banner 728x90
Masyarakat Kabupaten Lngga bersyukur mendapatkan bantuan bedah rumah program BSPS dari aspirasi Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri. F- dok/suaraserumpun.com

Program BSPS di Cempa Lingga Sebagian Sudah Selesai, Warga: Terima Kasih Bu Cen Sui Lan

Komentar
X
Bagikan

Lingga, suaraserumpun.com – Masyarakat Kabupaten Lingga sangat merasakan manfaat dari program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah, yang direalisasikan melalui dana aspirasi Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri. Warga Desa Cempa, Kecamatan Bakung Serumpun, Kabupaten Lingga pun mengucapkan terima kasih kepada Cen Sui Lan.

Program BSPS di wilayah Kepri ini, seperti di Kabupaten Lingga, direalisasikan oleh Ditjen Perumahan Kementerian PUPR, melalui aspirasi Cen Sui Lan. Dalam pelaksanaannya, program BSPS ini dikerjakan secara swadaya oleh penerima bantuan. Atau bisa dikerjakan secar bergotong royong.

Tahun anggaran 2023 ini, Desa Cempa, Kecamatan Bakung Serumpun, Kabupaten Lingga mendapatkan kuota hunian 19 unit. Pengerjaan rehab rumah ada yang masih dalam progres penyelesaian. Namun, sudah ada yang selesai 100 persen.

Baca Juga :  Mengintip Sedekah dan Infak di Gerai Pangan Perumahan Taman Harapan Indah

Suprizal seorang penerima program BSPS di Desa Cempa menyatakan, dirinya sangat bersyukur terpilih sebagai penerima program BSPS ini. Karena kondisi rumahnya sudah tidak layak dihuni lagi.

“Terima kasih Bu Cen Sui Lan yang sudah berjuang di pusat melalui Kementerian PUPR, untuk merealisasikan bantuan bedah rumah ini. BSPS ini sangat membantu masyarakat kecil, seperti kami. Dengan program yang sangat bermanfaat ini, kami merasa sangat terbantu,” ucap Suprizal.

Suprizal menambahkan, program BSPS ini meringankan beban masyarakat kurang mampu untuk merenovasi rumah. Serta meningkatkan rasa keswadayaan maupun kelompok. Dalam pengerjaannya, diawasi dan didampingi fasilitator lapangan.

Baca Juga :  Kabupaten Bintan Punya Mualaf Centre, Roby Kurniawan: Mereka Saudara Kita

“Saya mewakili para penerima bantuan bedah rumah sangat berterima kasih kepada Bu Cen Sui Lan. Semoga dengan perjuanganya untuk masyarakat Kepri umumnya, dan Lingga khususnya, dapat terpilih kembali menjadi Anggota DPR RI pada Pileg 14 Februari 2024 nanti. Sehingga dapat melanjutkan programnya yang nyata ini,” demikian Suprizal.

Pada kesempatan lain, Evi Linawaty Purba ST selaku PPK Rumah Swadaya mengatakan, di Kabupaten Lingga program BSPS berjumlah sebanyak 232 unit. Berdasarkan pendataan, hingga saat ini, progres fisik yang telah rampung mencapai 174 unit. Sisanya sudah mendekati 100 persen progresnya.

Baca Juga :  Gubernur Kepri Menemui Empat Menteri, Selanjutnya Menyurati Presiden

Evi menambahkan, pelaksanaan program BSPS atau dikenal dengan bedah rumah di Desa Cempa Kecamatan Bakung Serumpun Kabupaten Lingga, berjalan sesuai dengan perencanaan dan realisasi sudah ada yang mencapai 100 persen.

Terkait dengan upah tukang, dananya sudah ada di rekening yang bersangkutan. Tetapi, pekerjaan harus selesai terlebih dahulu, baru bisa dicairkan upah tersebut secara keseluruhan. Sebelumnya upah tukang dengan total Rp2,5 juta sudah cair Rp1,25 juta. Jika sudah selesai semua, baru sisanya Rp1,25 juta dicairkan lagi. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *