banner 728x90
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri menyerahkan-perlengkapan dan tanda peserta saat pembukaan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) tentang pelayaran dasar di Hotel Pelangi Tanjungpinang, Senin (13/11/2023). F- diskominfo tanjungpinang

Kalau Diklat Umum Berbiaya Rp7 Jutaan, Cen Sui Lan Bikin DPM kepada 240 Pelaut Secara Gratis

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Kalau mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) untuk mendapatkan sertifikasi pelaut di lembaga umum, biasanya berbiaya Rp7 jutaan per orang. Kini, Cen Sui Lan Anggota DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri membikin Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) kepada 240 orang pelaut secara gratis.

Dari dana aspirasi Cen Sui Lan melalui Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub RI melaksanakan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) tentang pelayaran dasar secara gratis di Tanjungpinang. Sebanyak 240 orang menjadi peserta diklat selama 14 hari yang dilaksanakan oleh KSOP Kota Tanjungpinang.

Cen Sui Lan hadir dan membuka DPM pelayaran dasar tersebut, Senin (13/11/2023) turut hadir pejabat Pemko Tanjungpinang, KSOP Tanjungpinang dan Dirjen Perhubungan Laut RI. Peserta mendapatkan sejumlah pelatihan, seperti Basic Safety Training (BST) Niaga, Advance Fire Fighting (AFF) dan Security Awareness Trainings (SAT) dengan pemateri dari STIP Jakarta.

Baca Juga :  Melampaui Target, Perumda BPR Bintan Beri Dividen Rp1,8 Miliar ke Pemkab Bintan

Diklat berbasis pemberdayaan masyarakat tersebut merupakan kegiatan kedua kalinya digelar di Tanjungpinang. Sebelumnya, pada akhir Juli 2023, Cen Sui Lan juga membuka langsung diklat dengan penyelenggaran Kantor Distrik Navigasi Kelas I Tanjungpinang.

Kegiatan Diklat Pemberdayaan Masyarakat pelayaran dasar ini dilaksanakan di Hotel Pelangi Tanjungpinang, Senin (13/11/2023). Saat itu, sebanyak 192 peserta mengikuti pembekalan. Mereka lulus berhak sertifikasi berguna bagi melamar pekerjaan di sektor pelayaran. Terutama perusahaan transportasi laut.

Selain Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri sekaligus mitra Kemenhub RI, juga hadir Asisten III Setdako Tanjungpinang Augus Raja Unggul. Asisten III Setdako Tanjungpinang ini berpesan kepada peserta Diklat agar memanfaatkan betul kesempatan itu.

Baca Juga :  Formed: Tinjau Ulang Jadwal dan Tempat Konferprov PWI Riau

“Bukan hanya gratis, tapi pemateri dari STIP Jakarta,” ujarnya.

“Kita terima kasih juga kepada Ibu Cen Sui Lan. Karena berkat beliau program ini bisa dijalankan di Tanjungpinang. Jika tidak gratis maka peserta bisa dikenakan biaya sekitar Rp7 atau Rp 8 juta,” sebut Augus sembari berpesan agar peserta bersyukur.

Kepala KSOP Tanjungpinang, Ridwan Chaniago menjelaskan, Diklat berlangsung 13-26 November 2023. Diklat bentuk sumbangsih KSOP bagi pengembangan SDM di sektor transportasi laut.

“Setelah Diklat, peserta akan langsung dapat tiga sertifikat, serta uang saku,” kata Ridwan.

Baca Juga :  Ansar Ahmad: Waktu Pelaksanaan Festival Kopi Merdeka Diperpanjang

Cen Sui Lan Anggota DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri mengatakan, kegiatan Diklat Pemberdayaan Masyarakat ini untuk membantu masyarakat. Terutama yang bekerja di bidang pelayaran.

“Daerah kita di Kepri ini, merupakan wilayah maritim. Para pelaut itu mesti punya keterampilan standar dan sertifikasi untuk bekerja di bidang kemaritiman. Justru itu, kita bantu masyarakat yang bekerja di bidang pelayaran ini melalui Diklat,” kata Cen Sui Lan.

“Selama ini, banyak yang mengeluh untuk mendapatkan sertifikasi itu. Bahkan kalau diklat di lembaga umum, berbiaya Rp6 jutaan bahkan ada yang di atas Rp7 jutaan. Ini, kita bikin gratis. Peserta juga kita berikan uang saku,” sambung Cen Sui Lan. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *