banner 728x90
Gubernur Kepri H Ansar Ahmad SE MM bersama istrinya Hj Dewi Kumalasari berpose dengan pelajar usai upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023 di Gedung Daerah Tanjungpinang, Sabtu (28/10/2023). F- diskominfo kepri

Upacara Sumpah Pemuda 2023 di Kepri Meriah, Gubernur dan Istri Mengenakan Pakaian Adat Melayu

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023 tingkat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) berlangsung meriah di Gedung Daerah Tanjungpinang, Sabtu (28/10/2023). Gubernur Kepri H Ansar Ahmad SE MM bersama istrinya Hj Dewi Kumalasari mengenakan pakaian adat Melayu.

Upacara ini diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai elemen pemuda, organisasi kepemudaan, komunitas, organisasi masyarakat, dan paguyuban di Kepulauan Riau. Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H Ansar Ahmad bertindak sebagai inspektur upacara. Gubernur membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI Ario Bimo Nandito Ariotedjo.

Dalam sambutannya, Menpora RI mengajak seluruh pemuda Indonesia untuk bersama-sama memajukan Indonesia dengan semangat kolaborasi lintas generasi dan lintas sektor. Menpora mengapresiasi perkembangan teknologi dan informasi yang dimiliki oleh pemuda Indonesia saat ini. Namun, ia juga mengingatkan agar pemuda tidak lupa dengan nilai-nilai kebangsaan yang terkandung dalam Sumpah Pemuda 1928.

Baca Juga :  Jadwal Pertandingan Pekan Pertama Liga Inggris 2023-2024: Ada Chelsea Vs Liverpool

Momentum Sumpah Pemuda mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda. Yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928. Yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 mengusung tema ‘Bersama Majukan Indonesia’ dengan logo HSP ke-95 yang bermakna membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna-warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya. Heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia.

Baca Juga :  Tiba di Natuna, Sembilan Kru Kapal dari Jakarta Terpapar Covid-19

Pemerintah telah membuka luas partisipasi pemuda dalam pembangunan nasional. Gubernur Kepri berharap agar pemuda dapat memanfaatkan peluang tersebut dengan baik dan bertanggung jawab.

“Marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini sebagai momentum membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri. Semoga Tuhan yang Maha Esa senantiasa memberikan kekuatan kepada kita,” kata Ansar Ahmad Gubernur Kepri.

Upacara ini semakin berwarna dengan kehadiran seluruh Kepala OPD Pemprov Kepri dan Forkompinda Kepri yang menggunakan pakaian adat Nusantara. Gubernur Ansar dan Ketua TP-PKK Provinsi Kepri Hj Dewi Kumalasari Ansar mengenakan baju adat Melayu.

Baca Juga :  Belgia Pesta Tiga Gol, Euro 2020/2021: Inggris dan Belanda Bertanding Malam Ini

Selain itu ada juga defile baju adat Nusantara oleh Kepala OPD Pemprov Kepri dan paguyuban, lomba Kepri young Carnival, atraksi silat dipersembahkan IPSI kota Tanjungpinang, dan karate oleh INKADO Kepri.

Puncak upacara Hari Sumpah Pemuda tahun ini dimeriahkan dengan aksi siswa-siswi SMA Negeri 2 Tanjungpinang yang menampilkan tarian kolosal pemuda Nusantara. Gubernur Kepri Ansar Ahmad yang tidak ingin ketinggalan momen pun ikut turun bersama para pejabat dan menari dengan seluruh siswa-siswi. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *