banner 728x90
Gubernur Kepri Ansar Ahmad menerima cendera mata saat bersilaturahmi dengan masyarakat Betawi Kepri dan MKB Jakarta di Kota Batam, Kamis (2/11/2023). F- diskominfo kepri

Gubernur Kepri Bicara Kesamaan Budaya Melayu dan Betawi Bersama MKB Jakarta

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad turut menghadiri silaturahmi warga Betawi Kepri bersama Majelis Kaum Betawi (MKB) Jakarta, di Ballroom Hotel Harmoni One, Batam Centre, Kota Batam, Kamis (2/11/2023). Dalam kegiatan ini, Ansar Ahmad membicarakan tentang kesamaan budaya Melayu dengan Betawi.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Anggota DPD RI Ria Saptarika, Ketua Bamus Betawi 1982 Zainudin, Ketua Majelis Adat Bamus Betawi 1982 Nahrowi Ramli, Ketua Bamus Betawi 1982 DPD Kepri Cang Santoso, Tim Percepatan Pembangunan, dan Kepala OPD Pemerintah Provinsi Kepri.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad membicarakan kesamaan budaya antara suku Melayu dan Betawi, khususnya dalam seni berpantun. Dia menegaskan, budaya pantun menjadi salah satu titik persamaan yang mencolok di antara keduanya.

Baca Juga :  Endang Abdullah Dilantik Jadi Wawako Tanjungpinang, Begini Permintaan Ansar Ahmad

“Baik Melayu ataupun Betawi, memiliki kesamaan. Terutama budaya berpantun,” sebut Gubernur Kepri.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad juga bicara tentangsejarah dan proses pembentukan suku Betawi yang lahir dari percampuran genetik dan akulturasi budaya antara masyarakat yang tinggal di Batavia.

“Hal ini merupakan proses panjang dan perjuangan luar biasa dari para pahlawan suku Betawi,” ucapnya.

Di momen yang istimewa ini, Gubernur Kepri Ansar Ahmad berharap, silaturahmi semacam ini akan memperkuat kerja sama dan jalinan sosial yang kokoh antara Kepulauan Riau dan warga Betawi ke depannya. Dia menggarisbawahi pentingnya kolaborasi untuk pengembangan aspek sosial, budaya, ekonomi, pendidikan, dan proyek-proyek sosial lainnya.

Baca Juga :  Pergantian Tahun, Ikuti dan Saksikan Kemeriahan KasmaRun 2022 di Bintan Resorts

Ansar mendorong partisipasi warga Betawi Kepri dalam pembangunan daerah dengan terus bersinergi bersama pemerintah daerah, menciptakan Kepri yang lebih baik. Dalam kesempatan itu, gubernur mengungkapkan sejumlah capaian pembangunan di Kepulauan Riau. Baik pembangunan rumah singgah hingga bantuan modal usaha untuk pelaku UMKM dan bantuan pendidikan.

Gubernur Kepri mengucapkan terima kasih atas malam silaturahmi yang sarat keakraban bersama kaum Betawi Kepri, atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Kepri.

Ketua Majelis Kaum Betawi (MKB) Marullah Mat’ali menyatakan, MKB bertujuan untuk mengarahkan kaum Betawi menuju kemajuan dan kesejahteraan, sambil mempertahankan kearifan lokal budaya.

Baca Juga :  22 TKI Ilegal Gagal Dikirim ke Malaysia, Dua Tersangka Ditangkap Polda Kepri

“Keberadaan MKB merupakan upaya untuk memperkuat jalinan sosial guna kemajuan kaum Betawi di Kepri,” ungkap Marullah Mat’ali.

Kehadiran organisasi adat seperti MKB menjadi wahana untuk rekonstruksi sosial guna kemajuan kaum Betawi dan Kepulauan Riau. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *