banner 728x90
Hasan SSos Pj Wali Kota Tanjungpinang meresmikan Kampung Madong-Sei Nyirih Tanjungpinang sebagai kawasan minawisata, Kamis (19/10/2023). F- diskominfo tanjungpinang

Kampung Madong Tanjungpinang Diresmikan sebagai Kawasan Minawisata

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Penjabat Wali Kota Tanjungpinang Hasan SSos meresmikan Kampung Madong-Sei Nyirih Tanjungpinang sebagai kawasan Minawisata, Kamis (19/10/2023). Peresmian Kampung Minawisata tersebut dilakukan di Rumah Makan Bandar Seafood, Kampung Sei Nyirih, Kelurahan Kampung Bugis, Tanjungpinang Kota.

Pj Wali Kota Tanjungpinang Hasan mengatakan, minawisata merupakan konsep pendekatan pengelolaan terpadu yang berbasis konservasi dengan menitikberatkan pada pengembangan perikanan dan pariwisata bahari.

Pengembangan konsep minawisata ini juga bertujuan untuk mengembangkan perekonomian masyarakat yang berbasis pada pemanfaatan potensi sumber daya kelautan, perikanan, dan pariwisata secara terintegrasi.

Menurutnya, dalam penataan dan pengembangan kawasan Minawisata ini bukan hal yang mudah dan butuh keseriusan dalam mengelolanya yaitu melalui penetapan tim penanggung jawab, pemberdayaan serta pembinaan kepada masyarakat sekitar kawasan.

Baca Juga :  Ombudsman Beri Deadline Sebulan untuk Perbaikan Layanan Lapas Kelas IIA Batam

“Dalam pengembangan kawasan minawisata ini diharapkan kolaborasi dan sinergitas dari seluruh pemangku kepentingan yaitu Pemko Tanjungpinang masyarakat, akademisi, swasta, lembaga swadaya masyarakat dan media dalam mewujudkan program ini,” ujarnya.

Hasan menjelaskan, dalam percepatan pencapaian tujuan pembangunan terutama pada pemulihan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, perencanaan dan implementasi pembangunan harus dilakukan dengan pendekatan lintas sektor.

Pada tahap perencanaan pembangunan, kata Hasan, menggunakan pendekatan THIS yaitu Tematik, Holistik, Integratif dan Spasial.

“Sedangkan pada tahap pelaksanaan pembangunan dilakukan melalui kolaborasi lintas sektor dengan berbasis kawasan yang melibatkan semua pemangku kepentingan untuk mewujudkan pembangunan kawasan yang terintegrasi secara bersama-sama,” sambungnya.

Baca Juga :  Satlantas Polres Bintan Sosialisasi Operasi Keselamatan Seligi ke Sekolah, Pelajar Malah Ingin Jadi Polisi

Ia berharap dengan Pengembangan Kawasan Minawisata Kampung Madong-Sei Nyirih ini dapat mendorong peningkatan ekonomi lokal.

“Harapan kita dengan adanya Program Pengembangan Kawasan Minawisata Kampung Madong Sei Nyirih ini, dapat mendorong pemberdayaan ekonomi lokal pasca Pandemi Covid 19, sehingga perekonomian lokal yang mandiri berkelanjutan dengan menitikberatkan pengelolaan pada sektor perikanan, pariwisata dan lingkungan hidup secara terpadu dapat segera terwujud,” imbuhnya.

Kepala Bapelitbang Tanjungpinang Robert Lukman mengatakan, Kawasan Minawisata Kampung Madong Sei Nyirih mempunyai peran yang sangat penting dalam upaya mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga :  Komitmen Kesetaraan Gender, Polwan Dapat Bintang Dua hingga Jabat Kapolres Bukittinggi

Menurutnya, pengembangan Kawasan Minawisata Kampung Madong Sei Nyirih ini menjadi salah satu program prioritas daerah dalam pembangunan lintas sektor Rencana Pembangunan Daerah Kota Tanjungpinang Tahun 2024-2026.

Selain itu, program pengembangan Kawasan Minawisata Kampung Madong-Sei Nyirih ini menjadi lokasi percontohan dari upaya Pemko Tanjungpinang, masyarakat, akademisi, swasta, LSM dan media.

“Bersama kita dukung untuk memperkuat pengelolaan potensi kelautan secara berkelanjutan, produktif dan berwawasan lingkungan, serta mendorong pengelolaan sumber daya alam secara efisien melalui kreativitas dan inovatif,” ujarnya. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *