banner 728x90
Hasan SSos Pj Wali Kota Tanjungpinang-memanen sayur peria (pare) saat meninjau area pertanian kelompok tani di Kota Tanjungpinang, Jumat (3/11/2023). F- diskominfo tanjungpinang

Pj Wako Tanjungpinang Mendukung Usaha Kelompok Tani sebagai Upaya Menjaga Ketahanan Pangan

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Hasan SSos Pj Wali Kota Tanjungpinang mendukung usaha kelompok tani di wilayah Kota Tanjungpinang, sebagai upaya menjaga ketahanan pangan. Hal itu disampaikan Hasan saat meninjau sejumlah lokasi Kelompok Tani dan Kelompok Wanita Tani (KWT) binaan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Tanjungpinang, Jumat (3/11/2023).

Hasan menyampaikan, dengan pembinaan dan pendampingan kepada kelompok tani merupakan sebuah gagasan untuk mendukung peningkatan komoditi pangan. Kota Tanjungpinang mempunyai potensi dengan memberdayakan kelompok-kelompok tani, yang selama ini menjadi tameng pangan di Kota Tanjungpinang.

Baca Juga :  Mudarat Kecanduan Judi Online, Tega Menguras ATM Teman, Kini Mendekam di Penjara

“Dengan upaya yang telah dilakukan melalui Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan, kita lakukan pemantauan agar dapat mengetahui kondisi dan kendala di lapangan,” ujar Hasan.

Sebagai bentuk dukungan, Pemerintah ikut membantu kelompok tani melalui bantuan pupuk, bibit, dan sarana prasarana lain. Baik melalui APBD dan pemanfaatan Dana Insentif Daerah.

“Mudah-mudahan kelompok tani terbantu dengan bantuan-bantuan tersebut untuk mendukung hasil tani. Karena kita ketahui bahwa Kota Tanjungpinang bukan daerah penghasil. Melainkan daerah komoditi yang didatangkan. Tetapi dengan upaya ini merupakan usaha turut menjaga ketahanan pangan di Kota Tanjungpinang,” jelas Hasan.

Baca Juga :  Wow! Karpet untuk Masjid Sultan Riau Penyengat Dipesan dari Turki

Hasan bangga kepada para kelompok tani atas semangat dan kekompakan untuk maju. Melihat hasil pertanian yang dihasilkan, menunjukkan semangat petani yang serius dalam pengelolaannya, hanya kurang terekspose saja. Berdasarkan informasi dari kelompok-kelompok tani, dalam satu bedeng dapat menghasilkan 25 kilogram.

“Srtinya dapat memperoleh hasil yang baik. Maka pemerintah akan membantu dalam hal promosi dan penjualannya. Termasuk meminta bantuan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau untuk mendapatkan bantuan sarana dan prasarana pendukung. Seperti mini traktor untuk membantu pekerjaan kelompok tani,” pungkasnya.

Baca Juga :  Hujan Deras, Personel Polres Bintan Turun ke Jalan Tergenang Akibat Banjir

Kelompok tani yang dikunjungi diantaranya Kelompok Tani Bina Sehat Sejahtera Kampung Bugis, Kelompok Wanita Tani Perkasa Kampung Bugis, Kelompok Tani Maju Sejati Kelurahan Air Raja, Kelompok Wanita Tani Hang Tuah Kelurahan Pinang Kencana, Kelompok Tani Maju Jaya Kelurahan Batu IX, serta Kelompok Wanita Tani Srikandi Ceria Kelurahan Batu IX. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *