banner 728x90
Agus Wibowo Ketua DPRD Kabupaten Bintan. F- yen/suaraserumpun.com

Belanja Bintan Mencapai Rp1,233 Triliun, Agus Wibowo: Realisasi dari Reses Ada di Pokir

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – DPRD Kabupaten Bintan dan Pemkab Bintan telah menyepakati Ranperda APBD tahun anggaran 2024, Senin (27/11/2023) lalu. Dengan belanja daerah tahun 2024 mencapai Rp1,233 triliun. Ketua DPRD Kabupaten Bintan Agus Wibowo menyampaikan, realisasi aspirasi masyarakat Bintan pada saat kegiatan reses dewan, ada di pokok-pokok pikiran (Pokir), yang dialokasikan dalam APBD.

Senin (27/11/2023) lalu, DPRD Kabupaten Bintan mengesahkan Ranperda APBD tahun anggaran 2024. Sekaligus menandatangani nota kesepakatan APBD tahun 2024 tersebut, antara pimpinan DPRD Kabupaten Bintan dengan Bupati Bintan Roby Kurniawan. Turut hadir Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith, anggota dewan dan sejumlah kepala OPD.

Dalam pengesahan Ranperda APBD tahun anggaran 2024 Kabupaten Bintan tersebut, DPRD Bintan bersama TAPD telah menyepakati proyeksi pendapatan daerah sebesar Rp1,181 triliun.

Baca Juga :  Vaksinasi Belum Tuntas, Gubernur Kepri dan FKPD Minta Vaksin ke Menkes

Pendapatan daerah Rp1,181 triliun ini bersumber dari PAD sekitar Rp325,17 miliar. Pendapatan transfer sekitar Rp853,582 miliar, berasal dari dana perimbangan, DID, Dana Desa, pendapatan transfer antardaerah. Serta lain-lain pendapatan daerah yang sah sekitar Rp3,171 miliar.

Sedangkan belanja daerah diestimasikan mencapai Rp1,233 triliun. Sementara, defisit anggaran sekitar Rp51,413 miliar akan ditutupi dari penerimaan pembiayaan Silpa tahun 2023 sekitar Rp51,413.

Belanja daerah mencapai Rp1,233 triliun itu tidak hanya untuk anggaran rutin atau belanja aparatur pemerintah. Namun, belanja daerah lebih dari 40 persen dialokasikan untuk pembangunan semua bidang. Seperti pembanguan infrastruktur pascabencana, beasiswa pelajar kurang mampu dan berprestasi, bidang kesehatan hingga pembangunan fasilitas umum.

Baca Juga :  Anak Kos Ditangkap Polisi karena Mencuri Mi Instan di Kafe Milik Bupati Natuna, Begini Motifnya

“Nah, kegiatan pembangunan sampai dengan alokasi anggaran untuk sosial itu, itu merupakan hasil kesepakatan DPRD dengan TAPD. Jadi, DPRD juga punya andil dalam mengalokasikan anggaran pembangunan itu,” ujar Agus Wibowo Ketua DPRD Kabupaten Bintan, usai paripurna istimewa peringatan Hari Jadi ke-75 Kabupaten Bintan, Jumat (1/12/2023).

“Termasuk seperti aspirasi dari masyarakat pada saat reses kami dari dewan, itu ada di pokir. Artinya, pokok-pokok pikiran dari hasil reses dewan itu, kita realisasikan melalui APBD 2024 ini,” jelasnya.

Dalam pekan ini, tambah Agus Wibowo, Anggota DPRD Kabupaten Bintan sedang melaksanakan masa reses.

Baca Juga :  Pj Wako Tanjungpinang Hasan dan PT Pegadaian Menyerahkan Bantuan Manfaat untuk Masyarakat

“Aspirasi masyarakat akan kita tampung, dan direalisasikan melalui pokir tadi. Khususnya yang belum terakomodir dari usulan Pemkab Bintan. Tapi, realisasinya bertahap la,” sebut Agus Wibowo.

Pada kesempatan lain, Bupati Bintan Roby Kurniawan mengatakan, DPRD Bintan dan Pemkab Bintan sudah menyepakati APBD tahun anggaran 2024, dalam rapat paripurna, tanggal 27 November 2023 lalu.

“Sekarang, tinggal evaluasi dari Gubernur Kepri. Kita berharap, Januari 2024 nanti, sudah bisa dijalankan APBD itu. Kepala OPD harus siap melaksanakan di awal tahun anggaran itu,” demikian Roby Kurniawan. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *