banner 728x90
Gubernur Kepri Ansar Ahmad bersama anak-anak dalam upaya pembangunan SDM di Kepri untuk meningkatkan IPM tahun 2023. F- dok/suaraserumpun.com

IPM Kepri Tahun 2023 Tertinggi Ketiga Nasional, Ansar Ahmad: Ini Hasil Kerja Keras Seluruh Pihak

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kepulauan Riau tahun 2023 tertinggi ketiga nasional. Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyatakan, capaian IPM tersebut merupakan hasil kerja keras semua pihak.

IPM Kepri tahun 2023 mencapai 79,08, meningkat 0,6 poin (0,76 persen) dibandingkan tahun sebelumnya (78,48). Selama 2020–2023, IPM Kepulauan Riau rata-rata meningkat sebesar 0,59 persen per tahun. Angka IPM Provinsi Kepulauan Riau ini pun menempati posisi ke-3 tertinggi di tingkat nasional.

Peningkatan IPM Kepulauan Riau 2023 didukung oleh peningkatan ketiga dimensi penyusunnya yaitu dimensi umur panjang dan hidup sehat yang diukur melalui Umur Harapan Hidup saat Lahir (UHH), dimensi pengetahuan yang diukur melalui Harapan Lama Sekolah (HLS) dan Rata-rata Lama Sekolah (RLS), dan dimensi standar hidup layak yang diukur melalui rata-rata pengeluaran riil per kapita per tahun yang disesuaikan.

Baca Juga :  Renjong FC Menang Adu Penalti di Final Dendun Cup 2023

Dari sisi dimensi umur panjang dan hidup sehat, UHH saat Lahir di Kepulauan Riau sebesar 74,90, artinya bayi yang lahir pada tahun 2023 memiliki harapan untuk dapat hidup hingga 74,90 tahun, lebih lama 0,28 tahun atau mengalami kenaikan 0,38 persen dibandingkan dengan bayi yang lahir pada tahun 2022. Sumber data umur harapan hidup saat lahir menggunakan hasil Long Form SP2020 (LF SP2020).

Dari sisi dimensi pengetahuan, HLS di Kepulauan Riau sebesar 13,05 tahun, mengalami kenaikan 0,46 persen dibandingkan dengan tahun 2022. Sementara itu, RLS di Kepulauan Riau sebesar 10,41 tahun, meningkat 0,04 tahun atau mengalami kenaikan 0,39 persen dibandingkan dengan tahun 2022. Sumber data HLS dan RLS menggunakan hasil LF SP2020.

Baca Juga :  Tim Wasev Mabesad Meninjau Realisasi Kegiatan TMMD Ke-119 di Bintan

Dari sisi pengeluaran per Kapita per tahun yang
disesuaikan (Ribu Rupiah), Kepulauan Riau mengalami peningkatan sebesar 529 Ribu Rupiah (3,66 persen) dibandingkan tahun 2022.

Gubernur Kepri H Ansar Ahmad mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Kepulauan Riau.

“Ini adalah hasil kerja keras seluruh pihak, baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat, yang telah bersinergi dalam mewujudkan pembangunan manusia yang berkelanjutan di Kepulauan Riau,” ujar Ansar Ahmad di Tanjungpinang, Minggu (26/11/2023).

Baca Juga :  Kapolres Bintan Menyosialisasikan Aplikasi Polri Super APP di Jumat Curhat, Warga Mengeluhkan Rambu Lalu Lintas

Ansar Ahmad juga menekankan bahwa IPM Kepulauan Riau 2023 masih memiliki ruang untuk ditingkatkan lagi, khususnya di bidang pendidikan dan kesehatan.

“Kita harus terus berupaya untuk meningkatkan akses, kualitas, dan kesetaraan pendidikan bagi seluruh anak-anak Kepulauan Riau, serta memperkuat sistem kesehatan yang responsif dan inklusif,” tutur Ansar Ahmad.

Ansar Ahmad berharap bahwa IPM Kepulauan Riau 2023 dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi seluruh stakeholder pembangunan untuk terus berinovasi dan berkolaborasi dalam mendorong kemajuan Kepulauan Riau.

“Mari kita jadikan IPM Kepulauan Riau 2023 sebagai momentum untuk terus bergerak maju, bersama-sama membangun Kepulauan Riau yang sejahtera, mandiri, dan berdaya saing,” pungkas Ansar Ahmad. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *