kegiatan Hari Amal Bakti Kemenag ke-78,” demikian dipaparkan Mahbud Daryanto Kakanwil Kemenag Kepri. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *