banner 728x90
Sekdaprov Kepri Adi Prihantara menerima kunjungan rombongan dari Universitas Rhode Island yang menawarkan kerja sama peningkatan SDM ASN Pemprov Kepri, Senin (4/12/2023). F- diskominfo kepri

Universitas Rhode Island Menawarkan Kerja Sama Peningkatan SDM ASN Pemprov Kepri, Begini Jawaban Adi Prihantara

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau Adi Prihantara menerima kunjungan dari The University of Rhode Island dan Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) di ruang kerja Sekda Lantai III, Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Senin (4/12/2023). Dalam pertemuan ini, Universitas Rhode Island menawarkan kerja sama peningkatan SDM ASN kepada Pemprov Kepri. Berikut jawaban Adi Prihantara.

Hadir dari universitas di negara Amerika Serikat ini Dr John Kirby, Dean College of the Environment and Life Sciences Director, agricultural experiment station and cooperative extension; Brook Williams Ross, Managing Director, Indonesia Education Partnerships Director, Education & Business Partnerships, Asia, The University of Rhode Island; dan Brenton De Boef, Professor of Chemistry University of Rhode Island.

Baca Juga :  Janji Ansar Ahmad ke K3J, Membenahi Bandara RHA

Ikut mendampingi Sekdaprov Kepri Adi Prihantara, Kepala BKD dan Korpri Provinsi Kepulauan Riau Yeny Trisia Isabella serta perwakilan dari dosen UMRAH Dr Suryadi, Firman Apriansyah serta Rizal HB.

Universitas Rhode Island (URI) merupakan sebuah universitas yang terletak di negara bagian Rhode Island, dengan kampus utamanya terletak di Kingston, Rhode Island, dan tiga kampus lainnya terletak di negara tersebut. URI adalah kampus penelitian publik unggulan negara bagian Rhode Island.

Universitas Rhode Island menawarkan gelar sarjana, magister, dan doktoral di 80 bidang studi sarjana dan 49 pascasarjana melalui sembilan sekolah akademik dan perguruan tinggi. Sekolah dan perguruan tinggi ini meliputi Seni dan Sains, Bisnis, Pendidikan dan Studi Profesional, Teknik, Ilmu Kesehatan, Ilmu Lingkungan dan Kehidupan, Keperawatan, Farmasi, dan Oseanografi.

Baca Juga :  Kapolres Bintan Tinjau Prokes di Resor Termegah Nikoi Island

Kepada Pemerintah Provinsi Kepri, Dr John Kirby menawarkan kerjasama peningkatan SDM ASN di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melalui program master degree (S2) yang bekerjasama dengan universitas lokal di Kepri yaitu Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH).

“Target kami adalah meningkatkan SDM dari personel pemerintah dengan jangka waktu pembelajaran selama 2 tahun. 1 tahun pertama di UMRAH dan 1 tahun berikutnya di Universitas Rhode Island, Amerika Serikat,” jelasnya.

Kepada perwakilan Universitas Rhode Island, Sekdaprov Kepri Adi Prihantara mengapresiasi dan berterima kasih akan perhatian dari Universitas Rhode Island, akan peningkatan kapasitas dan kompetensi pegawai pemerintah dalam menunjang kinerja di pemerintahan.

Adi Prihantara menyampaikan, bahwa ASN di lingkungan Pemeritah Provinsi Kepulauan Riau sebenarnya sangat antusias mengikuti program pendidikan dari Universitas Rhode Island. Karena adanya sistem meritokrasi saat ini.

Baca Juga :  Pengunjung Pantai Trikora Ramai, Polisi Sibuk Pantau Protokol Kesehatan

“Namun untuk kerja sama pendidikan tidak dimungkinkan untuk dilakukan dalam tahun ini. Karena untuk tugas belajar harus melalui beberapa tahapan,” jawab Adi Prihantara.

Terlebih untuk ke luar negeri, lanjut Adi Prihantara, harus mendapatkan persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri. Hingga saat ini, secara akreditasi UMRAH belum memenuhi syarat untuk penyelengaraan pendidikan pada tahap S2.

“Ini adalah peluang kerja sama yang baik. Dan akan kita tindak lanjut ke depannya, agar SDM pegawai Kepri bisa unggul. Sehingga menjamin keberlanjutan ekonomi Kepri yang lebih baik,” demikian jawaban Adi Prihantara Sekdaprov Kepri. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *