banner 728x90
Gubernur Kepri Ansar Ahmad menerima cendera mata pada pelantikan pengurus Keluarga Pinrang Sulsel Provinsi Kepri, Jumat (27/10/2023), di Batam. F- diskominfo kepri

Harapan Ansar Ahmad pada Pelantikan Pengurus Keluarga Pinrang Sulsel Provinsi Kepri

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – Gubernur Kepri Ansar Ahmad menghadiri pelantikan Badan Pengurus Wilayah Kerukunan Keluarga Pinrang Sulawesi Selatan Provinsi Kepri, di Ballroom Hotel Harris Kota Batam, Jumat (27/10/2023). Begini harapan Ansar Ahmad pada pelantikan pengurus Keluarga Pinrang Sulsel Provinsi Kepri tersebut.

Ansar Ahmad mengatakan, masyarakat Kepulauan Riau dan Sulawesi Selatan merupakan satu bagian yang tak terpisahkan. Karena memiliki beragam persamaan baik dalam hal budaya hingga karakter masyarakatnya.

“Kesamaan tersebut diperkuat dengan nilai historikal yang menjadi bagian peradaban di Bunda Tanah Melayu Provinsi Kepri,” kata Ansar Ahmad Gubernur Kepri.

Nilai historikal tersebut, lanjut Ansar Ahmad, dapat dilihat dari keturunan darah Bugis yang telah mencatatkan sejarah sebagai pahlawan di Bumi Tanah Melayu. Sebut saja, Arung Bilawa, Raja Ali Haji, Raja Haji Fisabilillah, Daeng Chelak hingga Daeng Marewah.

Baca Juga :  Bupati Bintan Mewisuda Atok dan Nenek di Sekolah Lansia Berkah Bahagia

“Nama-nama tersebut, terukir sebagai tokoh pejuang dan cendikiawan di Negeri Segantang Lada ini,” jelas Ansar Ahmad.

Ansar Ahmad berharap, momentum yang diselenggarakan masyarakat Pinrang di Kepri yang terhimpun dalam organisasi Kerukunan Keluarga Pinrang, harus dapat menjadi wadah untuk membangun jaringan sosial yang kuat. Hal itu bisa digunakan untuk tujuan positif. Seperti pengembangan ekonomi, pendidikan, sosial, budaya dan lainnya.

“Kerukunan Keluarga Pinrang ini juga harus bisa dijadikan sarana dan wadah, untuk dapat berkontribusi dan bersinergi dengan pemerintah daerah, guna kemajuan Kepri yang makin baik lagi,” harap Ansar Ahmad.

Baca Juga :  Rekomendasi DPRD Bintan terhadap LKPj 2021 Bupati, Evaluasi Pelayanan Publik

Gubernur Kepri Ansar Ahmad juga menyampaikan capaian program pembangunan yang telah dilaksanakan. Mulai pertumbuhan ekonomi Kepri yang sempat terpuruk pada posisi -3,80% pada tahun 2020 akibat pandemi covid-19, dan kemudian melejit menjadi 5,09% pada tahun 2022.

“Dan ini menjadi pertumbuhan ekonomi yang tertinggi di Pulau Sumatera,” ucapnya.

Indeks Pembangunan Manusia di Kepri, yang terus mengalami peningkatan sebesar 0,67 poin. Jika pada tahun 2021 IPM Kepri sebesar 75,79 poin, maka pada tahun 2022 naik menjadi 76,46 poin. Dan ini juga masih menduduki posisi teratas se-regional Sumatera.

Begitu juga dengan pembinaan kehidupan kerukunan beragama Provinsi Kepri dapat di kategorikan baik. Hal ini dapat dilihat dari Indeks Kerukunan Umat Beragama Provinsi Kepri yang pada tahun 2022 yang berada di angka 85.78. Nilainya juga mengalami peningkatan jika dibanding tahun 2021 yang berada pada angka 76,20.

Baca Juga :  Diky Wijaya Ketua ICMI Orda Kota Batam

Atas nama Pemerintah Provinsi Kepri, Ansar Ahmad mengucapkan selamat mengemban amanah untuk Badan Pengurus Wilayah Kerukunan Keluarga Pinrang Provinsi Kepri yang baru saja dilantik.

“Saya yakin, di bawah kepemimpinan saudara-saudara semua, kerukunan ini akan terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi kemajuan Provinsi Kepulauan Riau,” tutup Ansar Ahmad.

Saat ini, Badan Pengurus Wilayah Kerukunan Keluarga Pinrang Sulawesi Selatan dengan ketua, yaitu Andi Abdul Gatpur. Pelantikan dilakukan oleh Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Keluarga Kerukunan Pinrang Abdillah Nasir. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *