banner 728x90
Hafizha Rahmadhani Putri Ketua TP-PKK membuka sosialisasi program Kamis IVA sekaligus seminar deteksi dini kanker serviks dan pemeriksaan IVA, Kamis (19/10/2023). F- diskominfo bintan

Hafizha Rahmadhani: Kaum Perempuan Jangan Malu Periksa Kanker Serviks Secara Rutin

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Ketua TP-PKK Bintan Hafizha Rahmadhani Putri mengimbau kaum perempuan jangan malu untuk memeriksakan kanker serviks atau IVA secara rutin ke Puskesmas terdekat. Pemeriksaan secara rutin itu sebagai antisipasi tidak terkena kanker serviks.

Hal itu disampaikan Hafizha Rahmadhani saat membuka sosialisasi program Kamis IV, sekaligus seminar deteksi dini Kanker Serviks dan Pemeriksaan IVA di d’Bamboo Camp Desa Wisata Ekang Anculai, Kamis (19/10/2023).

Hafizha menerangkan, sebaran kanker serviks atau kanker pada leher rahim menjadi ancaman tersendiri khususnya bagi perempuan di usia subur sebelum memasuki masa monopose. Menanggapi hal ini, Pemerintah Kabupaten Bintan sejak beberapa tahun terakhir cukup agresif menggalakkan program Kamis IVA yang diharapkan dapat mendeteksi sedini mungkin kemungkinan kanker yang dapat mengakibatkan kematian tersebut.

Baca Juga :  Hasil MotoGP 2022 Portugal: Quartararo Juara! Akhiri Puasa Kemenangan

IVA atau Inspeksi Visual Asam Asetat merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin. Laporan hasil konsultasi WHO menyebutkan bahwa IVA dapat mendeteksi lesi tingkat pra kanker dengan sensitifitas sekitar 66-69 persen dan spesifitas sekitar 64-98 persen.

Sedangkan nilai prediksi positif dan nilai prediksi negative masing-masing antara 10-20 persen DAN 92-97 persen. Pemeriksaan IVA merupakan pemeriksaan skrining dari pap smear karena biasanya praktis, sangat mudah untuk dilaksanakan dan peralatan sederhana serta dapat serta dapat dilaksanakan selain dokter ginekologi.

Baca Juga :  Santri Tebuireng Menguasai Multibahasa, Roby Kurniawan: Jadi Modal Industri Pariwisata Bintan

“Wajib diperiksa dan konsultasi selalu. Yang penting kita harus kenal dulu ya bu. Kenali gejalanya, kenali kemungkinan indikasinya. Jangan ragu dan jangan sungkan kalau ingin bertanya,” kata Hafizha.

Seminar ini menghadirkan narasumber dr Amalia Shadrina Sp OG dan dr Monika Amanda. Data yang tercatat di Dinas Kesehatan Bintan pada tahun 2022 lalu, lebih dari 1.300 perempuan melakukan pemeriksaan pada program Kamis IVA di seluruh Puskesmas. Di tahun ini ditargetkan akan mencapai sasaran yang lebih besar dan harus didukung kesadaran serta partisipasi masyarakat.

Baca Juga :  Malam Ini Borneo FC Vs Persija, yang Kalah Tersingkir!

“Sampaikan juga ke kaum perempuan di sekitar kita, jangan malu jangan segan. Periksakan ke Puskesmas terdekat. Semuanya gratis,” sebut Hafizha Rahmadhani. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *