banner 728x90
Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith memimpin rapat evaluasi program penanggulangan kemiskinan ekstrem dengan kepala OPD di Kantor Bapelitbang Bintan, Rabu (18/10/2023). F- diskominfo bintan

Kabupaten Bintan Masuk Prioritas Percepatan Penurunan Kemiskinan Ekstrem

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Kabupaten Bintan ternyata masuk ke dalam kelompok kabupaten yang diprioritaskan dalam percepatan penurunan kemiskinan ekstrem di Indonesia. Pemkab Bintan pun menggelar rapat tim koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah Bintan di ruang rapat Kantor Bapelitbang Bintan, di Km 5 Tanjungpinang, Rabu (18/10/2023).

Dalam rapat tersebut, Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) menyampaikan, Bintan dipilih menjadi salah satu kabupaten prioritas percepatan penurunan kemiskinan ekstrem. Hal ini menjadi faktor pemicu seluruh intansi terkait, agar saling bersinergi dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

Dengan adanya Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD), diharapkan ada percepatan yang signifikan ketika memasuki tahun 2024. Harus ada peningkatan dari jumlah penghasilan masyarakat, dan tidak terlepas dari campur tangan pemerintah daerah. Sekaligus mengurangi pengeluaran dari masyarakat.

Baca Juga :  Ramadan Berkah, Airlangga Hartarto dan Cen Sui Lan Menyalurkan 5.000 Paket Sembako

Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith menyampaikan pengarahan Presiden RI pada 4 Maret 2020, untuk mempercepat penghapusan kemiskinan ekstrem. Diharapkan berbagai macam program bantuan yang sudah dilaksanakan oleh Pemkab Bintan bisa mempercepat penurunan angka kemiskinan tersebut.

“Rapat ini bertujuan mengevaluasi pelaksanaan program percepatan penanggulangan kemiskinan yang dilaksanakan. Juga perihal pemanfaatan basis data terpadu untuk program penanggulangan kemiskinan,” kata Ahdi Muqsith.

Penanggulangan kemiskinan di suatu daerah bukanlah hal yang mudah. Karena, pemerintah harus saling bekerja sama dan berkomunikasi guna mencocokkan data. Sehingga bisa mengambil keputusan yang tepat dalam menciptakan program yang bermanfaat bagi masyarakat. Disampaikan juga untuk program penanggulangan kemiskinan daerah terutama di Kabupaten Bintan, sudah memasuki triwulan ke-4. Oleh karena itu, harus mengedepankan beberapa hal. Mulai dari koordinasi, komunikasi, kolaborasi dan konsolidasi.

Baca Juga :  Diduga Bawa Narkotika, Pria dari Johor Malaysia Diamankan di Pelabuhan Internasional Karimun

Keberhasilan penanggulangan kemiskinan sangat bergantung dari kemampuan mengidentifikasikan sasaran penerima manfaat program tersebut. Untuk itu, peran data dan indikator menjadi faktor yang sangat penting. Sehingga dalam pemutakhiran data dan pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan nantinya tidak salah sasaran.

“Pada program-program tersebut kita kedepankan 4 pilar pembangunan sosial. Mulai dari pengentasan kemiskinan, pembangunan ekonomi, pembangunan hubungan serta pilar hukum dan tata kelola. Ini yang kita pegang,” kata Wakil Bupati Bintan.

Namun, Wakil Bupati Bintan belum menyebutkan berapa angka kemiskinan di Bintan, dan bagaimana realisasi program penanggulangan kemiskinan di Bintan. (yen)

Baca Juga :  Abu Bakar Diberhentikan, Erwin Saputra Jadi Pj Kades Sebong Lagoi

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *