banner 728x90
Francesco Bagnaia juara Moto GP 2023 Mandalika bersama Maverick Vinales dan Fabio Quartararo di podium, Minggu (15/10/2023). F- motogp

Jorge Martin Crash, Bagnaia Juara MotoGP 2023 di Mandalika-Indonesia

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Jorge Martín Almoguera pebalap Pramac Ducati crash setelah memimpin balapan sejak lap pertama di MotoGP Pertamina Mandalika Circuit, Minggu (15/10/2023) siang. Jorge Martin gagal finis. Francesco Bagnaia juara MotoGP 2023 di Mandalika, Indonesia.

Sementara, Maverick Vinales memasuki garis finish kedua, yang sempat memimpin balapan sebelum Jorge Martin crash. Namun, Bagnaian berhasil menyalip Maverick Vinales. Fabio Quartararo yang bersaing ketat dengan Maverick Vinales, naik podium sebagai juara ketiga.

Di sirkuit internasional Pertamina Mandalika Circuit, Minggu (15/10/2023), Jorge Martin tampil dominan. Pebalap 25 tahun itu sudah merebut posisi terdepan sejak tikungan 1 lap pertama. Meski start di posisi keenam.

Baca Juga :  Delapan Pelabuhan Internasional Dibuka, Ini Fasilitas yang Disiapkan buat Kedatangan Turis ke Kepri

Jorge Martin crash saat balapan menyisakan sebanyak 14 putaran. Dia kehilangan grip saat menikung di turn 11, Maverick Vinales menjadi rider terdepan.

Bagnaia mampu mengambil keuntungan jatuhnya Jorge Martin. Dia bisa menjadi pebalap terdepan saat delapan lap tersisa. Hingga balapan selesai Bagnaia tak terkejar lagi. Dia sukses merebut kemenangan keenam di MotoGP 2023 usai melahap 27 lap dengan catatan waktu 41 menit 20,293 detik.

Selain Jorgen Martin, Marc Marquez juga mengalami crash. Marc Marquez gagal menuntaskan balapan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023. Pada balapan di hari Minggu (15/10/2023), Marquez yang memulai dari grid delapan kemudian melorot ke urutan 10 saat terjatuh di tikungan 13 pada lap delapan. Ini meneruskan catatan buruknya di Indonesia pada akhir pekan ini.

Baca Juga :  Gubernur Kepri Mengusulkan Penambahan Titik Blindspot dan Fasilitasi Instalasi BTS VSAT ke Menkominfo

Sehari sebelumnya, Marquez juga gagal finis dalam sprint race. Ia bahkan belum menyelesaikan satu lap saat crash di tikungan 11 dan terseret ke gravel. Dengan demikian, Marquez pulang tanpa poin.

Berikut hasil balapan MotoGP 2023 di Pertamina Grand Prix of Indonesia:

Francesco Bagnaia (41 menit 20,293 detik)
Maverick Vinales
Fabio Quartararo
Fabio Di Giannantonio
Marco Bezzecchi
Brad Binder
Jack Miller
Enea Bastianini
Alex Rins
Aleix Espargaro
Takaaki Nakagami
Miguel Oliveira
Raul Fernandez
Franco Morbidelli

Dengan hasil ini, menjadi kemenangan yang keenam bagi Bagnaia di musim 2023 ini. Sekaligus membawanya kembali bertengger di posisi teratas klasemen pembalap dengan 346 poin. Sehari sebelumnya, Bagnaia disalip Martin yang berhasil memenangi sprint race Mandalika.

Baca Juga :  Cen Sui Lan Mengubah Gubuk Jadi Rumah Layak Huni, Puluhan Kaum Ibu di Batam Menangis

Namun crash di balapan utama membuat Martin koleksi 328 poin yang dimiliki Martin tak bertambah di hari Minggu. Bagnaia yang awalnya tertinggal tujuh poin kini kembali menjauh dengan selisih 18 poin.

MotoGP 2023 tinggal menyisakan lima seri. Persaingan kedua pembalap di atas diprediksi masih akan berlangsung sengit hingga balapan terakhir di Valencia. Marco Bezzecchi yang kini menempati urutan tiga dengan 283 poin juga masih berpeluang memberi kejutan. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *